Malam Minggu, Kapolres Trenggalek Pimpin Langsung Operasi Yustisi

Ronda

Polres Trenggalek – Menyikapi perkembangan terkini penyebaran Covid-19 dimana kabupaten Trenggalek telah dinyatakan masuk zona merah, jajaran Polres Trenggalek kembali menggelar penertiban protokol kesehatan dan operasi yustisi.

Tak tanggung-tanggung, operasi gabungan yang melibatkan personel Polri, TNI dan Satpol PP ini dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. Sabtu, (23/1).

AKBP Doni menuturkan, malam akhir pekan memang menjadi perhatian tersendiri dimana aktivitas masyarakat cenderung meningkat. Sebagian masyarakat biasanya memadati beberapa lokasi  khususnya pusat perbelanjaan maupun wisata kuliner yang memang banyak tersebar di kota tempe kripik ini.

Tak ayal, meningkatnya aktivitas ini berpotensi menimbulkan kerumunan yang dapat turut berpengaruh pada meningkatnya penyebaran Covid-19.

“Polres Trenggalek bersama jajaran dan stake holder lainnya menggelar operasi yustisi ini untuk memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan bener-benar dijalankan secara ketat guna menekan laju penyebaran Covid-19” Ujar AKBP Doni.

Tak sekadar berpangku tangan, perwira menengan alumni Akpol tahun 2000 ini juga turun tangan bersama anggotanya memantau langsung jalannya operasi. AKBP Doni juga tak segan-segan menegur warga yang kedapatan abai protokol kesehatan.

Masih kata AKBP Doni, ancaman bahaya Covid-19 adalah nyata. Pihaknya mengingatkan bahwa Keputusan Bupati Trenggalek tentang PPKM masih berlanjut. Demikian pula dengan regulasi tentang disiplin protokol kesehatan juga masih berlaku.

“Kita optimis bisa keluar dari Zona merah. Butuh kepedulian, komitmen dan gotong royong dari kita semua untuk bersama-sama menangkal penyebaran Covid-19 ini. Selalu patuhi protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak aman dan hindari kerumunan.” Ucapnya.

Sementara itu Kabagops Polres Trenggalek Kompol Supiyan, S.Sos  menjelaskan, kegiatan penertiban dan operasi yustisi ini digelar serentak se Kabupaten Trenggalek. Khusus untuk wilayah kota, personel gabungan dibagi menjadi dua tim.

Tim pertama menyasar lokasi sepanjang jalan Brigjen Soetran serta angkringan, kafe dan warung di seputaran kelurahan Sumbergedong. Sedangkan Tim kedua melakukan penertiban di area kelurahan kelutan, karangsoko, stadion menak sopal, agro park dan Ngantru.

Penertiban itu sendiri dilaksanakan dengan metode stationer dan hunting system, dimana saat menemukan pelanggaran, petugas akan menindak tegas dengan memberikan sanksi mulai dari teguran tertulis, sanksi sosial hingga sidang ditempat dan dikenakan denda. Demikian pula dengan kegiatan ditingkat kecamatan, sasaran menyesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat.

Dari kegiatan ini, petugas masih menemukan sejumlah warga baik yang sedang nongkrong atau berkendara dengan mengabaikan protokol kesehatan diantaranya tidak mengenakan masker maupun menjaga jarak aman atau physical distancing. Sedikitnya puluhan warga terpaksa dikenai sanksi dan mengikuti sidang ditempat yang digelar secara virtual.

“Kami tegaskan bahwa penertiban dan operasi yustisi ini akan terus digelar secara simultan. Kepada masyarakat Trenggalek kami imbau untuk selalu mentaati protokol kesehatan. Gunakan masker saat beraktifitas, cuci tangan dan physical distancing.” Pungkasnya

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

Leave a Comment