Penyembelihan Hewan Qurban di RPH Gratis

Jawa Tengah

Usai melaksanakan salat Iduladha 1441 H, Wali Kota Salatiga meninjau penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Salatiga, di Jalan Imam Bonjol Salatiga, Jumat (31/7/2020). Wali Kota memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian yang telah membuka layanan penyembelihan hewan kurban bagi masyarakat Salatiga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukan pemotongan.

Wali Kota memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian yang telah membuka layanan penyembelihan hewan kurban bagi masyarakat Salatiga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukan pemotongan.

“Penyembelihan hewan kurban kita laksanakan di RPH. Masyarakat akan menerima banyak manfaat karena RPH Salatiga sudah berstandar nasional. Di masa pandemi Covid-19, tentunya menyembelih hewan di RPH akan mengurangi kerumunan warga, ” tutur Yuliyanto

Dirinya menambahkan, pelaksanaan pemotongan hewan Kurban di RPH tersebut tidak dikenakan biaya pemotongan.

“Selama hari raya Iduladha ini, penyembelian hewan kurban oleh RPH akan dibebaskan dari retribusi alias gratis,” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian, Nunuk Dartini mengatakan penyembelihan hewan kurban tetap dilaksanakan dengan baik dan memakai protokol kesehatan yang ketat saat hewan tersebut masuk ataupun saat pemotongan.

“Selama hari raya kurban dan ditambah tiga hari ke depan atau hari Senin (3/8/2020), panitia penyembelihan hewan kurban melakukan penyembelihan di RPH akan digratiskan. Namun untuk jasa pengulitan hewan tetap dibebankan kepada pemohon,” kata Nunuk.

Petugas yang ada di RPH Salatiga berjumlah kurang lebih 20 orang, sehingga menurut Nunuk masyarakat yang akan melaksanakan penyembelihan di RPH akan lebih praktis. Selain itu, adanya dokter hewan juga langsung memeriksa kesehatan hewan tersebut.

“Kesehatan hewan kurban akan langsung di cek oleh dokter hewan, apakah di dalam hati dan dagingnya benar-benar bersih dan tidak mengandung parasit atau cacing. Dengan demikian, daging yang didistribusikan kepada masyarakat benar-benar sehat,” ungkapnya.

Sumber : Pemrov Jawa Tengah

Related posts

Leave a Comment