Pantai Kolagana, Surga kecil di Pulau Baubau

Parsosbud

 

Pantai dan laut merupakan salah satu tempat pariwisata yang sering ditemui di indonesia yang merupakan sebuah negara kepulauan. Dapat dikatakan wisata ini merupakan salah satu wisata paling populer dan merupakan wisata andalan di ibu pertiwi kita ini. Jadi tidak mengherankan kalau kita dapat menemukan berbagai macam pantai yang setiap lokasinya menawarkan hal yang berbeda dari yang satu dengan yang lainnya. Selain pemandangan yang ditawarkan ada berbagai macam aktifitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk bersenang-senang baik untuk dilakukan sendiri maupun bersama teman dan keluarga.

Di indonesia sendiri lokasi yang paling populer untuk menikmati pantai yang langsung terpikirkan biasanya terdapat di bali atau lombok dimana kita dapat melihat baik wisatawan lokal dan banyak juga wisatawan dari mancanegara yang berlibur di sana bahkan sampai dapat dikatakan bahwa nama bali lebih dikenal daripada indonesia. Padahal selain di lokasi tersebut kita dapat menemukan pantai lainnya yang tidak kalah indah seperti pantai di Baubau ini yang akan penulis kenalkan pada kalian sebuah pantai yang bernama Pantai Kolagana.

Sumber Gambar: Instagram @wonderful_butonisland

Pantai kolagana sendiri terletak di Kelurahan Palabusa, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Jika kalian berangkat dari kota baubau akan memakan waktu sekitar 30 sampai 40 menit untuk sampai tergantung jenis dan kecepatan kendaraan. Di pantai ini kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah, mulai dari pasir pantainya yang bersih dan berwarna putih, lautnya yang berwarna biru jernih, hijaunya pepohonan di sekitar pantai dan segarnya udara serta angin yang berhembus menerpa dedaunan dan sapuan gelombang yang memecah kesunyian. Disini kalian dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti bermain pasir, voli pantai atau sekedar berjemur sambil menikmati suasana di pantai atau kalian juga dapat bermain air di sekitar tepi pantai. Kegiatan lainnya yang dapat kalian juga dapat lakukan adalah diving atau snorkeling di laut untuk menikmati dan melihat berbagai macam keindahan bawah laut seperti ikan dan terumbu karang yang hidup di sekitar laut.

Untuk memasuki tempat ini kalian akan dikenakan biaya sekitar Rp.10.000.- yang dapat dikatakan cukup terjangkau untuk semua kalangan. bagi kalian yang sedang mencari sebuah tempat liburan dengan harga terjangkau yang dapat dinikamati bersama dengan keluarga atau teman maka tempat ini merupakan salah satu pilihan yang tepat. Kalian dapat berkunjung sambil membawa bekal makanan dan minuman untuk dinikmati di perjalanan maupun untuk melakukan piknik di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan yang disuguhkan oleh tempat ini.

Sumber Gambar: kampurui-adventure.blogspot.com

Selain pantai dan lautnya tempat ini memiliki lokasi lainnya yang dapat kalian datangi untuk melihat sisi yang berbeda dari Pantai Kolagana. Lokasi yang kalian dapat datangi ini masih di lokasi yang sama dengan Pantai Kolagana hanya saja berbeda ketinggian karena tempat ini merupakan sebuah tebing. Tebing Kolgana atau yang bagi masyarakat sekitar kenal dengan nama Puncak Tebing Kolagana merupakan sebuah tebing dengan pemandangan pantai dan Laut Kolagana jadi bagi kalian ingin melihat Pantai Kolagana dari sisi yang berbeda dapat mencoba mendatangi tebing ini. Untuk mencapai tempat maka kalian kurang lebih akan memakan waktu sekitar 30 menit dengan berjalan kaki dari jalan utama di kelurahan palabusa dengan melewati kebun serta lahan milik penduduk setempat. Karena posisinya yang cukup tinggi kalian dapat melihat gugusan pulau mulai dari yang kecil sampai dengan yang berukuran besar yan berada di sekitar Pantai Kolagana serta indahnya pasir pantai yang disapu oleh ombak laut.

Dapat dikatakan jika kalian mengunjungi Pantai Kolagana kalian akan mendapatkan dua pilihan wisata di satu tempat. Selain itu baik itu pantainya, lautnya atau tebingnya sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk berfoto baik itu untuk mengambil foto pemandangan sekitar atau foto selfie. Ditambah lagi bagi kalian ingin foto prewedding juga dapat menjadikan Pantai Kolagana sebagai salah satu pilihan kalian. Dan seperti biasa dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan atau mengotorinya untuk menjaga dan melestarikan keindahan pantai ini agar dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

 

The post Pantai Kolagana, Surga kecil di Pulau Baubau appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment