Sisi Lain Dari Kota Bogor, Dilihat Dari Puncak Gunung Munara

Parsosbud

Bogor, dengan sebutan kota hujan mempunyai banyak keindahan dan panorama yang mengesankan. Tidak hanya menarik dengan air terjunnya saja. Melainkan, mempesona dari Puncak Gunung Munara yang mempunyai ketinggian kurang lebih 1119 Mdpl. Tidak terlalu tinggi memang, tetapi trek yang harus kamu lalui cukup mengesankan.

Menuju ke Puncaknya, kamu hanya perlu waktu 2 jam sampai 3 jam saja. Panoramanya juga tidak kalah dengan Gunung-Gunung lain yang ada di Jawa Barat. Tidak heran bila tempat ini menjadi salah satu favorit bagi para pendaki baik di wilayah Bogor. Maupun, di luar Bogor.

Menuju ke Basecamp Gunung Munara

Menuju ke Basecampnya memang sedikit sulit bila kamu memutuskan untuk naik Transportasi umum. Bila naik kendaraan pribadi, kamu bisa memulai dari Jakarta dengan rute Pondok Indah, Pasar Parung, hingga Ciseng Rumpiin. Untuk harga tiketnya sendiri cukup murah cukup membayar 5 ribu rupiah saja lho.

Sumber: gunung.id

Di tambah lagi dengan uang parkir yang akan ditarik 5 ribu rupiah per malam. Bagi yang membawa mobil, kamu akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah per malam. Bila mendaki Gunung ini, jangan lupa bawa jaket atau selimut tebal bagi yang ingin menginap. Serta jangan mendaki saat musim penghujan ya. Cukup menyulitkan dan membahayakan kamu.

Etape 1 Pendakian

Sumber: Instagram @januar.photograph

Sepanjang Jalan Kenangan menuju ke puncaknya, kamu tidak akan melihat banyak pos seperti di beberapa gunung yang lain. Tetapi, kamu bakal melihat ada banyak warung yang berdiri. Jadi, mendaki gunung ini, disarankan untuk tidak usah membawa barang apa pun. Karena kamu bisa memanfaatkan keberadaan warung-warung ini.

Banyak minuman dan makanan yang sudah disediakan. Begitu pula dengan kantong sampahnya. Jadi, kalau kamu bawa ke atas, masukkan sampah ke kantong plastik kemudian, buanglah sewaktu sampai di bawah. Agar pemandangan Gunung Munara tetap menawan.

Perjalanan didominasi dengan jalur yang menanjak. Tetapi, masih cukup ramah buat kamu para pendaki pemula. Dengan trek tanah, membuat tempat ini akan dipenuhi banyak lumpur saat terjadi hujan.

Etape 2 Pendakian

Sepanjang pendakian, kamu tidak hanya disuguhkan dengan berbagai macam pepohonan yang menjulang tinggi saja. Melainkan, ada juga pohon Durian yang bisa kamu minta kepada sanga pemiliknya disaat musim durian tiba. Banyak pendaki beruntung dan mengakui kelezatannya. Hanya saja, jangan sampai mencuri ya, konon rasanya menjadi tidak enak dan bisa membuat sakit perut.

Jalur dan trek di etape ke 2 ini tidak jauh berbeda. Hanya saja, kamu bisa melihat tebing-tebing dengan akar-akar pohon yang menutupi tebingnya. Jalur ini biasanya menjadi spot yang sayang untuk dilewatkan saat mendaki Gunung Munara.

Menuju Puncak

Sumber: pintuwisata.com

Menuju puncak menjadi salah satu titik pendakian tersulit yang disuguhkan oleh Gunung Munara. Dimana, kamu harus memanjat tebing. Ada 2 tebing yang bisa kamu pilih. Keduanya sama-sama memiliki kemiringan kurang lebih 80 derajat sampai 90 derajat, menyulitkan sekali memang.

Tidak perlu panik, di salah satu tebingnya sudah terpasang webing yang bisa kamu gunakan sebagai alat bantu. Hati-hati, jalur ini bisa dibilang cukup sulit karena, licin. Kalau terpeselet bukan tidak mungkin, kamu akan terjun ke jurang yang menganga. Di atas puncaknya tidak terlalu luas, hanya bisa muat maksimal 6 orang saja.

Sumber: metropolitan.id

Dari sini, kamu bisa melihat panorama kota bogor dengan perbukitannya yang sangat megah. Kamu juga bisa menunggu turun hingga matahari terbenam datang. Atau mendakinya saat matahari terbit. Hati-hati dengan berbagai barang bawaan yang kamu bawa. Semilir angin yang berhembus cukup kencang, bisa-bisa barang bawaanmu terjatuh dan hancur lebur ke jurang.

Sumber: sangpetualang.com

Saat turun ke bawah, sempatkan menuju ke beberapa wisata lainnya. Ada Goa bung karno yang konon katanya presiden pertama RI tersebut pernah menggunakannya untuk bersemedi dalam waktu yang cukup lama. Bagaimana, cukup mengesankan bukan, semua pesona yang akan kamu dapatkan saat berkunjung ke Gunung Munara.

Kesimpulan

Gunung Munara adalah keindahan lain di Kota Bogor. Perjalanan menuju ke atas puncaknya memang menantang dan memacu adrenalin. Pemandangan yang menawan dan mengesankan bisa kamu dapatkan disini. Jadi, sudah siap untuk menjelajah Gunung Munara kawan?

The post Sisi Lain Dari Kota Bogor, Dilihat Dari Puncak Gunung Munara appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment