Waspada Penggunaan Medsos Ditengah Pilkada Trenggalek

Ronda

Polres Trenggalek – Selain imbauan penggunaan masker saat patroli Polsek Pule berada di salah satu counter hand phone di desa Pule, tidak kalah pentingnya menyikapi situasi saat pentahapan Pilkada Kabupaten Trenggalek situasi yang aman di dunia maya atau yang kaitanya dengan jaringan internet menjadi penyampaian yang dilakukan, itu pada Jum’at malam ( 20/11 ).

 

Dunia maya, disitu banyak jejaring sosial media untuk saling berinteraksi antara warga internet seperti Sosmed Face book, twitter, instagram dan juga What apps. Kegiatan saling berinteraksi disini tidak memandang umur dan status, ada dari golongan anak-anak sampai dengan warga yang sudah tua juga ada yang aktif bermedsos.

 

Tidak bisa dipungkiri dalam penggunaan media sosial adanya faktor negatif dan positif untuk penggunanya menjadi salah satu kategori yang bisa dilihat dari aktifitas yang dilakukan di dunia media sosial.

 

Aktifitas negatif yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada salah satunya adanya postingan yang mengandung unsur hinaan antara salah satu pendukung yang mencalonkan Pilbup di Trenggalek. Postingan yang mengandung unsur hinaan bisa mengarahkan pelakunya dalam jerat hukum undang -undang ITE tahun 2008.

Dalam undang-undang tersebut adanya ancaman pidana bagi pengunggah Postingan yang mengandung unsur hinaan dengan ancaman lebih dari 5 tahun.

Dalam pengertian transaksi elktronik dalam hukum undang-undang ITE segala bentuk transaksi termasuk tulisan akan tetapi tidak cuma tulisan tersebut yang bisa dijerat melalui perangkat jaringan komputer dan internet.

 

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

Leave a Comment