Melihat Keindahan Magelang Dari Puncak Andong Via Gogik

Jawa Tengah Parsosbud

Gunung Andong dengan ketinggian 1726 Mdpl. Menjadi salah satu pendakian terfavorit bagi mereka yang ingin belajar mendaki. Ada banyak jalur pendakian yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah Via Gogik yang menjadi titik pendakian teramai setelah sawit. Pemandangannya cukup menawan dengan trek yang masih tergolong ramah.

Waktu tempuh menuju ke atas kurang lebih 2 jam sampai 4 jam lamanya. Tergantung dari kecepatan kamu berjalan. Bagi kamu yang ingin belajar mendaki, disarankan untuk tidak mendaki pada malam minggu. Karena, tempat ini akan ramai yang membuat laju perjalanan kamu sedikit tergantung.

Menuju Ke Basecamp Gogik

Menuju Basecamp Gogik atau biasa disebut dengan Giri Dwipa. Kamu bisa masuk ke daerah kopeng terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa carter mobil yang akan mengantarmu ke Basecamp. Untuk harga simaksinya kamu hanya perlu membayar 10 ribu rupiah saja. Ditambah dengan uang parkir sebesar 5 ribu.

Fasilitas di Basecamp ini cukup lengkap dengan berbagai fasilitas. Meliputi, warung, tempat untuk istirahat, kamar mandi, mushola, semuanya terawat dengan baik. Setelah mengurus semua administrasi dan dilakukan pendataan. Kamu bisa naik ke puncaknya yang terlihat menawan dari bawah sini.

Menuju Ke Pos 1

Sumber Gambar: akuceritaperjalananku.blogspot.com

Menuju ke Pos 1, kamu akan melewati rumah warga terlebih dahulu. Setelah 10 menit, barulah masuk ke area hutan. Menariknya di jalur Gogik adalah trek yang harus kamu lalui menuju ke Pos ini masih cukup landai dan tidak terlalu menguras banyak tenaga. Waktu yang ditempuh kurang lebih 45 menit.

Dimana, disana ada bangku yang terbuat dari bambu. kamu bisa duduk dan mengatur nafas untuk perjalanan menuju ke pos 2. Area hutan ini cukup asri dan menyenangkan. kadang, kamu juga bertemu para pendaki yang hendak turun. Biasanya, bagi mereka yang turun, pos ini hanya sekedar lewat saja.

Menuju ke Pos 2

Menuju ke Pos 2, kamu akan memasuki kawasan hutan pinus. Udara disini sangat sejuk dengan udara dingin yang sudah mulai terasa. Bila pada malam hari, udara yang dirasakan bisa sampai 5 derajat celcius. Oleh karena itu disarankan menggunakan jaket yang cukup tebal.

Sumber Gambar: Wish Qatar

Jalurnya didominasi dengan tanah. Kalau datang saat musim kemarau, kondisinya berdebu karena angin yang berhembus juga cukup kencang. Jadi, disarankan untuk pakai masker dan kaca mata. Bisa saja, debu ini akan masuk melalui mata. Nah, bila dimusim penghujan jalanan ini akan sangat licin. Sehingga, kesempatan untuk jatuh akan terbuka lebar.

Sumber Gambar: phinemo.com

Waktu tempuh dari pos 1 menuju ke pos 2 kurang lebih 45 menit. Biasanya di pos 2, banyak pendaki yang akan mengambil bekal dan menikmatinya. jadi, agak maklum biala waktu yang dibutuhkan disini cukup lama. Hampir 1 jam lamanya. Dis pos ini kamu juga akan disuguhkan dengan bangku panjang yang bisa kamu manfaatkan untuk duduk dan beristirahat.

Menuju Puncak

Sumber Gambar: borobudurnews.com

Ada lima puncak yang bisa kamu nikmati di Gunung Andong. Bagi kamu yang ingin camping. Ada puncak alap-alap yang biasa digunakan para pendaki. Bila ingin memacu adrenalin lebih ganas lagi, kamu bisa pergi ke Puncak Jiwa. Dimana, jalanan yang harus kamu lalui hanya cukup untuk satu orang saja.

Sumber Gambar: penjelajah.com

kanan dan kiri yang akan saksikan adalah jurang yang menganga. Angin yang berhembus sangat kencang bila sudah sampai ke tengah-tengah. Hal ini akan mempengaruhi keseimbangan kamu. Jadi, harap berhati-hati.

Sumber Gambar: mytrip.co.id

Banyak puncak yang bisa kamu lihat dari sini mulai dari Sindoro, Sumbing, Slamet, Lawu, prau, ungaran, telomoyo, dengan lautan negeri diatas awannya yang sangat meakjubkan. Bila kamu camping disini, kamu bisa melihat pemandangan malamnya yang benar-benar membuat matamu sulit berkedip. Keindahannya memang diluar batas, apalagi pesona milky waynya.

Kesimpulan

Gunng Andong via Gogik bisa menjadi salah satu alternatif pendakian mendaki. Banyaknya yang menggunakan tempat ini membuat perjalanan kamu terasa menyenangkan. Jadi, sudah siap menjeljah andong Via Gogik. Jadi, sudah sia untu menjelajaahnya. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan terutama sampah. Bawalah dan buangalah pada tempatnya.

The post Melihat Keindahan Magelang Dari Puncak Andong Via Gogik appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment