TERKUMPUL DONASI 341 JUTA, KPU JATIM APRESIASI JAJARAN PENYELENGGARA DI WILAYAHNYA

Politik

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Penggalangan donasi untuk almarhum Henry Jovinski, ST., staf KPU Kabupaten Yahukimo Papua, yang dilakukan keluarga besar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur dinyatakan ditutup, Rabu (19/8) kemarin. Selanjutnya donasi siap disampaikan kepada pihak keluarga almarhum. Hasil rekap terakhir menunjukkan jumlah donasi yang terkumpul sebesar Rp. 341.457.945,00.

Atas kepedulian yang begitu besar dari keluarga besar penyelenggara pemilihan di Jawa Timur ini, KPU Jatim menyampaikan apresiasi dan terimakasih sebesar-besarnya.

Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menuturkan kepedulian dan animo keluarga besar penyelenggara pemilihan di Jawa Timur ini jauh dari perkiraan.

“Sampai dengan batas waktu terakhir kemarin (Rabu, 19/8), jam 4 sore, penggalangan donasi yang bersifat sukarela ini telah terkumpul sebesar Rp. 341.457.945,00. Terimakasih Kami sampaikan kepada seluruh keluarga besar KPU Provinsi, 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur, serta badan adhoc dari 19 KPU Kabupaten/ Kota penyelenggara Pemilihan Serentak 2020,” kata Gogot (20/8/2020).

Menurut Gogot, tingginya hasil donasi yang dikumpulkan keluarga besar KPU Jatim tersebut, berbanding lurus dengan tingginya solidaritas dan kepedulian kepada sesama penyelenggara pemilu. Sekaligus menjadi bukti, bahwa KPU bisa secara massif dan efektif menggerakkan tenaga adhocnya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa dan kelurahan. Secara tidak langsung, ini juga memberikan pesan bahwa KPU di Jatim sangat siap melaksanakan Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020.

Lebih lanjut, Gogot berharap, kejadian serupa tidak lagi terulang dimasa mendatang. Perlu ada perlindungan bagi penyelenggara pemilu dan menghimbau semua pihak menjauhi kekerasan. Mantan wartawan ini, berdo’a semoga niat yang baik ini menjadi catatan amal di akhirat kelak serta memberikan keberkahan untuk seluruh keluarga besar KPU.

“Seluruh donasi yang terkumpul ini selanjutnya akan Kami sampaikan kepada pihak keluarga almarhum besok hari Senin, 24 Agustus 2020. Beberapa perwakilan dari KPU Kabupaten/ Kota juga akan ikut serta ke rumah duka,” terangnya.

Hasil donasi dari KPU Jatim ini langsung mendapatkan respon positif dari KPU Republik Indonesia. Setelah dilaporkan di group whatssapp KPU seluruh Indonesia, Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi, mengatakan bahwa Jawa Timur mantap sekali. “Menunjukkan nilai-nilai solidaritas yang konkret,” tukas Pramono.

(AACS)

Related posts

Leave a Comment