Pagat Batu Benawa, Tempat Terindah Sepanjang Masa

Parsosbud

Kabupaten Hulu Sungai Tengah menjadi salah satu kawasan di Kalimantan Selatan yang menarik untuk dikunjungi. Dimana, kamu bisa melihat pemandangan eloknya berupa jajaran pegunungan dengan udaranya yang cukup sejuk. Salah satunya adalah Pagat Batu Benawa.

Nama objek wisata ini memang sudah terkenal sejak dahulu. Bukan hanya untuk warga barabai sendiri, tempat ini juga menjadi pilihan bagi beberapa wisatawan baik yang ada di Kalimantan atau juga di luar Kalimantan. Sehingga, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini.

Mengenal Pagat Batu Benawa

Sumber: triptrus.com

Objek wisata ini memang tampak mengesankan dengan berbagai objek wisata yang tidak akan pernah bisa kamu bayangkan keindahannya. Ada banyak fasilitas yang bisa kamu manfaatkan. Untuk  harga tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah saja.

Sementara itu, ada banyak fasilitas yang juga bisa kamu manfaat disini. Mulai dari Mushola yang cukup bersih dan terawat. Taman bermain anak-anak yang cukup lengkap menghibur,  ada juga panggung hiburan yang akan menyajikan beberapa hiburan. Biasanya musik-musik dengan band-band lokal yang siap mengisi setiap minggunya.

Sumber: fatimahaqila.com

Bagi kamu yang ingin pergi ke tempat ini, Pagat Batu Benawa akan buka pada pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 6 sore. Waktu yang panjang bukan untuk kamu dan keluarga menikmati apa yang disajikan di tempat ini.

Cara Menuju Ke Lokasi

Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Kamu bisa menggunakan pesawat atau juga kapal menuju ke Banjarmasin terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam 45 menit lamanya.

Bila kamu ingin waktu tempuh yang lebih dekat, dari Banjarmasin bisa lanjutkan perjalanan menuju ke bandara Warukin. Dari sana perjalanan hanya membutuhkan waktu 1 jam 18 menit dengan waktu tempuh mencapai 58,5 kilometer.

Keindahan Pagat Batu Benawa

Sumber: rindangyuliani.com

Salah satu alasan mengapa objek wisata ini masih menjadi salah satu unggulan yang tidak akan pernah mati adalah pemandangan alamnya yang benar-benar sangat nyata. Keindahan berupa sawah dan Pegunungan Meratus menjadi sajian yang tidak bisa terbantahkan.

Bahkan, setelah kamu membayar tiket dan melangkahkan beberapa kaki saja, kamu sudah bisa merasakan bagaimana pesona dan nuansanya. Disini sudah banyak warung-warung yang menjual berbagai macam menu makanan dan minuman. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau sedang bermain disini.

Sumber: meratusgeopark.org

Menariknya, kawasan ini juga punya cerita legenda yang kalau dikisahkan hampir mirip dengan Malin Kundang. Dimana, ada seorang anak yang durhaka kepada ibunya kemudian, dia berubah menjadi sebuah batu.

Disini, kamu juga akan disambut dengan aliran sungai yang jernih. Biasanya, banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk bermain air. Tetapi, kamu harus melewati area pepohonan yang ada di samping kanan dan kiri kamu terlebih dahulu sejauh 2 meter.

Aliran sungai ini begitu asri dan menyejukkan hati. Dimana, kamu bisa melihat bongkahan bebatuan yang membuat tempat ini terasa spesial. Banyak wisatawan yang duduk-duduk serta foto selfie bersama. pemandangan pedesaan yang memang sangat mengesankan yang harus kamu coba.

Sumber: backpackerborneo.com

Bagi kamu yang membawa anak-anak jangan takut membiarkan mereka bermain disini. Karena, kedalamannya cukup ramah bagi mereka. Tetapi, tetap dalam pengawasan dan pemantauan ya.

Bagi kamu yang suka tantangan, tidak ada salahnya mengunjungi goa yang ada di atas bukit. Menariknya, di dinding Gua sudah ada beberapa lampu-lampu listrik yang membuat pemandangannya tampak mengesankan. Untuk bisa menikmatinya, kamu sudah disiapkan sebuah rintangan yang harus dilalui.

Sumber: kompasiana.com

Rintangan itu adalah adanya anak tangga yang harus kamu lalui sedalam 20 meter. Jangan takut, karena perjuanganmu menuju ke perut bumi akan disambut oleh semilir angin yang sangat sejuk yang hadir setiap saat dan setiap waktu. Disini, kamu masih bisa melihat aliran sungai yang mengalir. Menarik sekali bukan?

Kesimpulan

Pagat Batu Benawa adalah salah satu dari sekian banyak objek wisata menarik di Hulu Sungai Tengah. Panoramanya yang masih sangat alami membuat semua wisatawan sering datang dan berkunjung ke tempat ini. Jadi, kapan kamu akan agendakan waktu ke sini?

The post Pagat Batu Benawa, Tempat Terindah Sepanjang Masa appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment