PERSIAPKAN TAHAPAN PELAPORAN DANA KAMPANYE, PENETAPAN & PENGUNDIAN NOMOR URUT, KPU JATIM ADAKAN RAKOR

Politik

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama dengan 19 KPU Kabupaten/ Kota Penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020 hari ini (Selasa, 22/9), bertempat di aula lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya. Rakor diadakan dalam rangka mempersiapkan tahapan penyerahan laporan dana kampanye, penetapan dan pengundian nomor urut pasangan calon.

Diundang dalam Rakor Pelaporan Dana Kampanye dan Persiapan Penetapan Paslon serta Pengundian Nomor Urut Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Provinsi Jawa Timur yakni, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Kasubbag Hukum serta operator Sidakam (Sistem Informasi Dana Kampanye) dari dengan 19 KPU Kabupaten/ Kota.

Sementara itu, dari KPU Jatim nampak hadir Ketua, Choirul Anam, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Insan Qoriawan, Divisi SDM dan Litbang, Rochani, Plt. Sekretaris, Edi Hartono, Kabag Hukum; Teknis dan Hupmas, Yulyani Dewi, serta staf Subbag Hukum dan subbag Tekmas.

Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim, Rochani dalam arahannya menyampaikan bahwa forum ini sangat penting dan mendesak untuk dilaksanakan.

“Mengingat tahapan penyerahan laporan awal dana kampanye, penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut pasangan calon sudah di depan mata. Penetapan pasangan calon tanggal 23 September 2020, pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon tanggal 24 September 2020, dan penyerahan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) tanggal 25 September 2020,” jelasnya (22/9/2020).

Terkait tahapan-tahapan ini dibutuhkan fokus dan konsentrasi yang luar biasa dari seluruh Komisioner untuk menyelesaikan seluruh tahapan.

“Fokuskan seluruh energi Kita untuk menyelesaikan tahapan. Jangan sampai ada konflik internal, kalau misalnya ada perbedaan soal gaya bekerja, maka satu sama lain harus saling memahami terkait perbedaan gaya ini,” tutur mantan Ketua KPU Kota Batu ini.

Berikutnya, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam juga berpesan agar KPU Kabupaten/ Kota diharapkan teliti dan tertib administrasi dalam setiap tahapan Pemilihan. “Termasuk menyiapkan Berita Acara, Surat Keputusan, dan lain sebagainya,” katanya.

Tak lupa Ketua KPU Jatim ini kembali mengingatkan agar KPU Kabupaten/ Kota dalam menjalankan tahapan berpedoman pada Peraturan KPU dan peraturan yang ada, serta harus menerapkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan.

Rakor dilaksanakan selama satu hari (Selasa, 22/9), dimulai dari pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai.

(AACS)

Related posts

Leave a Comment