Menang Pilgub di Lima Daerah, Demokrat Mengaku Gembira dengan Hasil Pilkada Serentak

Politik

Partai Demokrat mengaku tengah berada pada performa terbaik dalam gelaran Pilkada Serentak 2020 ini.

Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah kemenangan pada kontestasi Pilgub. Mengacu data terakhir, perkembangan terkini ada tambahan kemenangan Kader Partai Demokrat pada Pilgub Kalimantan Tengah pasangan Ben Brahim dan Ujang Iskandar.

“Perkembangan terkini ada tambahan kemenangan Kader Partai Demokrat pada Pilgub Kalimantan Tengah pasangan Ben Brahim dan Ujang Iskandar,” kata Sekretaris Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani dalam keterangan, Jumat, (11/12/2020).

Dengan ini, kata Kamhar, Demokrat, memperoleh lima kemenangan atau sebesar 56% dari seluruh Pilgub yang diikuti.

Menurut Kamhar, ini adalah capaian yang membanggakan dan berkualitas dengan berhasil memenangkan kader.

“Sebelumnya hanya memperoleh kemenangan di empat daerah Pilgub yang dua diantaranya adalah Kader Partai Demokrat yaitu Pilgub Kalimantan Selatan pasangan Denny Indrayana dan Difriadi, Kalimantan Utara pasangan Zainal A. Paliwang dan Yansen T. Padan. Sementara dua kemenangan lainnya non kader pada Pilgub Bengkulu Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah, dan Pilgub Sulawesi Tengah pasangan Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir,” tutur Kamhar.

Kamhar melanjutkan, hasil Pilkada serentak untuk kabupaten dan kota juga tak kalah menggembirakan.

Utamanya di provinsi-provinsi strategis yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tiga provinsi ini mewakili 32 daerah pemilihan nasional atau 40% jumlah Dapil nasional.

“Pilkada kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat memperoleh kemenangan sebesar 62,5% yaitu lima kemenangan dari delapan Pilkada yang diikuti, masing-masing di Kabupaten. Bandung, Kabupaten. Sukabumi, Kabupaten. Karawang, Kabupaten. Pangandaran, dan Kota Depok,” jelas Kamhar.

Sedangkan untuk pilkada kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah memperoleh kemenangan di sebelas daerah Pilkada dari lima belas Pilkada yang diikuti atau sebesar 73%, yaitu Kabupaten. Semarang, Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten. Grobogan, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten . Wonosobo, Kota Magelang, Kabupaten. Kebumen, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Sragen.

“Pilkada kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur memperoleh kemenangan sebesar 72%, tiga belas kemenangan dari delapan belas Pilkada yang diikuti, yaitu Pilkada Kabupaten. Pacitan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Situbondo, Kab. Sumenep, Kabupaten. Jember, Kabupaten Malang, Kabupatem Trenggalek, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten. Tuban, Kabupaten Lamongan. Kabupaten Gresik, Kabupaten Kediri, dan Kota Blitar,” jelas Kamhar.

Kamhar menegaskan, persentase kemenangan yang tinggi di tiga provinsi strategis ini, hingga mencapai 69% tentunya membanggakan dan memiliki arti penting yang bernilai strategis bagi Partai Demokrat.

“Kami menganut konsep tiga pilar sukses Pemilu yaitu sukses Pilkada, sukses Pileg dan sukses Pilpres, ketiganya secara empiris berkorelasi erat dan memiliki hubungan timbal balik yang kuat. Karenanya Sukses Pilkada ini membangkitkan optimisme akan kesuksesan Pemilu 2024, Pileg dan Pilpres. Capaian ini akan mengobati keterpurukan hasil Pileg 2019 yang lalu, utamanya di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur,” tandas Kamhar. (sumber)

Related posts

Leave a Comment