Taman Rimba, Tempat Liburan Favorit di Kota Jambi dengan Dua Konsep Wisata Sekaligus

Parsosbud

Taman Rimba merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kota Jambi. Taman ini terletak di tengah kota atau lebih tepatnya berada di Jalan Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan.

Nah, untuk mencapainya memakan jarak tempuh kurang lebih sekitar 500 meter dari Bandara Udara Sulthan Thaha Syaifuddin. Anda dapat menggunakan transportasi apa saja, misalnya seperti taxi, bus, angkot dan lain-lain. Pokoknya tidak akan kesulitan sebab banyak transportasi yang bisa mengantarkan anda ke Taman Rimba.

Sumber Gambar: otoblitz.net

Lantas apa saja hal menarik yang ada di taman ini? Sama sajakah dengan kebun binatang lainnya? Yuk, langsung saja baca pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Kombinasi Dua Konsep Sekaligus

Taman Rimba pada awalnya merupakan langkah pemerintah setempat dalam menyediakan tempat hiburan yang nyaman untuk masyarakat kota. Apalagi di Kota Jambi masih sangat minim sarana bermain juga taman hiburan yang mudah untuk diakses. Taman Rimba sendiri sudah ada sejak awal tahun 80-an. Wah, sudah lama juga, ya?

Sumber Gambar: otoblitz.net

Uniknya, nih, taman ini tidak hanya mempakemkan satu konsep dalam menarik minat para pengunjungnya, melainkan menggabungkan dua konsep wisata sekaligus. Apa saja? Yaitu konsep bermain juga kebun binatang, sehingga diharapkan selain pengunjung bisa dengan puas melihat berbagai aneka jenis hewan, mereka juga bisa terhibur dengan berbagai macam permainan yang disediakan oleh pihak pengelola Taman Rimba.

Wahana permainan tersebut diantarany adalah boom boom car, mandi bola, komedi putar mini dan permainan outdoor lainnya. Seru-seru, deh. Jadi selain dapat dijadikan sebagai wisata edukasi, anda yang membawa si kecil pun bisa semakin membuatnya ceria karena banyak permainan yang bisa dicoba di tempat ini.

Mirip Seperti Taman Mini Indah

Sumber Gambar: Instagram @jecson_sucardi

Taman Rimba juga menghadirkan berbagai miniatur budaya yang ada di Provinsi Jambi, loh. Konsepnya tidak berbeda jauh dengan Taman Mini di Jakarta yang jugA menampilkan replika bangunan khas daerah. Bedanya, nih, jika di Jakarta yang ditampilkan seluruh budaya daerah di Indonesia, namun di Taman Rimba hanya budaya di setiap Kabupaten Jambi saja.

Sumber Gambar: Instagram @jecson_sucardi

Disini anda akan menemukan sebuah bangunan besar yang disebut dengan Rumah Kajanglako. Rumah adat tersebut memiiki konsep bangunan yang sudah modern namun sama sekali tidak meninggalkan ciri khasnya yakni bubungan rumah berukir burung angsa kajanglako Dihalamannya yang luas ada 6 macam rumah adat Jambi.

Memiliki Banyak Koleksi Hewan Langka

Banyak sekali koleksi hewan langka yang bisa anda lihat di Taman Rimba seperti beruang hitam, harimau sumatera, gajah, kura-kura, buaya, orang utan bahkan kuda poni juga kangguru sudah bergabung di Taman Ramba ini.

Kendati demikian biasanya yang paling banyak menarik minat para pengunjung yang datang kesini adalah untuk melihat koleksi burung-burungnya. Di tempat ini anda akan menemukan banyak jenis burung seperti burung rangkok, burung rajawali, burung pelikan laut, burung elang, burung kasuari, dan burung unta.

Sumber Gambar: Instagram @sudiro_bungsu
Sumber Gambar: Instagram @ifanandriwibowo

Setiap burung tentunya memiliki karakter unik tersendiri. Jangan khawatir kekepoan anda tidak akan menggantung disini, karena setiap burung sudah dilengkapi juga dengan papan informasi supaya para pengunjung tahu darimana saja asal burung tersebut, keunikannya sampai makanan kesukaanya.

Oh, ya, koleksi burung tersebut ditempatkan dalam sebuah bangunan kaca berbentuk setengah lingkaran besar atau bisa disebut juga sebagai sangkar raksasa yang terbuat dari kaca. Bahkan, nih, sekarang juga sudah ada tempat penangkaran singa yang tidak kalah gagah dan kerennya.

Sumber Gambar: pandutravel.com

Umumnya, para pengunjung pun lebih memilih lokasi dekat koleksi burung untuk berpiknik. Selain memang pemandangan sekitarnya indah, lokasi tersebut juga sangat rindang dengan pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Anda bisa menggelar tikar direremputan sembari mengobrol bersama keluarga.

Menunggangi Kuda atau Gajah

Sumber Gambar: Instagram @agus8829

Anda juga bisa menunggangi binatang seperti kuda atau gajah di Taman Rimba ini. Mereka  siap untuk mengantarkan anda berkeliling melihat-lihat taman. Salah satu nama gajah di sana bernama yanti. Yanti merupakan gajah betina kesayangan pengunjung.

Sumber Gambar: Instagram @citraumizufar

Ada juga harimau sumatera bernama Peter dan Uni yang merupakan pengganti Shela sang harimau yang telah dibantai oleh pencurinya.

Sumber Gambar: Instagram @typho789

Fasilitas di Taman Rimba

Fasilitas di Taman Rimba terbilang cukup memadai. Terdapat mushola dan tempat wudhu yang terjaga kebersihannya. Toilet juga banyak, namun tidak gratis, ya. Anda harus membayar lagi jika ingin menggunakannya. Saat lapar atau haus namun anda tidak membawa bekal atau persediaan bekal telah habis, di taman ini juga banyak warung-warung yang menjajakan aneka makanan lezat. Jadi jangan khawtir akan kelaparan.

Tiket Masuk

Anda hanya perlu membayar tiket masuk 7000 rupiah untuk dewasa dan 5000 rupiah untuk anak-anak. Sementara bagi yang datang membawa kendaraan pribadi hanya perlu membayar 3000 rupiah saja untuk motor dan 5000 rupiah untuk mobil.

Itulah informasi lengkap tentang Taman Rimba di Jambi. Cocok banget, deh, buat dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

Salam.

The post Taman Rimba, Tempat Liburan Favorit di Kota Jambi dengan Dua Konsep Wisata Sekaligus appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment