Melihat Keindahan Wonosobo Dari Puncak Gunung Sindoro Via Alang-Alang Sewu

Jawa Tengah Parsosbud

Gunung Sindoro dengan ketinggiannya kurang lebih 3153 Mdpl menjadi tempat pendakian favorit bagi para pendaki. Tidak heran bila setiap momen tertentu seperti, momen kemerdekaan dan Tahun Baru selalu menjadi pilihan para pecinta alam. Panorama alamnya yang mengesankan memang susah untuk di tolak.

Ada banyak jalur yang bisa kamu tempuh. Hanya saja, kami mencoba jalur Alang-Alang Sewu. Tempat ini letaknya tidak jauh dari Pos Kledung yang selalu penuh dengan mereka para pemburu matahari terbit. Maklum saja, jalur ini memang baru dibuka yang membuat banyaj orang penasaran.

Menuju ke Basecamp Alang-Alang Sewu

Sumber Gambar: Facebook @Gunung Review

Menuju ke Basecamp Alang-alang sewu tidaklah sulit. Pintu gerbang pertama adalah Terminal Mendolo, Wonosobo. Dari sini, kamu bisa naik mobil pickup dengan harga per orang sebesar 15 ribu rupiah. Bagi yang ingin sekalian pulang pergi, kamu bisa membayar 25 ribu rupiah sampai 30 ribu rupiah.

Basecampnya juga cukup luas dengan berbagai fasilitas seperti tempat istirahat, kamar mandi, mushola dan masih banyak lagi. Untuk harga simaksinya 5 ribu rupiah saja per orang. Selain itu, kamu akan diminta KTP untuk di data. Jangan lupa siapkan dan cek kembali logistik yangada sebelum berjalan naik ke atas.

Menuju ke Pos 1 dan Pos 2

Sumber Gambar: kumparan.com

Berbeda dengan Pos Kledung dan Sigedang yang punya ojek menuju pos 1 dan ada yang sampai pos 2 juga. Disini, kamu harus berjalan menyusuri persawahan warga, pemukiman warga. Kamu bisa sesekali menyapa mereka. Bila beruntung, ada penduduk yang baik dan memberikan kamu makanan atau juga minuman untuk kamu.

Butuh waltu 45 menit untuk tiba di Pos 1. Setelah melewati perkebunan kopi dan alang-aklang yang cukup tinggi. Ada banyak jalan bercabang, untung saja sudah ada papan petunjuk walaupun, hanya kecil saja. Jadi, kamu harus jeli dan teliti ya.

Sumber Gambar: Facebook @Sindoro 3153 Mdpl

Menuju ke Pos 2 kamu bisa menempuh waktu sekitar 40 menit. Dimana, ada mata air yang bisa kamu manfaatkan untuk mengisi persediaan air. Jalur ini ada beberapa pohon tumbang yang tampak terlihat. Jadi, setidaknya kamu harus berjalan merangkak atau melompat ke atasnya.

Menuju ke Pos 3 dan Pos 4

Sumber Gambar: Facebook @Sindoro 3153 Mdpl

Berjalan sampai di Pos 3 butuh perjuangan yang cukup tinggi. Jalur semakin menanjak, nafas sudah mulai habis, kaki sudah mulai pegal. Ditambah lagi banyak sekali alang-alang yang bisa kamu temui sesuai nama jalur pendakiannya. Membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai di lahan yang cukup luas di Pos 3.

Kalau kamu memilih berjalan malam, dari sini kamu sudah bisa melihat keindahan kota Wonosbo yang megah dengan pesona lampunya. Bila berjalan siang hari, kamu akan disuguhkana dengan pesona Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu dan Lawu.

Menuju ke Pos Selanjutnya, memang agak jauh jaraknya kurang lebih 3 jam bahkan ada yang sampai 5 jam. Treknya memang menanjak disertai dengan bebatuan yang terkadang menyulitkan kamu untuk berjalan. Terlebih lagi, bila kamu berjalan malam untuk summit attack. Akan tambah susah karena kadar oksigen yang berkurang dan suhu yang sangat dingin.

Pesona Puncak

Sumber Gambar: Instagram @petualang_an

Semua rasa lelah dari awal perjalanan sampa akhir akan terbayar lunas bila kamu sudah sampai di puncaknya. Dimana, lautan awan benar-benar berkumpul dan membentuk seperti sebuah Samudera. Dereta Pegunungan yang di Pos 3 hanya terlihat kecil. Saat ini tampak begitu megah dan mewah di depan mata.

Sumber Gambar: ihategreenjello.com

Apalagi, kalau kamu datang tepat disaat sinar fajar sedang muncul dari bawah. Pesona langit orangenya benar-benar tampak mengesankan. Menghadirkan pesona siluet di Gunung Sumbing yang terlihat di depan mata. Jangan sampai kamu melewatkan panorama siluet ini ya.

Sumber Gambar: base-camp-sindoro-via-alang-sewu.business.site

Terkadang kamu juga bisa mencium bau belerangnya. Hati-hati kalau kamu turun ke bawah. Waktu yang ditempuh kurang lebih 4 jam sampai 6 jam lamanya. Tergantung dengan kecepatan kamu turun. Tetapi, disarankan untuk hati-hati agar tidak terjatuh dan jangan lupa untuk bawa sampahnya lagi ke bawah ya.

Keimpulan

Gunung Sindoro Via Alang-Alang Sewu memilki jalur alang-alang yang sangat banyak. Jadi, siapkan diri kamu ya. Pemandangannya pun tidak akan pernah bisa kamu lupakan. Apalagi, dengan tanjakan-tanjakannya yang benar-benar mengesankan. Jadi, sudah siap belum menandaki jalur ini?

The post Melihat Keindahan Wonosobo Dari Puncak Gunung Sindoro Via Alang-Alang Sewu appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment