Rumah Keluarga Tjhia, Rumah usia 100 tahun yang Masih Kokoh Berdiri

Parsosbud

Rumah Keluarga Tjhia menjadi salah satu destinasi di Singkawang yang harus kamu kunjungi. Tempat ini pernah menjadi lokasi syuting film Aruna dan lidahnya beberapa waktu yang lalu. Tidak hanya menarik dengan cerita sejarahnya saja, tempat ini pun mempunyai sajian khas Tionghoa yang sangat nikmat.

Namanya adalah Choipan, yang di buat langsung oleh keluarga Tjhia. Disini ada sebuah tempat lesehan yang bisa kamu manfaatkan untuk menikmati sajian yang sangat nikmat ini. Resepnya memang tidak berbeda jauh dari apa yang sudah ada sejak dulu.

Mengenal Sejarah Rumah Keluarga Tjhia

Sumber Gambar: amazingborneo.id

Ada hal yang menarik yang bisa kamu temui saat mengunjungi tempat ini. Dimana, usia rumah yang konon sudah mencapai 118 tahun. Saat ini penghuninya sudah beranjak ke generasi keenam. Saat kamu memasuki area rumahnya, arsitektur khas Tiongkok akan sangat terasa.

Luas tanahnya bisa mencapai 5000 meter persegi. Dibangun dalam bentuk persegi dengan empat bangunan yang ada. Dibangun sejak tahun 1902. Dibangun oleh Tjhia Hiap Seng. Sebagian besar kawasan ini menggunakan kayu ulin yang menjadi ikon bangunan Tionghoa.

Sumber Gambar: merahputih.com

Ruang utama di tempat ini dijadikan sebagai altar dan kelenteng yang difungsikan bagi masyarakat yang ingin beribadah, Ukirannya memang tampak sangat megah dan masih tetap dipertahankan sampai saat ini.

Menikmati Choipan

Seperti yang sudah disinggung di atas, bila disini kamu bisa menikmati sajian kuliner yang sangat nikmat. tetapi, kamu harus banyak-banyak bersabar bila banyak pengunjung yang datang dan ikut memakannya. Karena, prosesnya cukup lama dan membutuhkan waktu kurang lebih 30 menitan.

Sumber Gambar: gotravelly.com

Kulitnya sangat transparan dan begitu lembut bila digigit. Ada juga sambal yang begitu encer dengan warna oranye yang akan menambah kenikmatan menu satu ini, Menariknya lagi, penganan ini termasuk halal lho. 

Jadi, bagi kamu warga muslim tidak ada salahnya untuk mencoba menikmatinya. Harganya hanya 1500 saja. untuk satu potongnya. Karena, rasanya yang nikmat banyak wisatawan yang bisa menikmati 50 potong lho. Penganan ini akan hadir mulai dari jam 8 pagi hingga 6 sore saja.

Cara Menuju ke Rumah Keluarga Tjhia

Menuju ke objek wisata ini terletak di Jl. Budi Utomo No,35, Condong, Singkawang Barat, Singkawang. Kamu bisa memulainya dari pelabuhan Singkawang yang hanya memerlukan waktu 10 menit saja dengan jarak tempuhnya mencapai 3,3 kilometer melalui jalan Yos Sudarso.

Penginapan Sekitar

Sumber Gambar: Pegipegi

Nah, bagi kamu yang susah move on dari instgenicnya kawasan ini dan ramahnya keluarga yang ada disana. Tidak ada salahnya kamu cari penginapan yang dekat dengan lokasi. Ada dua tempat yang bisa direkomendasikan untuk kamu, Pertama ada Grand Mandarin Inn yang terletak di Jl. Pemuda No.15, Singkawang Tengah, kalimantan Barat. Jaraknya hanya 135 meter saja lho.

Ada beberapa pilihan kamar yang bisa kamu pilih. Ada yang standar dengan harga mulai dari 300 ribuan. Dilengkapi dengan AC, televisi, dan air mineral kemasan yang sudah disediakan. Untuk kamar mandinya juga sudah disediakan air panas, shower, dan toiletries. Dilengkapi pula dengan sarapan gratis di pagi hari.

Sumber Gambar: pastikesingkawang.id

Kedua, kamu bisa pilih Hongkong Inn yang jaraknya hanya 215 meter. terletak di jalan salam Diman no.129, Singkawang Tengah, Kabupaten Singkawang, Kalimantan Barat. Ukuran kamarnya 12 meter persegi dilengkapi oleh AC, air panas, dan pembuat teh dan kopi, ada lagi televisi dan desk yang harganya mulai dari 248 ribu rupiah, disertai dengan sarapan pagi. Atau kamu juga bisa memilih kamar deluxe dengan luas 16 meter persegi dengan harga 330 ribuan dengan fasilitas yang tidak jauh berbeda.

Kesimpulan

Jangan lupa bawa kamera jahat kamu ya. Semua bangunan yang ada disini memang sangat mengesankan. Kamu bisa berpose dimanapun kamu mau dan menghasilkan gambar yang menarik. Bisa dijadikan sebagai salah satu koleksi foto kamu di Media Sosial.

Rumah Keluarga Tjhia menjadi sebuah kawasan pariwisata yang sangat menarik untuk di kunjungi di Singkawang. Pesonanya memang tidak kalah dengan tempat lain. Bahkan panorama alamnya yang benar-benar mengesankan. jadi, kapan kamu akan mengunjungi tempat ini?

The post Rumah Keluarga Tjhia, Rumah usia 100 tahun yang Masih Kokoh Berdiri appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment