Melihat Panorama Jawa Tengah Dari Puncak Gunung Sindoro Via Kledung

Parsosbud

Gunung Sindoro menjadi salah satu Gunung di jawa Tengah menjadi favorit bagi para pendaki. Dengan ketinggian kurang lebih 3153 yang terletak di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Pesona di atas puncaknya memang sangat mengesankan. Semua lelah dan penatmu selama pendakian akan terbayar lunas.

Julukan untuk tempat ini adalah triple S. Dimana, tidak jauh dari sini, ada Sumbing dan Slamet yang juga menarik untuk didaki. Bagi pendaki profesional, mereka biasanya akan mendaki 3 gunung ini sekaligus. Kurang lebih membutuhkan waktu satu minggu mengingat treknya yang mengesankan.

Menuju Ke Basecamp Via Kledung

Sumber Gambar: yanacircle.com

Menuju Basecamp Via Kledung terletak di Kabupaten Temanggung. Kamu bisa naik bus dan turun di Terminal Temanggung. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan mobil atau angkot yang bisa kamu carter. Harganya mulai dari 400 ribu sampai 700 ribu rupiah untuk pulang pergi. Lebih hemat bila kamu memilih jasa tour and travel yang biasanya memberikan harga yang murah.

Untuk harga simaksinya 15 ribu rupiah per orang. Bagi yang membawa kendaraan bermotor, kamu akan dikenakan tarif parkir 5 ribu rupiah per malam. Fasilitas di Basecamp pun sudah lengkap dengan adanya kamar mandi, mushola, tempat istirahat dan beberapa warung yang menjual makanan dan minuman.

Menuju ke Pos 1, Pos 2, dan Pos 3

Sumber Gambar: ohgunung.blogspot.com

Mulai dari Basecamp menuju ke Pos 1 kamu akan diberikan dua pilihan. Pertama, kamu bisa berjalan kaki sampai ke atas dengan waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam 15 menit dengan pesona ladang-ladang warga sekitar. Tetapi, kalau kamu mau lebih hemat waktu dan tenaga. Ada ojek yang siap mengantarkan kamu menuju ke Pos 1.

Untuk harga ojeknya cukup murah, hanya dengan 25 ribu rupiah saja. Disini, kamu juga bakal disuguhkan dengan warung-warung yang bisa kamu gunakan untuk minum kopi sebelum melanjutkan perjalanan yang sesungguhnya.

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Menuju ke Pos 2, kamu bisa menikmati area hutan yang mempesona. Waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam 15 menit. Dengan kondisi jalan yang belum menguras tenaga, biasanya para pendaki akan melanjutkan perjalanan menuju ke Pos 3. Tetapi, kamu harus siap karena tanjakannya akan lebih seru dibandingkan sebelumnya.

Sayangnya, menuju ke Pos 3 jalannya tidak terlalu lebar hanya cukup untuk dua orang saja. Jadi, bila terjadi papasan dan pendaki didepan kamu berhenti. Mau tidak mau kamu harus ikut berhenti. Waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 2 jam 15 menit lho. Di Pos 3, biasanya ada banyak tenda yang berdiri. Karena, disini area cukup luas dan cukup nikmat untuk bermalam.

Menuju Ke Pos Sunrise Camp, Pos 4 dan Puncak

Sumber Gambar: gunung.id

Selain di Pos 3, kamu juga bisa mendirikan tenda di Sunrise Camp. Dimana, sesuai dengan namanya, kamu bisa melihat matahari terbit dari tempat ini. Menuju ke Sunrise camp hanya perlu memakan waktu 20 menit saja. Tetapi, kurang puas kalau melihatnya di tempat ini.

Kamu bisa menuju ke Pos 4 hingga ke puncak. Dengan medan yang pastinya tidak akan mudah dengan tanah kering, dan bercampur dengan kerikil bercampur batu. Sungguh, tempat ini benar-benar menguras tenaga kamu. Angin yang berhembus kencang juga menjadi salah satu kendala yang harus kamu lewati.

Sumber Gambar: review.bukalapak.com

Kamu bisa sekali-kali berhenti dan melihat betapa indahnya sang fajar yang perlahan tapi pasti mulai menunjukkan keindahannya. Rasa lelah akan tersamarkan seketika. Butuh waktu total 2 jam 45 menit untuk bisa mencapai di atas puncak.

Pesona Puncak Gunung Sindoro

Sumber Gambar: Instagram @masputra_7

Sulitnya menuju Puncak Sindoro akan terbalas dengan pemandangan awan yang terlihat seperti sebuah lautan. Di bagian kanan, kamu bisa menikmati hutan mati yang tidak terlalu luas. Sesekali kamu juga bisa mencium bau belerang yang sangat kuat di Kaldera bagian utara. Bila itu terjadi, tidak ada salahnya untuk berjalan turun.

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Sedikit saran bila kamu berjalan turun tidak semudah yang dibayangkan. Jaga selalu kecepatan dan perhatikan benar langkahmu, karena potensi untuk terjatuh lebih besar bila kamu tidak berhati-hati

Kesimpulan

Gunung Sindoro memang mempunyai pesona mengesankan. Apalagi kalur kledung menjadi jalur yang difavoritkan oleh para pendaki. Jalurnya yang cukup ramah dengan waktu yang cukup singkat. Membuat kawasan ini akan penuh dengan pendaki terutama saat weekend dan waktu-waktu tertentu. Jadi, sudah siap untuk mendaki Gunung Sindoro Via Kledung?

The post Melihat Panorama Jawa Tengah Dari Puncak Gunung Sindoro Via Kledung appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment