PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE-75, KETUA KPU JATIM AJAK REFLEKSI DIRI

Politik

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-75 hari ini (Selasa, 10/11) di halaman belakang kantor, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya. Pada hari peringatan ini Ketua KPU Jatim, Choirul Anam mengajak seluruh keluarga besar KPU Jatim untuk melakukan refleksi diri.

Ketua KPU Jatim dalam amanahnya menyampaikan bahwa refleksi atas makna peringatan hari Pahlawan ini mencakup 3 hal. “Yakni pertama, dalam konteks bernegara dan berbangsa. Jika dulu dimasa penjajahan, seorang pahlawan ini mencurahkan nyawa, tenaga dan pikirannya untuk meraih kemerdekaan. Di era kemerdekaan seperti saat ini, pahlawan adalah orang yang mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk kebaikan bangsa dan negara. Kita sebagai keluarga besar KPU, bagian dari lembaga negara harus menjalankan tugas-tugas Kita sebagai penyelenggara pemilihan dengan baik demi tercapainya cita-cita bangsa ini,” tutur Anam (10/11/2020).

Lalu, kedua, kalau bicara pahlawan dalam konteks kehidupan bermasyarakat keseharian, para pahlawan adalah mereka yang memberikan kemanfaatan dan keberkahan pada kehidupan bermasyarakat di sekitarnya.

“Hidup Kita tidak mungkin berjalan sendiri. Kemanfaatan dan keberkahan juga tidak serta merta didapatkan sendiri, namun melalui orang sekitar Kita. Pahlawan dalam konteks bermasyarakat adalah orang-orang yang memberikan kemanfaatan bagi sekitarnya,” katanya.

Lebih lanjut, Anam menjelaskan pahlawan dalam konteks sebagai pribadi. “Dalam konteks sebagai pribadi, jadilah pahlawan untuk orang lain, jangan berharap mendapatkan kemanfaatan dan keberkahan dari orang lain saja, tetapi Kita harus dapat memberikan kemanfaatan dan keberkahan bagi orang lain juga,” jelas Ketua KPU Jatim.

Upacara hari Pahlawan ke-75 di KPU Jatim ini dimulai dri jam 8 sampai kurang lebih 9 pagi. Diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan staf sekretariat KPU Jatim dengan menerapkan protokol kesehatan.

(AACS/Fto. Budi)

Related posts

Leave a Comment