Melihat Keindahan Kabupaten Semarang Dari Puncak Gunung Ungaran Via Gedong Songo

Jawa Tengah Parsosbud

Gunung Ungaran menjadi tempat yang paling menarik untuk kamu kunjungi bila berada di Kabupaten Semarang. Setidaknya, ada tiga puncak yang bisa kamu temui yaitu Gendol, Botak dan yang paling tinggi dengan ketinggian 2050 mdpl adalah Ungarannya sendiri. Ada banyak jalur pendakian yang bisa kamu tempuh.

Tetapi, kali ini kami akan mencoba jalur pendakian yang tidak resmi. Mengapa kami berani? Karena, jalur ini juga sering menjadi alternatif bagi para pendaki untuk naik ke Ungaran. Penasaran bagaimana jalurnya dan apa saja yang akan kamu temui. Mari kita lanjutkan pendakiannya di bawah ini.

Menuju Ke Basecamp Gedong Songo

Basecamp Gedong Songo terletak di kawasan Objek wisata Gedong Songo. Tepatnya berada di antara Candi Gedong 2 dan 3. Kamu tidak akan dikenakan harga simaksi. Melainkan, akan dikenakan harga tiket masuk candi Gedong Songo. yang saat ini mencapai 40 ribuan.

Sumber Gambar: tribunnewswiki.com

Untuk area parkir, kamu bisa menitipkannya di rumah-rumah warga dengan harga per malamnya 10 ribu rupiah. Nah, karena buka jalur resmi oleh karena itu kamu tidak akan menemukan pos atau rumah sebagai basecamp. Hanya saja, kamu bisa menemukan papan petunjuk jalur pendakian. Walaupun, bukan sebagai jalur resmi. Namun, banyak pendaki yang memulai dari titik ini. Karena, menurut mereka mempunyai tempat ini dekat dengan objek wisata yang mempunyai jalur nan indah.

Jalur Pendakian

Sumber Gambar: Instagram @risaaanursafitri

Pendakian Gunung Ungaran memang menarik untuk dijelajahi, hanya saja menuju ke atas kamu tidak akan menemukan pos-pos. Jadi, kamu harus menemukan pos kamu sendiri. Waktu perjalanan kurang lebih 4 jam sampai 5 jam.

Pada awal pendakian, kamu akan menyusuri ladang warga. Banyak bebatuan dan pasir yang rawan longsor. Hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat bahaya suatu tempat. Tetapi, kalau kamu berhati-hati dan mematuhi isntruksi dari guide. Semua akan aman-aman saja. Kalau kamu mendaki di musim kemarau, kamu harus membawa masker. Karena, disini ada banyak debu yang bertebaran dimana-mana. Awal perjalanan ini memang cukup berat. Sehingga, disarankan untuk tidak terburu-buru dan lebih baik berhati-hati.

Sumber Gambar: dolanyok.com

Selanjutnya, kamu akan disuguhkan dengan jalur mengelilingi bukit. Dengan trek yang datar. Dari atas bukit ini, kamu bisa melihat betapa indahnya Kota Ambarawa dari atas puncak. Selain itu, ada juga objek wisata Rawa Pening yang tidak kalah menakjubkan.

Setelah melewati alang-alang, kamu bisa masuk memasuki hutan. Dimana, perjalanan akan dipenuhi dengan lereng-lereng terjal. Di kawasan hutan ini, kamu bisa melihat begitu banyak burung yang bertebangan kesana-kemari. Di sini pula kamu sudah bisa merasakan rasanya ketenangan dan kedamaian.

Kamu juga bakal disuguhkan dengan pesona bunga edelweis lho. Pemandangan yang luar biasa dan tidak salah mengambil sedikit resiko untuk pesona yang menawan ini. Tidak lama dengan pemandangan yang megah, kamu akan disuguhkan dengan panorama perjalanan terjal. Dimana, ada banyak akar pohon, dan bebatuan yang harus kamu tempuh.

Puncak

Sumber Gambar: delapanmataangin.com

Kurang lebih 30 menit, kamu bisa menikmati keindahan puncak di Gunung Ungaran. Semua rasa lelah akan terbayar. Banyak pesona Gunung yang bisa kamu lijat dari sini. Mulai dari Sindoro, Sumbing, Slamet. Telomoyo, merbabu, dan merapi. Ada juga Andong yang tampak mungil.

Sungguh pesona yang sulit dilupakan. Bagi kamu yang hendak pergi ke puncak, jangan lupa bawa perlengkapan berupa perbekalan. Karena, disini kamu tidak akan menemukan warung yang bisa kamu gunakan untuk membeli air minum. Makanan pun juga penting untuk tenaga.

Sumber Gambar: pendaki.id

Jalurnya yang memang terjal membuat kamu lebih baik berhati-hati. Karena, fisikmu akan benar-benar diuji. Bila terlalu capek, akan sangat berbahaya malahan akan gagal menuju ke atas puncak.

Kesimpulan

Biasanya, para pendaki akan menikmati panorama objek wisata Candi Gedong Songo terlebih dahulu. Panoramanya memang sulit untuk ditolak. Apalagi, disini ada kolam air panas. Lumayan untuk kamu yang lelah, mandi di kolam air panas, bisa menghilangkan sedikit pegal-pegal.

Bagaimana dengan Gunung Ungaran Via Gedong Songo. Mengesankan dan menengangkan bukan? Jadi, kapan nih kamu akan naik ke puncaknya. Tetapi, jangan lupa untuk membawa pulang kembali sampahnya ya.

The post Melihat Keindahan Kabupaten Semarang Dari Puncak Gunung Ungaran Via Gedong Songo appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment