Pastikan Kamtibmas Kondusif, Polres Trenggalek Gelar Blue Light Patrol

Ronda

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek menggelar blue light patrol. Blue light patrol merupakan langkah preventif mencegah gangguan keamanan maupun Kamtibselcarlantas dengan menghadirkan petugas Kepolisian dengan kendaraan patroli yang dilengkapi dengan lampu rotator berwarna biru.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. menuturkan, blue light patrol ini digelar pada malam hari khususnya pada jam-jam rawan kriminalitas ataupun pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Petugas kita sebar dan tempatkan stationer maupun mobile pada simpul-simpul rawan gangguan Kamtibmas. Petugas yang terlibat juga dilengkapi dengan sarana-prasarana memadai.” Jelas AKBP Doni.

“Tujuannya adalah memberi rasa aman dan nyaman masyarakat, memastikan Kamtibmas yang kondusif sekaligus sebagai langkah pencegahan dan antisipasi kriminalitas atau tindak pidana dan kejahatan lainnya” Imbuhnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. yang kebetulan memimpin langsung blue light patrol jajaran Satlantas di seputaran kota Trenggalek mengatakan, sasaran blue light patrol diarahkan pada jalur arteri padat aktivitas masyarakat dan blackspot di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Sesuai dengan Tupoksi Satlantas yakni memastikan Kamseltibcarlantas kondusif dan menekan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah penjagaan, pengaturan arus lalu lintas hingga pengamanan jika ada kegiatan masyarakat.

“Disamping itu juga tindakan preemtif berupa interaksi dengan masyarakat, memberikan edukasi tentang tertib berlalu lintas dan mensosialisasikan protokol kesehatan” Ujar AKP Imam.

Agar lebih efektif, lanjut AKP Imam, dalam kegiatan tersebut juga berkolaborasi dengan patroli Satsabhara maupun satuan kepolisian lainnya secara simultan dalam menjaga Kamtibmas yang kondusif serta memberikan respon cepat jika terdapat laporan masyarakat terkait dengan gangguan keamanan ataupun police hazard lainnya.

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

Leave a Comment