Operasi Zebra Semeru 2020, Kapolres Trenggalek Ajak Warga Tertib Berlalu Lintas dan Patuhi Prokes

Peristiwa Ronda

Polres Trenggalek – Memasuki hari ke-4 Operasi Zebra Semeru 2020, Polres Trenggalek menggiatkan berbagai kegiatan dalam rangka menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas sekaligus mengoptimalkan upaya pencegahan terhadap penularan Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

Tak tanggung-tanggung, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. turun langsung bersama anggotanya menggelar aksi simpatik berupa edukasi tertib berlalu lintas dan kampanye patuh protokol kesehatan. Kamis, (29/10).

Dalam kegiatan yang di gelar di tiga lokasi yakni, sepanjang jalan Soekarno-hatta, stadion Menak Sopal dan jalur menuju Kecamatan Watulimo tersebut, AKBP Doni turut ambil bagian membagikan masker kepada sejumlah pengendara maupun masyarakat setempat.

Tak berhenti disitu, perwira menengah alumni Akpol tahun 2000 ini bahkan tak segan memasangkan masker kepada warga yang ditemuinya.

AKBP Doni menuturkan, dalam mensosialisasikan tertib berlalu lintas maupun protokol kesehatan tidak bisa hanya sebatas imbauan yang bersifat formal belaka, tetepi harus diimbangi dengan kegiatan nyata yakni dengan berinteraksi langsung dari hati-ke hati sehingga pesan yang disampaikan bisa lebih meresap dan mengena.

“Kegiatan hari ini, kami bagikan 300 masker dan menempelkan stiker `Ayo Pakai Masker` sebanyak 60 lembar” Ujar AKBP Doni

Penempelan stiker itu sendiri, lanjut AKBP Doni dinilai cukup efektif untuk membantu menyuarakan pemakaian masker kepada masyarakat, mengingat mobilitas kendaraan yang relatif tinggi dan jangkauan yang lebih luas.

Selain itu, untuk mendukung suksesnya Operasi Zebra Semeru 2020, AKBP Doni mengatakan pihaknya mengedepankan pola persuasif humanis dengan kegiatan simpatik namun memiliki muatan edukasi yang kuat terkait dengan disiplin berlalu lintas dan protokol kesehatan.

“Mari kita bersama menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan selalu disiplin protokol kesehatan” Imbaunya

Sementara itu, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. menegaskan, guna mendukung Operasi Zebra Semeru 2020 sekaligus menjamin Kamtibselcarlantas yang kondusif, Pihaknya menggelar Patroli Siaga Mantap atau  patroli sambang dan interaksi dengan warga.

“Edukasi tertib berlalu lintas dengan pendekatan yang berbeda yakni sambang dan berinteraksi langsung dengan warga. Kita juga siapkan reward bagi warga yang telah tertib dalam berlalu lintas sebagai wujud apresiasi dan penghargaan.” Ucap AKP Imam.

Pihaknya berharap dengan metode ini dapat benar-benar menggugah kesadaran warga tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara demi keamanan dan keselamatan bersama.

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

Leave a Comment