Pulau Kapoposang, Segarnya Dunia Baru Di Makassar

Parsosbud

Perlu diakui memang keindahan dunia bawah laut indonesia memang mengesankan. Tidak ada satu pun yang bisa mengalahkannya. Apalagi, kalau kita sudah berbicara mengenai Indonesia bagian timur. Ada banyak sekali spot-spot menawan yang bisa kamu kunjungi, Salah satunya adalah Pulau Kapoposang.

Tidak hanya wisatawan mancanegara saja. Wisatawan mancanegara juga datang berbondong-bondong mengakui keindahan kawasan yang masih menjadi bagian dari gugusan kepualauan spermonde. Konon katanya, salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang pergi ke tempat ini, karena mereka bisa berenang bersama dengan ikan hiu.

Mengenal Pulau Kapoposang

Sumber Gambar: pesisir.net

Pulau Kapoposang memiliki panorama yang menawan sejak pertama kali kamu datang hingga kamu pulang. Bagaimana tidak? saat tiba di sini, hamparan pasir putih yang halus dan lembut bisa kamu rasakan. Banyak wisatawan yang dibuat susah move on kalau sudah menggelar tikar disini terutama pada sore hari.

Deretan pepohonan juga menambah kesan asri dari kawasan ini. Sedangkan sejauh mata memandang, kamu bisa melihat betapa menawan dan menariknya air laut yang memiliki dua buah warna, yaitu hijau dan juga biru. Banyak yang percaya kedua warna ini pengaruh dari banyaknya terumbu karang yang ada di bawahnya.

Sumber Gambar: sumber.com

Luas taman terumbu karangnya sendiri bisa mencapai 995,6 hektar lho. Menjadi sebuah ekosistem laut terbesar yang ada di Indonesia. Tidak heran banyak satwa dan tanaman berada disini. Sehingga, Pulau Kapoposang sendiri memiliki hampir 12 titik penyelaman. Dengan kedalaman mulai dari 15 meter sampai 30 meter. Bagi kamu para pemula kawasan sangat cocok untuk di coba.

Cara Menuju ke Pulau Kapoposang

Sumber Gambar: Instagram @ayotelusuri

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan Pulau Kapoposang, kamu bisa menyewa kapal dari pelabuhan paotere. Tetapi, harga yang harus kamu bayar sangat mahal. Bisa saja per harinya 2 jutaan atau bahkan lebih.

Bila ingin dengan biaya yang ,urah, kamu bisa memilih rute menuju ke Pulau Gondong Bali terlebih dahulu. Jadwalnya hanya 2 kali dalam seminggu. Dengan harga 35 ribu rupiah. Selanjutnya menyewa kapal seharga 100 ribuan menuju ke Pulau Kapoposang.

Keindahan Pulau Kapoposang

Sumber Gambar: travelingyuk.com

Kalau berbicara mengenai keindahan memang tidak diragukan lagi. Pulau Kapoposang memiliki panorama yang tidak akan ada habisnya. Apalagi kalau kamu mencoba masuk kedalam air, ada beberapa goa dan juga ikan-ikan kecil seperti barracuda, batfish, nemo dan masih banyak lagi.

Salah satu spot terbaik disini bernama Aquarium Point. Kenapa bisa dinamakan sebagai aquarium? Disini kamu bisa melihat hampir semua jenis ikan mulai dari belut, kepiting, kerang, keong. Mempunyai kedalaman titik selam antara 15 meter sampai 20 meter. Sementara untuk tanamannya, tidak usah diragukan lagi, ada banyak warna-warni seperti rumput laut dengan berbagai warna. Jarak pandangnya bisa mencapai 15 meter.

Sumber Gambar: limakaki.com

Kamu juga bisa melihat beberapa tumbuhan jamur laut dan beberapa tumbuhan yang rimbun. Biasanya, kawasan ini sebagai tempat persembunyian penyu yang dinamakan turtle point. Tingkat cahayanya mencapai 15 meter dengan kedalaman 8 meter sampai 30 meter. Dan masih banyak lagi spot-spot yang bisa kamu nikmati disini.

Pulau Kapoposang sendiri memiliki 3 suku penduduk yang konon sudah menghuni kawasan ini selama ratusan tahun lho. Kamu juga bisa berkenalan dengan mereka dan menambah saudara disini. Penduduknya cukup ramah dan bersahaja, jadi enak untuk diajak kenalan.

Pesona lain yang bisa kamu temui disini adalah pemandangan sunsetnya yang membuat banyak orang tergila-gila. Bagaimana tidak? keindahan langit senja yang berubah dari biru menjadi orange, dengan pesona siluetnya. Membuat tempat ini bisa menjadi kawasan paling romantis di Sulawesi Selatan.

Penginapan

Untuk penginapan kamu tidak usah khawatir, disini sudah banyak penginapan mulai dari resor kecil hingga penginapan yang bisa digunakan untuk rombongan. Fasilitas mewah kelas bintang lima atau sederhana ala home stay juga tersedia. Untuk harga kamu bisa pilih mulai dari 250 ribuan sampa 1 jutaan.

Kesimpulan

Pulau Kapoposang adalah surganya dunia bawah laut Indonesia yang harus kamu kunjungi. Rugi rasanya kalau ke Sulawesi Selatan tidak mampir ke tempat-tempat ini. Ayo agendakan liburan kamu kesini. Tetapi, satu hal yang juga harus kamu perhatikan adalah menjaga lingkungan ini agar tetap asri sampai nanti.

The post Pulau Kapoposang, Segarnya Dunia Baru Di Makassar appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment