Pembagian Paket Beras oleh Ranting Sawahan

Ronda

DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya menginstruksikan jajarannya hingga tingkat bawah untuk ambil bagian dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono memberikan keterangan, bahwa jajarannya itu memang dituntut aktif bahkan hingga ke tataran RT/RW.

Pada waktu yang berbeda, Sekretaris Ranting Sawahan Yudi Priotomo mengatakan, “Selain itu kami juga diarahkan untuk selalu mengamati keadaan di lingkungan. Maksudnya, bagaimana sikap seharusnya dari warga jika ada salah satu dari mereka terkena dampak covid-19.”

Ditemui pada hari Senin 6 April 2020, Yudi juga menambahkan kader banteng di wilayah kerjanya masih gencar melakukan penyemprotan dengan sasaran meliputi fasilitas umum seperti balai pertemuan warga serta tempat ibadah. “Belakangan warga juga meminta agar kami bergerak lebih ke dalam,” ucap Yudi. Ketika ditanya tentang maksud dari warga, Yudi mengatakan, “Ya artinya itu kan kami dituntut untuk memperhatikan rumah-rumah warga. Mungkin tidak sebatas menyemprot bagian luar atau halaman saja, Mas. Mungkin mereka, warga ini, menganggap semprotan disinfektan itu mirip dengan fogging.”

Lantas saat dipancing dengan pertanyaan mengenai kerepotan kader PDI Perjuangan, Yudi menjawabnya dengan tersenyum. Katanya, “Kami semua yang berada di tingkat ranting maupun cabang adalah garda depan partai. Kami juga bagian dari warga jadi ya sebenarnya tidak ada istilah kerepotan atau merepotkan.”

Sementara itu, Yudi menegaskan bahwa pihaknya sebagai bagian dari keluarga besar PDIP saat ini sepenuhnya mengikuti arahan dari DPP maupun DPC.

“Saat ini PDI Perjuangan berusaha menghidupkan kembali gotong-royong di masyarakat. Pak Adi (Ketua DPC) memesankan bahwa sikap saling berbagi dan membantu harus ditumbuhkan, selain juga kepekaan terhadap warga yang paling rentan akibat pandemi ini,” katanya.

Yudi menerangkan bahwa wilayah ranting Sawahan juga mendapatkan bantuan paket beras. “Kami telah menyalurkan itu pada keluarga yang terkena dampaknya,” imbuh Yudi.

Sedangkan dari Achmad Hidayat Wakil Sekretaris DPC PDIP Kota Surabaya diperoleh keterangan bahwa PDI Perjuangan telah bergotong royong untuk mendukung ketahanan warga melalui pembagian paket beras. Menurut Achmad, tahap pertama pembagian beras dilakukan di 5 kecamatan, yakni Gubeng, Semampir, Tenggilis Mejoyo, Tandes dan Sawahan.

“Kami membeli paket beras premium dari Bulog sebesar 1,250 ton. Kami bagi 5 kecamatan, masing-masing mendapatkan 50 paket beras,” ujar Achmad Hidayat.

Penyaluran melalui pengurus PDIP di tingkat kecamatan dan kelurahan masing-masing. “Kawan-kawan pengurus kecamatan dan kelurahan yang paling tahu kondisi warga setempat. Ini sekaligus menggerakkan mesin partai di saat krisis Corona,” ujar Achmad.

Related posts

Leave a Comment