Puluhan Pelanggar Knalpot Brong Ganti Onderdil di Mapolres Trenggalek

Ronda

Polres Trenggalek – Puluhan pelanggar knalpot brong di Trenggalek dikumpulkan di halaman Satpas SIM Mapolres. Bukan tanpa sebab, pelanggar lalu lintas ini diminta mengganti semua onderdil yang tak sesuai spektek kendaraan ditempat sebelum bisa membawa kendaraannya pulang. Rabu (2/9).

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Randy Asdar, S.Kom., S.I.K., mengungkapkan, selama beberapa bulan terakhir, jajaran Satlantas menggencarkan penindakan terhadap para pelaku pelanggaran lalu lintas utamanya knalpot brong dan spektek tidak sesuai ketentuan. Sedangkan yang saat ini berada di Mapolres merupakan hasil penindakan selama satu minggu terakhir.

“Jadi, selain menindak tegas berupa Tilang, mereka juga waji mengganti terlebih dahulu semua onderdil yang tidak sesuai spektek, seperti knalpot brong, roda kecil, spion modif, maupun lampu strobo.” Ujar AKP Randy.

“Agar ada efek jera dan tidak mengulangi lagi perbuatannya” Imbuhnya

Dalam prosesnya, penggantian onderdil ini diawasi langsung oleh petugas hingga benar-benar dinyatakan aman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Bukan itu saja, para pelanggar ini juga diberikan wawasan tentang disiplin berlalu lintas dan bahaya yang bisa ditimbulkan.

“Kita coba gugah kesadaran mereka agar tertib berlalu lintas. Kita gunakan pendekatan yang berbeda dengan menyentuh hati mereka bahwa apa yang mereka lakukan adalah salah dan sangat merugikan diri sendiri, keluarga dan orang lain, sehingga kedepan mereka tidak akan melakukan perbuatan yang sama.” Ujar AKP Randy.

AKP Randy menegaskan, penindakan terhadap pelanggar lalu lintas khususnya knalpot brong akan tetap menjadi prioritas guna meningkatkan disiplin dan Kamtibselcarlantas serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dan pengguna jalan di Kabupaten Trenggalek.

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

Leave a Comment