“Lontong Mie” Kuliner Khas Surabaya yang Melegenda

Surabaya

Bangga Surabaya – Kota Surabaya memang memiliki begitu banyak kuliner yang khas dan ikonik. Nah, salah satu kuliner yang legendaris dan ikonik di Kota Pahlawan ini adalah Lontong Mie.

Mungkin banyak orang yang tidak tahu, bahwa Lontong Mie sebenarnya merupakan adaptasi dari Lontong Balap. Bedanya, hanya ditambah dengan mie yang sudah dibumbui.

Komposisi makanan ini sangat sederhana, hanya tauge, tahu, lontong, lento, dan tentunya mie yang kemudian disiram dengan kuah dan petis. Rahasia sedapnya makanan satu ini terletak pada petisnya.

Salah satu tempat yang legendaris dan menyuguhkan banyak makanan jadul adalah Pasar Atom. Tentunya orang Surabaya pasti sudah mengenal Pasar Atom karena selain menjadi pusat perbelanjaan, pasar ini juga menjadi salah satu destinasi kuliner favorit di Surabaya.

Salah satu penjual Lontong Mie di Pasar Atom adalah Siti Aisyah. Siti merupakan penjual Lontong Mie generasi ketiga. Ia mewarisi resep Lontong Mie itu dari nenek dan ibunya.

“Saya sudah 15 tahun berjualan di sini. Sebelumnya nenek dan ibu saya yang berjualan. Jadi saya generasi ketiganya,” kata Siti saat ditemui Tim Bangga Surabaya, Rabu (2/12/2020).

Lontong Mie, salah satu kuliner legendaris di Surabaya (Foto: Dini / Egga)

Namun, Siti mengaku, di tengah pandemi saat ini pendapatannya menurun. Ini berbeda dengan sebelum pandemi terjadi.

“Kalau corona seperti ini, sepi sekali. Sebelum corona itu rame pol, sampai penjualnya aja nggak kelihatan,” lanjut Siti.

Selain Lontong Mie, Siti juga menjual Bubur Madura yang juga menjadi favorit para pecinta kuliner. Bubur Madura sendiri memiliki berbagai macam isi. Seperti bubur talam, bubur sumsum, bubur beras yang dicampur kelapa, mutiara, srintil, ketan hitam, serta santan kelapa yang di atasnya diberi larutan gula merah.

Penyajiannya pun masih sangat tradisional dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya, sehingga rasanya masih sangat khas.

Harga satu porsi Lontong Mie adalah Rp 15 ribu. Sedangkan satu porsi Bubur Madura dihargai Rp 10 ribu. Lontong Mie dan Bubur Madura Siti Aisyah sendiri dapat ditemukan di Sentra PKL Pasar Atom Tahap III, buka dari pukul 10.00 hingga pukul 16.30 WIB.

 


Penulis: Dini Rochmani, Egga Alvionita

Sumber : Pemkot Surabaya

Related posts

Leave a Comment