Memory of Lubuak Bonta West Sumatra

Parsosbud

Lubuak Bonta adalah salah satu destinasi wisata yang sempat hitz. Namun kini kondisi dari destinasi tersebut cukup memprihatinkan. Bahkan pengunjung yang datang sangat sedikit.

Destinasi wisata ini merupakan sebuah air terjun yang tidak terlalu tinggi dan arusnya tidak begitu lebar. Tepat di bawah aliran air terjun terdapat sebuah kolam yang cukup luas. Kolam dengan kedalaman ±5 meter tersebut juga tidak terlalu dalam dan air dalam kolam sangat tenang.

Karena itulah pengunjung selalu berenang atau mandi dalam kolam tersebut. Oleh karena itu, destinasi wisata ini disebut juga dengan destinasi wisata pemandian alam. Karena kolam dari air terjun selalu dijadikan sebagai tempat pemandian alam.

Memory Lubuak Bonta

Padahal dahulu destinasi wisata tersebut menjadi destinasi wisata favorit setiap orang. Tempat itu pun selalu ramai, bahkan pada musim liburan pengunjung yang berdatangan selalu menyebabkan kemacetan di jalan.

Lubuak Bonta sangat populer sekitar tahun 1980 – 1990an. Setiap remaja, anak – anak serta orang tua pada masa itu, selalu menjadikan pemandian sumber mata air untuk traveling. Fasilitas yang tersedia di destinasi wisata tersebut juga sangat lengkap dan memadai. Semua orang pun bersenang – senang menikmati pesona dari destinasi pemandian alam tersebut.

Sumber Gambar: superadventure.co.id

Sedangkan untuk kondisi Lubuak Bonta saat ini sangat berbanding terbalik dengan kondisi pada masa sekitar tahun 80 / 90an. Tidak ada faktor cukup kuat yang menyebabkan tempat tersebut secara perlahan – lahan diabaikan.

Berdasarkan informasi sebagian besar orang lebih memilih untuk mengunjungi tempat wisata dengan konsep modern. Namun hal tersebut cukup masuk akal, dengan perkembangan teknologi, budaya seiring masa membuat pola pikiran setiap orang berubah secara dinamis.

Walaupun tempat wisata ini cukup sepi, bukan berarti tidak dikunjungi sama sekali. Ada beberapa orang yang berkunjung ke Lubuak Bonta ini. Sebagian besar pengunjung merupakan orang tua yang lahir pada tahun 70 / 80an. Sebagian besar dari pengunjung pun sangat menyayangkan akan kondisi Lubuak Bonta saat ini. Padahal kondisi alam tersebut sangat apik, asri dan sempurna.

Sumber Gambar: udaindra.blogspot.com

Apalagi destinasi wisata alam ini juga masih menjadi buruan para remaja. Karena itulah sangat mengherankan jika destinasi wisata ini telah tidak populer lagi. Padahal pengelolaan dari tempat tersebut sangat baik dengan fasilitas yang sangat memadai.

Namun hal tersebut kembali lagi ke sumber informasi yang menyebabkan tempat ini sangat sepi. Di sekitar wilayah memang terdapat destinasi wisata alam lain. Semua orang pun lebih memilih untuk mengunjungi destinasi wisata lain yang masih dalam satu wilayah dengan Lubuak Bonta.

Lokasi Lubuak Bonta Sumatera Barat

Destinasi wisata pemandian alam Lubuak Bonta terdapat di Kapalo Hilalang, Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Lokasi tersebut memang bukan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Tetapi tidak terlalu jauh dari pusat kota. Hanya membutuhkan waktu sekitar ±30 menit dari pusat kota Padang Panjang. Sedangkan dari arah Ibukota Padang hanya memerlukan waktu selama ±60 menit atau satu jam.

Kondisi lalu lintas cukup lancar dan tidak pernah terdapat suatu kemacetan, kecuali jika terjadi suatu kecelakaan atau perbaikan jalan. Hal ini terjadi karena Lubuak Bonta mempunyai pengunjung yang cukup sedikit.

Keunikan Destinasi Wisata Alam Lubuak Bonta

Di samping kondisi dari kondisi Lubuak Bonta yang tergolong sepi, tempat ini mempunyai beberapa keunikan. Keunikan tersebut merupakan suatu hal yang membuat destinasi wisata ini patut untuk dikunjungi.

Keunikan Lubuak Bonta antara lain sebagai berikut ini :

1. Air sangat jernih

Kondisi air di tempat ini sangat jernih dan bersih. Hal tersebut membuat air dalam kolam cukup aman untuk diminum secara langsung. Dengan kondisi air sangat jernih, aliran air dari sumber mata air Lubuak Bonta dimanfaatkan sebagai pasokan sumber mata air sebuah industri. Industri tersebut memproduksi air minum kemasan dan menggunakan air yang berasal dari Lubuak Bonta tersebut.

Sumber Gambar: padangpariamankab.go.id

Hal tersebut tentu saja dengan dilakukan suatu penelitian terlebih dahulu. Serta menguji coba dari air tersebut. Dengan air yang sangat jernih dan tidak perlu diragukan lagi, warna kolam nampak seperti hijau tosca. Warna tersebut berasal dari dasar kolam yang dipenuhi dengan tumbuhan air.

2. Dihuni ikan – ikan kecil

Selain dimanfaatkan sebagai industri air minum kemasan, kolam Lubuak Bonta menjadi habitat dari beberapa species ikan kecil. Belum diketahui secara pasti dari species ikan tersebut. Tetapi dari bentuk ikan sangat mirip dengan ikan garra rufa.

Ikan garra rufa sering disebut sebagai ikan dokter, ikan penggigit dan lain – lain. Ikan tersebut akan langsung menghampiri kaki yang telah dimasukkan ke dalam kolam. Lalu puluhan ikan berbondong – bondong mengelilingi kaki dan menggigitnya.

Meskipun serasa menggigit kaki, bukan berarti ikan tersebut akan memakan kaki sepenuhnya. Tetapi ikan hanya memakan bakteri – bakteri yang terdapat pada kaki. Terutama bakteri yang menyebabkan kaki pecah – pecah dan kemerahan. Ikan tersebut juga dimanfaatkan dunia medis untuk terapi kaki. Banyak juga tersedia di berbagai tempat spa.

3. Suhu air kolam

Sumber Gambar: ngadem.com

Suhu air di Lubuak Bonta cukup dingin. Oleh sebab itu pengunjung pun tidak berniat untuk berendam di dalam kolam. Apalagi tidak tersedia ruang bilang maupun toilet yang layak pakai. Hal yang lebih lagi, suhu air dapat menyebabkan hipotemia. Maka dari itu, sebaiknya kunjungi destinasi wisata ini pada siang hari, sebab pada siang suhu air tidak terlalu dingin. Namun akan terasa segar dengan cuaca siang yang cukup panas.

4. Puing bangunan yang tidak terawat

Di destinasi wisata ini terdapat jajaran bangunan. Bangunan tersebut bukan tergolong bangunan tua, karena hanya berumur sekitar 20an. Namun bangunan tersebut sangat menyerupai dengan bangunan tua. Sebab sama sekali tidak terawat penuh dengan tumbuhan liar dan berlumut. Bangunan tersebut berupa sebuah bangunan yang pada dasarnya merupakan fasilitas penunjang di tempat wisata tersebut. Bangunan tersebut meliputi jajaran tangga, jalur setapak yang telah di paving, ruang bilang, toilet, tempat pembelian tiket dan lain – lain. Dengan adanya bangunan – bangunan yang masih berdiri tersebut merupakan satu – satunya kenangan dari destinasi wisata alam Lubuak Bonta.

Kondisi Lubuak Bonta Saat Ini

Sumber Gambar: Google Maps @gino mardianto

Meskipun destinasi wisata ini pernah populer dan sempat terpuruk, namun pengelola tempat tersebut melakukan renovasi over all. Sehingga bukan lagi menjadi tempat bekas, namun telah berubah menjadi tempat wisata yang apik dan teratur. Pengunjung pun telah ramai berdatangan ke destinasi wisata tersebut.

Itulah review mengenai destinasi wisata pemandian alam Lubuak Bonta. Tempat wisata tersebut merupakan salah satu tempat wisata yang sempat populer. Sayangnya kepopuleran dari tempat tersebut tidak berlangsung lama dan kini berubah menjadi tempat yang penuh dengan kenangan akan sisa – sisa berbagai macam fasilitas yang tersedia. Kini tempat tersebut telah direnovasi dan kembali menjadi lubuak bonta kembali menjadi tempat wisata favorit.

The post Memory of Lubuak Bonta West Sumatra appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment