Siap-Siap Melihat Keindahan Puncak Gunung Batu Jonggol

Parsosbud

Gunung Batu Jonggol, menjadi sajian lain yang harus kamu nikmati. Terlebih lagi bila kamu menyukai tantangan. Walaupun, tingginya hanya 875 Mdpl, tempat ini tetap mengesankan dengan treknya yang seakan tidak akan pernah berhenti menyajikan tanjakan. Sangat cocok bagi kamu para pemula yang ingin melihat ke atas puncak.

Menariknya, penamaan Batu Jonggol ini sedikit keliru. Karena, letak dari kawasan ini sendiri berada di Kecamatan Sukamakmur yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Jonggol. Sebelum mendakinya, disarankan kamu untuk berolahraga terlebih dahulu. Agar perjalanan menuju ke atas bisa lebih mudah.

Menuju Ke Basecamp Gunung Batu Jonggol

Basecamp ini terletak di Kampung Gunung Batu 01, Kecamtan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Menuju ke tempat ini kamu bisa memulai dari Jakarta menuju ke Cibubur, Cilengsi, Kapten Sumantri. Dari sini, titik pendakian kurang lebih 30 menitan saja. Untuk harga tiket simaksinya hanya 10 ribu rupiah saja.

Ditambah lagi dengan biaya parkir yang akan ditarik untuk motor sebesar 5 ribu rupiah dan mobil 10 ribu rupiah per malamnya. Menuju ke atas kamu perlu memakan waktu kurang lebih 2 jam hingga 3 jam lamanya. Sayangnya, di puncak hanya bisa 20 tenda sampai 25 tenda saja. Jadi, disarankan untuk berangkat lebih awal.

Menuju Pos Tanjakan Kebo

Sumber: Instagram @usephid10

Titik pertma yang bisa kamu mulai adalah Tanjakan Kebo. Dimana, kamu bisa melihat tanjakan yang masih wajar untuk para pemula. Lebih baik datanglah waktu musim kemarau. Karena, saat musim penghujan tempat ini akan basah dialiri air hingga, jalanannya menjadi sangat licin dan cukup berbahya.

Kamu harus berhati-hati bila mendaki tempat ini. Ada banyak kera ekor panjang yang siap mencuri makanan kamu. Jadi, usahakan jangan bawa barang-barang yang mencolok ya. Agar kera-kera ini tidak menyerang kamu. Di Tanjakan kebo kamu bisa beristirahat

Menuju Shelter 2

Menuju ke Shelter 2 tanjakan masih akan kamu dapatkan. Biasanya, di tempat inilah para pendaki mulai menemukan tantangan. Dimana, rasa lelah perlahan mulai menyerang. Jangan lupa untuk bawa minuman yang cukup ya. Karena, di tempat ini kamu tidak menemukan sedikit pun warung atau sumber air.

Di Shelter 2, banyak para pendaki yang lebih memilih untuk beristirahat di sini, Tanah lapangnya mampu menampung beberapa tenda. Waktu yang kamu butuhkan menuju tempat ini kurang lebih 30 menit saja. Usahakan untuk memanfaatkan benar waktu istirahat disini, karena setelah ini kamu akan disuguhkan dengan trek yang sesungguhnya.

Menuju Puncak Bayangan 1 dan Puncak Bayangan 2

Sumber: liputan6.com

Perjalanan selanjutnya adalah Puncak Bayangan 1 dimana, kamu akan menanjak dengan sudut kemiringan kurang lebih 70 derajat sampai 80 derajat. Disini, kamu bisa melintasinya dengan menggunakan webbing yang sudah di pasang disini. Jangan lupa bawa kaos tangan agar tangan kamu tidak terluka saat mencapai ke atas.

Sumber: jejakpiknik.com

Waktu yang harus kamu tempuh kurang lebih 40 menit. Disarankan jangan membawa barang apa pun agar kamu bisa semakin mudah menuju ke atas. Tidak cukup dengan jalurnya di Puncak Bayangan 1, kamu juga harus menaklukkan puncak bayangan 2 dengan bebatuan yang cukup terjal.

Kamu harus pintar-pintar dalam mengatur nafas. Karena, bebatuan yang ada disini terkadang harus kamu capai di cara memanjat. Bila sudah lelah disarankan untuk tidak memaksakan diri dan lebih baik istirahat sejenak. Kondisi mulai dingin bila kamu mendaki di malam hari.

Menuju Puncak

Sumber: travel.detik.com

Menuju Puncak sejati, jalur akan semakin menggila dimana, ada webbng kembali yang bisa kamu gunakan untuk bisa sampai di puncaknya. Pemandangan matahahari terbut memang sangat mengesankan yang membuat kamu lupa akan kelelahan yang telah melanda kamu. Waktu terbaik menuju ke tempat ini adalah sore hari. Dimana, kamu bisa melihat sunset dan sunrise sekaligus.

Sumber: travel.okezone.com

Bila beruntung kamu juga bisa melihat milky way yang menarik di depan mata. Bangunlah sekitar pukul 2 dini hari sampai 3 dini hari. Jangan lupa bawa kamera terbaikmu ya, karena, semua pesona ini sayang untuk diabaikan.

Kesimpulan

Gunung Batu Jonggol adalah panorama yang memang mengesankan. Kamu bisa Semua lelahmu akan terbayarkan secara lunas. Waktu pendakian dan penurunan kurang lebih hampir sama. Jadi, sudah siapkah kamu melihat keindahan bogor dari atas ketinggian 875 Ndok.

The post Siap-Siap Melihat Keindahan Puncak Gunung Batu Jonggol appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment