Pendaftaran Paslon Pilwali Surabaya Akan Dimulai 4 September

Politik

Pemilihan serentak termasuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota Surabaya  akan digelar pada 9 Desember mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya telah menetapkan jadwal untuk pendaftaran pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota Surabaya pada 4- 6 September 2020

Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kota Surabaya, Soeprayitno mengatakan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 5 tahun 2020, pelaksanaan Pilkada Surabaya dilakukan sesuai tahapan. “Untuk pendaftaran calon wali kota nanti harus sepasang bersama calon wakil wali kota. Sedangkan masa kampanye akan digelar mulai 26  September,” terang Soeprayitno. 

Soeprayitno menjelaskan kampanye Pilkada Surabaya dibagi tiga model yakni kampanye terbuka, debat publik, dan kampanye di media. Pihaknya akan memverifikasi dokumen calon hingga melakukan tes kesehatan. Kemudian penetapan sebagai pasangan calon wali kota pada (23/9). “Sehari setelah penetapan, KPU akan melakukan pengundian nomor urut pada 24 September 2020,”imbuhnya.

Lanjutnya, setelah mendapatkan nomor urut sebagai pasangan calon, mereka selanjutnya akan memanfaatkan masa kampanye. Kampanye digelar 26 September hingga 5 Desember.  Hingga saat ini  belum ada pasangan calon wali kota Surabaya yang muncul.

Baru mantan Kapolda Jatim Machfud Arifin yang baru menjadi bakal calon wali kota Surabaya  yang diusung delapan parpol, yaitu: PKB, Gerindra, PAN, Demokrat, NasDem, Golkar, PPP, dan PKS. Sedangkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang bisa mengusung calon wali kota dan wakil wali kota sendiri, sampai hari ini belum menentukan calonnya.  (rmt/rak)

Related posts

Leave a Comment