TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN INFORMASI PUBLIK, KPU JATIM ADAKAN RAKOR PENGUATAN PPID

Politik

Sambutan dan Pembukaan oleh Ketua KPU Jatim, Choirul Anam

 

Mojokerto, kpujatim.go.id- Dua hari kedepan, Kamis-Jum’at, tanggal 26 sampai 27 November 2020, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur mengadakan rapat koordinasi (rakor) bersama dengan 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. Rakor Penguatan PPID KPU Provinsi bersama dengan KPU Kabupaten/ Kota ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik di wilayah Jawa Timur.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa KPU tidak hanya melaksanakan tugas-tugas terkait dengan tahapan Pemilihan. “Tapi KPU juga memiliki tugas rutin, salah satunya terkait dengan pelayanan informasi publik. Dalam hal pengelolaan dan pelayanan informasi publik untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik, KPU memiliki PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi,” katanya (26/22/2020).

PPID KPU RI, Provinsi, Kabupaten/ Kota saat ini masing-masing telah dilengkapi dengan aplikasi yang dibangun sebagai bentuk transparansi, akuntabilitas, serta profesionalitas KPU yang disebut dengan e-PPID.

“Masyarakat bisa mendapatkan layanan informasi publik tanpa harus datang langsung ke kantor KPU. Sehingga untuk mendapatkan informasi publik di KPU menjadi lebih cepat dan mudah,” terang Divisi Data dan Informasi KPU Jatim periode 2014-2019 ini.

Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro

Mengimbuhkan Ketua KPU Jatim, Divisi  Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menjelaskan pengelolaan dan penyediaan informasi publik ini menjadi tupoksi Divisi Sosdiklih; Parmas dan SDM kalau di Kabupaten/ Kota.

“Hal ini sebagaimana dituangkan dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi, dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/ Kota,” jelasnya.

Berikutnya pada hari pertama ini, peserta mendapatkan materi mengenai Sosialisasi Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pengelolaan Pelayanan Informasi Publik pada Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi, dan Sekretariat KPU Kabupaten/ Kota serta Panduan Penggunaan Media Sosial sebagai Bentuk Keterbukaan Informasi Publik.

Sedangkan di hari kedua, peserta akan mendapatkan materi mengenai Pengantar Pengelolaan Pelayanan Informasi Publik serta Penyusunan Daftar Informasi Publik disampaikan oleh Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Panduan Penggunaan e-PPID sebagai bentuk Keterbukaan Informasi Publik KPU yang disampaikan oleh Wakaro Teknis dan Parmas KPU RI, Supriatna, serta simulasi Penggunaan e-PPID oleh Tim PPID KPU RI, Didi Suhaidi dan Satrio Mahadi.

Rakor yang diadakan di Ladang Anggrek, jalan Raden Patah Desa Lebaksono, Kabupaten Mojokerto ini melibatkan Divisi Sosdiklih; Parmas dan SDM serta Kasubbag Teknis dan Hupmas/ operator e-PPID dari 38 KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur.

Sementara itu hadir dari KPU Jatim, Ketua, Choirul Anam, Divisi Sosdiklih dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro, serta staf Subbag Teknis dan Hupmas.

(AACS)

Related posts

Leave a Comment