Ohoi Letman, Surga Wisata di Maluku Tenggara

Parsosbud Uncategorized

Nama Maluku Tenggara mungkin masih menjadi salah satu kawasan yang terasa asing dengan berbagai objek wisatanya. Tetapi, akhir-akhir ini kamu pasti pernah mendengar kawasan Ohoi Letman. Sebuah desa wisata yang dikembangkan sebagai pusat pariwisata di Maluku Tenggara.

Bisa dikatakan kawasan ini menjadi surga yang sulit untuk kamu lewatkan. terletak di pulau kei kecil. Banyak warga yang tinggal disini dan mereka menjadi penghuni pulau yang sangat ramah lho. Jadi, tidak salah rasanya, kamu mengenal lebih dekat dengan penduduknya.

Mengenal Ohoi Letman

Sumber: piknikdong

Nama Letman sendiri merupakan sebuah arti dari jembatan bisu. Dimana, merupakan sebuah penyebutan dalam sebuah peperangan yang dilkukan sebagai salah satu bentuk pemecahan masalah yang dilakukan oleh sebuah marga yang pernah terjadi di masa lalu.

Mata pencaharian dari penduduk ini adalah pertanian yang meliputi berbagai macam umbi-umbian, keladi, talas, sayur mayur, daun pepaya, terong dan masih banyak lagi. Ada juga dari perkebunan yang biasanya kamu bisa menemukan sagu, lemon, mangga. Dari sektor perikanan pun kamu bisa melihat begitu banyak tangkapan ikan yang dijual disini.

Cara Menuju ke Ohoi Letman

Menuju ke Ohoi letman memang tidak mudah, karena di kawasan ini memang belum ada Bandara yang bisa memudahkan perjalanan kamu. jadi, kamu bisa naik pesawat terlebih dahulu menuju ke Ambon. kemudian, kamu bisa memulai perjalanan laut menuju ke pulau ini.

Sumber: Instagram @yantini

Untuk waktu tempuhnya sendiri mulai dari 5 jam sampai 7 jam lamanya. Waktu yang tidak singkat memang. Apalagi, kalau dalam perjalanan kamu dihadapkan pada cuaca buruk. perjalanan akan lebih lama lagi, atau bahkan bisa saja di batalkan. Sungguh perjuangan yang tidak mudah memang menuju ke tempat ini.

Esoktisme Ohoi Letman

Salah satu eksotis yang bisa kamu tangkap langsung adalah pesona pantainya. Dimana, kamu bisa bermain-main dengan pantai pasir putih yang tampak mengesankan. Pantai-pantai ini seakan menjadi ucapan selamat datang bagi semua wisatawan yang hendak datang ke kawasan ini.

Sumber: Youtube @Denny Howman

Bagi kamu yang datang ke tempat ini. Jangan lupa untuk booking penginapan terlebih dahulu. kalau tidak salah, saat ini ohoi letman sudah punya satu penginapan yang bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat. Perjalanan yang tampak sulit membuat kamu harus tinggal di tempat ini untuk beberapa hari.

Karena, menikmati Ohoi letman tidak bisa hanya satu atau dua hari saja, Kamu juga bisa menikmati ggazebo di tengah laut yang menjadi ikon tak terlupakan dari Letman. Kamu juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling menikmati pesona yang tersaji disini.

Berkeliling ke beberapa Gugusan Pulau

Kurang afdol rasanya, bila kamu hanya duduk-duduk dipantai dan menikmati pemandangan air laut yang biru begitu saja. Oleh karena itum sewalah perahu kano yang bisa digunakan untuk 6 sampai 8 orang. Kemudian, berkelilinglah ke seluruh gugusan pulau ini.

Sumber: keitourism.com

Waktu terbaik untuk menikmati semua pemandangan yang mempesona ini adalah sore hari. Dimana, tidak hanya air lautnya yang biru, atau kapal nelayan yang mondar-mandir kesana-kemari. Melainkan, pesona senja yang super romantis bisa kamu nikmati. Sungguh momen yang romantis yang bisa kamu lepaskan bersama dengan orang yang kamu cintai,

Cita rasa kuliner

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa Ohoi Letman bermata pencaharian sebagai petani ladang, dan perikanan. Untuk urusan makan kawasan ini tidak usah ditanya lagi. Pasti mempunyai ragam menu yang enaknya menggoda dan tidak akan pernah kamu lupakan.

Sumber: flickr.com

Apalagi, dengan olahan-olahannya yang benar-benar nikmat. Bumbu-bumbu khas dan didukung dengan berbagai bahan yang fresh membuat menikmati kuliner di tempat ini adalah sebuah kewajiban. Kamu juga bisa lho, ikut warga sekitar untuk membuat beberapa menu makanan yang dijamin membuat kamu nagih dan ingin makan lagi dan lagi.

Kesimpulan

Ohoi Letman adalah kawasan wisata di Maluku Tenggara yang harus lebih diperhatikan lagi. Potensi wisatanya sangat besar. Bila bisa dikelola dengan baik. Pasti menjadi sesuatu yang menarik untuk dikunjungi. Jadi, sudah siapkah kamu menuju ke Ohoi Letman? Semua yang disajikan disini membuat kamu ingin tinggal lama disini lho.

The post Ohoi Letman, Surga Wisata di Maluku Tenggara appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment