Pulau Harapan, Keindahan Jakarta yang Sebenarnya

Parsosbud

Siapa sangka kalau Jakarta yang dikenal dengan penduduk padat dan berbagai masalah banjir serta macet mempunyai kepingan surga yang menggemaskan. Salah satu buktinya adalah Pulau Harapan yang berada di kawasan Pulau Seribu. Hampir setiap sudutnya membawa kamu ke dimensi lain yang hanya ada keindahan dan keindahan saja.

Sumber: fjb.m.kaskus.co.id

Pulau Harapan masih bagian dari Taman Nasional Pulau Seribu. Melihat dari data statistiknya pengunjung yang datang kesini semakin hari semakin banyak saja. Bukan tanpa alasan memang, karena pihak pengelola selalu menghadirkan fasilitas yang memanjakan kamu.

Mengenal Pulau Harapan

Sumber: Instagram @pulauharapan_id

Menariknya disini, kamu tidak hanya melihat birunya air laut saja, atau mempesonanya karang-karang. Tetapi, kamu juga bisa bertemu dengan penduduk sekitar yang ramah dan bersahaja. Mata pencaharian mereka memang beragam bahkan, kamu juga bisa melihat pabrik garam dan cara pengolahannya.

Penduduk Pulau Harapan sendiri bukanlah orang Betawi asli. Mereka datang dari berbagai kalangan dan suku mulai dari Banten, Jawa, Mandar, Bugis yang mayoritas adalah penduduk muslim.

Sumber: backpackerjakarta.com

Bagi kamu wisatawan muslim tidak perlu khawatir berkunjung ke sini. Sarana Ibadah dan menu makanan halal siap tersaji. Begitu pula dengan sarana penginapan. Sudah banyak homestay, hotel dan juga resort dengan fasilitas berbintang. Harganya juga beragam mulai dari Rp300 ribu hingga jutaan rupiah. Kamu bisa memilih liburan seperti apa yang kamu inginkan.

Biaya yang Harus di Keluarkan

Menuju ke Pulau Harapan sebenarnya tidak sulit. Bagi kamu yang berada di luar Jakarta ada beberapa pilihan yang bisa digunakan. Naik Bus, Kereta Api, atau juga Pesawat. Diantara ketiganya, yang paling mudah adalah naik Kereta Api.

Kamu tinggal turun di stasiun Jakarta Kota, sambung bus atau angkot menuju ke Ancol. Masuk, ke dermaganya naik speed boat yang hanya membutuhkan waktu 1 jam. Harga yang harus dibayar Rp300 ribu saja.

Kalau mau yang lebih hemat. Kamu bisa memilih Pelabuhan Kaliadem, naik kapal ferry dengan harga hanya Rp50 ribu saja. Sayangnya, kapal ini hanya bisa kamu manfaatkan setiap hari sabtu saja pukul 7 pagi hingga 9 pagi. Dilain hari sabtu ada kapal tongkang atau perahu nelayan yang bisa memakan waktu 3 jam hingga 4 jam.

Sumber: Traveloka

Nah, setelah sampai di tempat ini ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Mulai dari mengunjungi penangkaran penyu yang mempunyai kurang lebih 3 kolam. penyu hijau dan penyu sisik akan menyambut kamu disini.

Selain bisa melihat mereka, kamu juga bisa belajar seluk beluknya. Seperti, bagaimana proses mereka berkembang biak dan di lepas ke laut saat usia mereka sudah cukup. Masih banyak lagi Taman Biota laut yang bisa kamu lihat selama menjajah di Pulau Harapan.

Fasilitas lain yang tidak kalah bagusnya adalah jogging track yang bisa juga dilewati oleh para pesepeda. Dengan jalan yang sudah beton, jadi nyaman berkeliling dari sudut hingga ke sudut lagi menjadi wahana yang menyenangkan. Waktu untuk berkeliling seluruh area pulau harapan hanya 30 menit

Sumber:
pulauharapan_id

Jadi, jangan sampai kamu lewatkan ya. Apalagi kalau sudah masuk waktu sunset. Jalan-jalan berkeliling adalah kegiatan yang tepat yang bisa kamu lakukan bersama.dengan kekasih hati.

Kalau lapar, kamu bisa beli beberapa makanan dan minuman yang sudah disediakan di warung-warung. Sebagian besar menu mereka adalah masakan Nusantara yang nikmatnya membuat lidah kamu rasanya tidak ingin berhenti untuk terus makan dan makan.

Selain itu ada juga olahan seafoodnya yang beragam dan masih segar karena baru dibawa oleh para nelayan. Cumi, kepiting, udang, ikan kakap, dan masih banyak lagi bisa kamu santap disini.

Sumber: travelwisataindonesia.com

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan fasilitas snorkeling dan juga diving. Kepulauan Seribu memang terkenal dengan dunia bawah lautnya yang elok. Terumbu karang terjaga dengan baik, ikan-ikan hias seakan memiliki rumah sendiri disini. Kalau tidak berkunjung rugi sekali rasanya.

Kesimpulan

Pulau Harapan adalah keindahan yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Panoramanya yang mempesona menjadikan kawasan ini destinasi kelas dunia dengan kondisinya yang sangat bersih. Ayo jaga dan lestarikan alam Indonesia dengan jangan membuang sampah sembarangan. Agar keindahannya tetap terjaga sampai nanti.

The post Pulau Harapan, Keindahan Jakarta yang Sebenarnya appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment