SIAGA ANTISIPASI KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN KAB. PONOROGO

Ronda

Apel Siaga dan simulasi Kebakaran hutan dan lahan Kab. Ponorogo yang bertempat di Dkh. Setonggo Ds. Pulung Kec. Pulung (22/8/2020) pagi.

Kegiatan ini dilakukan guna mengantisipasi serta latihan simulasi penanganan terjadinya kebakatan hutan dan lahan di wilayah Kab. Ponorogo dan apel siaga di ikuti oleh Kapolres Ponorogo AKBP MOCHAMAD NUR AZIS, SH, SIK, M. Si selaku pimpimnan apel siaga karhutla, Dandim 0802 Ponorogo LETKOL INF. SIGIT SUGIHARTO, PJU Polres Ponorogo, Para Kapolsek Jajaran Polres Ponorogo, Kepala Dinas Sosial SUPRIADI, S.Sos, M.Si, Kasi Kedaruratan BPBD Ponorogo ARIM K MANDALA, ADM KPH Madiun Ir Wakhid Nurdin, ADM KPH Lawu DS Asep Dedi Mukyadi S.Hut.

Jumlah peseta apel siaga dan simulasi terdiri dari Pasukan kurang lebih 100 personil diantaranya Kodim 0802 sebanyak 15 personil, Pasukan Polres sebanyak 15 personil, Pasukan Pol PP sebanyak 10 personil, Pasukan BPBD sebanyak 10 personil, Pasukan Tagana sebanyak10 personil, Pasukan KPH Lawu DS sebanyak 15 personil, Pasukan KPH Madiun sebanyak 15 personil dan Pasukan Kelompok Tani sebanyak 20 personil.

Kegiatan latihan Simulasi dan apel siaga ini dilaksanakan dikarenakan bahwa diwilayah Kab. Ponorgo secara geografis memiliki luas wilayah. 1.306 km² dan memiliki Kesatun Pemangkuan Hutan (KPH) perhutani Ponorogo seluas 13.405,8 Ha terdiri dari pohon jati, pohon pinus dan beberpa pohon jenis lainya.

Dengan dikategorikan lahan yang cukup luas, rentan adanya kebakaran hutan di musim kemarau ini. Maka dari itu Polres Ponorogo beserta Instalasi Terkait melakuan latihan dan kesiap Siagaan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan. “Kami bersama TNI, TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, BPBD, Perhutani KPH Madiun serta Perhutani Lawu DS. Beserta warga masyarakt sekitar. Akan siap siaga menanggulangi Karhutla di bulan kemarau ini, jika ada kebakaran hutan atau lahan. Kami sudah siap siaga” tegas Kapolres Ponorogo. (dt-)

Sumber : Polres Ponorogo

Related posts

Leave a Comment