Pantai Lhok Nibong Pesona Aceh Yang Terabaikan

Parsosbud

Pantai Lhok Nibong sangat terkenal akan keindahan alam yang memukau. Bukan hanya sekedar keindahan alamnya saja, tetapi ada hal yang sangat menarik dari destinasi wisata pantai tersebut. Hal itu adalah view pantai yang mirip dengan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Sayangnya keindahan pantai tersebut diabaikan.

Lokasi Destinasi Wisata Alam Pantai Lhok Nibong

Pantai ini terdapat di Labuhan Tarok, Meukek, Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Kawasan tersebut memang sangat terkenal akan pesona alam yang khas dan eksotis. Ada berbagai macam destinasi wisata yang dekat dengan lokasi tersebut.

Hal yang lebih menarik, Provinsi Aceh termasuk ke dalam jajaran provinsi dengan jumlah bandara terbanyak di Indonesia. Ada puluhan bandara yang dapat dijadikan sebagai destinasi. Hal ini membuat kemudahan akses bagi setiap orang yang mengunjungi Aceh, entah dalam rangka traveling, bisnis dan lain – lain.

Akses Menuju Pantai Lhok Nibong

Akses dari destinasi wisata ini sangat mudah. Lokasinya sangat strategis dengan 3 buah bandara terdekat sekaligus selain itu juga tidak jauh dari jalur Trans Sumatera HWY. Ada 3 buah bandara yang dapat dijadikan sebagai destinasi penerbangan terdekat. Bandara yang pertama adalah Blangpidie Airport yang terletak di Pulau Kayu, Blangpidie, Susoh, Aceh Barat Daya.

 

Untuk bandara yang kedua adalah Bandara Patiambang / Patiambang Airport. Bandara tersebut terdapat di Penggalangan, Blangkejeren, Gayo Lues. Untuk bandara yang terakhir adalah Teuku Cut Ali Airport, terdapat Jl Tapaktuan Km 21, Teupin Gajah, Pasie Raja, Aalmmceh Selatan. Setelah turun dari bandara, kemudian telusuri saja jalur trans Sumatera HWY. Setelah sampai di Masjid Tarok / Pattaya Cafe ambil arah ke barat.

Harga Tiket Masuk Pantai Lhok Nibong

Destinasi wisata ini tidak mempunyai tarif kontribusi apapun. Hal ini disebabkan karena tidak ada pihak pengelola baik dari swasta maupun pemerintah. Bahkan di destinasi wisata ini juga tidak terdapat papan nama sekalipun dan menjadi kawasan bebas. Dengan kondisi alam yang sangat mendukung sebagai destinasi wisata, status kawasan bebas membuat tempat ini serasa diabaikan.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Meskipun Pantai Ujung Nibong termasuk ke dalam kawasan bebas, masyarakat setempat menjaga tempat tersebut dengan sangat baik. Walaupun mereka melakukan hal tersebut secara suka rela. Tempat tersebut juga selalu terlihat bersih dan masih sangat asri. Sedangkan untuk waktu operasional dari destinasi wisata ini tidak terikat waktu sama sekali. Dengan kata lain, Pantai Ujong Nibong ini mempunyai waktu operasional selama 24 jam non stop. Tetapi sebagian besar pengunjung datang pada pagi / siang hari.

Fasilitas Di Pantai Lhok Nibong

Untuk fasilitas yang tersedia di destinasi wisata tersebut hanya berupa fasilitas alam semata. Sedangkan untuk fasilitas umum tidak tersedia sama sekali. Hal ini sangat wajar mengingat tidak ada yang mengelola tempat ini. Jadi para pengunjung pun harus mandiri ketika berada di tempat ini.

Dengan fasilitas yang minim dan seadanya , namun cukup untuk membuat para pengunjung puas akan pesona tempat tersebut. Pengunjung pun hanya dapat memanfaatkan fasilitas alam yang ada. Walaupun hanya sebatas fasilitas alam, tetapi hal tersebut sangat cukup dalam menikmati pesona dari pantai yang mendapat julukan sebagai Pantai Laskar Pelangi Aceh.

Fasilitas tersebut antara lain :

1. Hamparan laut yang bersih

Sumber Gambar: travel.detik.com

Fasilitas utama dari destinasi wisata Pantai Lhok Nibong adalah hamparan laut yang membentang luas. Kondisi laut sangat jernih dan berwarna biru tosca. Laut pun sama sekali belum tercemar, suasana hembusan air laut sangat menyegarkan dan menyejukkan. Jika diperhatikan dari dekat, air sangat jernih. Bahkan dasar laut pun nampak dengan sangat jelas, mulai dari batu karang kecil hingga berbagai spesies fauna air laut.

2. Jajaran batuan karang

Sumber Gambar: Google Maps @Resi Nisfu Army

Tempat ini dipenuhi dengan batu karang yang terukir secara alami. Batu karang tersebut menghiasi sepanjang bibir pantai. Kondisi batu karang pun juga sangat bermacam – macam. Ada yang menjorok ke arah laut dan ada pula yang berada di tengah – tengah laut. Batu karang tersebut dapat dimanfaatkan sebagai background foto yang eksotis. Selain itu batu karang yang menjorok ke laut dapat dimanfaatkan sebagai akses menuju ke arah laut lebih jauh.

3. Batu kecil putih

Sumber Gambar: wisataterbaru.net

Sebagian dari wilayah pantai diselimuti batu – batu kecil yang berwarna putih. Tekstur dari batu tersebut sangat halus, sekilas menyerupai batu alam. Batu – batu tersebut dapat dimanfaatkan untuk bermain. Selain itu dapat juga dimanfaatkan sebagai akses pijat refleksi dengan berjalan di atas jajaran batu kecil putih yang ada.

4. Jajaran pohon kelapa

Wilayah pantai didominasi dengan pohon – pohon kelapa. Dengan pohon tersebut membuat suasana pantai lebih sejuk dan tidak panas. Ada hal yang istimewa dari pohon kelapa yang tumbuh di area tersebut, yaitu Pantai Lhok Nibong adalah kawasan bebas.

Sumber Gambar: ikbalfanika.wordpress.com

Dengan kawasan bebas dan tidak ada pihak pengelola, membuat pohon kelapa tersebut sangat memungkinkan untuk dipanjat dan mengambil kelapa muda. Namun sebelum memanjat pohon, minta ijin terlebih dahulu kepada masyarakat setempat.

Pohon kelapa tersebut memang tumbuh secara bebas, namun bukan berarti dapat dieksploitasi secara bebas pula. Dengan meminta ijin terlebih dahulu, dapat dengan mudah untuk meminjam alat untuk menikmati kelapa muda, seperti pisau, sendok dan lain – lain.

5. Kopi Bruek

 

Tidak jauh dari lokasi wilayah pantai, terdapat sebuah Cafe kecil yang bernama kopi bruek. Cafe tersebut dapat dijadikan sebagai wisata kuliner dan sekaligus sebagai tempat berteduh. Ada hal yang unik dari Cafe tersebut, yaitu cara penyajianya. Minuman memang disajikan ke dalam sebuah gelas dengan bentuk unik. Sekilas bentuk gelas yang berwarna coklat tua sangat terbuat dari batok kelapa. Gelas yang berbentuk seperti batok kelapa tersebut mempunyai tangkai dan alas gelas seperti gelas bir.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di Pantai Lhok Nibong

Meskipun mempunyai fasilitas yang sangat minim, namun ada berbagai macam fasilitas yang dapat dilakukan selain hunting foto. Aktivitas tersebut adalah berenang. Kondisi air yang masih sangat jernih sangat memungkinkan untuk berenang. Apalagi dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Sayangnya di tempat ini tidak ada ruang, jadi para pengunjung harus menggunakan kamar mandi penduduk setempat hanya sekedar membasuh diri. Penduduk setempat sangat ramah dan welcome.

Sumber Gambar: Google Maps @warli alpo

Selain berenang hal lain yang dapat dilakukan di destinasi wisata tersebut adalah bersantai. Hembusan angin laut dan jajaran pepohonan sangat mendukung hanya sekedar bersantai. Pengunjung dapat duduk di bawah pohon atau di batuan karang.

Lalu bagi para pengunjung yang beragama islam, masih dapat beribadah dengan mudah. Di sekitar tempat ada sebuah masjid yang berada tidak jauh dari lokasi. Hanya membutuhkan waktu selama ±5 menit dar arah pantai.

Itulah review dari Pantai Ujong Nibong yang mempunyai keindahan alam, namun diabaikan dengan pemerintah. Dengan tidak adanya pengakuan, kawasan tersebut sangat rawan rusak sebab tidak ada pihak yang bertanggung jawab menjaga pantai tersebut.

The post Pantai Lhok Nibong Pesona Aceh Yang Terabaikan appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment