LANTIK 5 ORANG PAW, KETUA KPU RI INGATKAN TRANSPARANSI, PROFESIONALITAS, INTEGRITAS & TEAMWORK

Politik

Ketua KPU RI, Arief Budiman Melantik Pengganti Antarwaktu (PAW) Anggota KPU Kabupaten KPU Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara Periode 2018-2023 dan Kabupaten Kutai Kertanegara Provinsi Kalimantan Timur Periode 2019-2024 hari ini (Senin, 9/11).

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Arief Budiman melantik 5 orang Pengganti Antarwaktu (PAW) Anggota KPU Kabupaten secara virtual hari ini (Senin, 9/11). Pada kesempatan ini Arief ingatkan pentingnya transparansi, profesionalitas, integritas dan teamwork.

Mengawali sambutannya Ketua KPU RI menjelaskan bahwa KPU selalu berupaya agar pemilu maupun pemilihan kepala daerah dari waktu ke waktu diselenggarakan dengan lebih baik. “Untuk itu kepada terlantik maupun Anggota KPU lainnya mengingat 4 hal ini. Yakni, bekerja secara transparan, bekerja secara profesional, bekerja dengan sebuah teamwork yang bagus, jaga integritas anda, maka akan menghasilkan pemilu yang berkualitas dan kepercayaan publik akan tumbuh,” tutur Arief (9/11/2020).

Lebih lanjut, Arief menerangkan jika KPU lembaga yang unik, pengambilan keputusannya dilaksanakan secara kolektif kolegial, jadi menjadi teamwork yang bagus itu menjadi sangat penting. “Jangan sampai teman-teman yang sudah ada di KPU sekarang terlambat memberikan informasi, terlambat memberikan catatan-catatan penting untuk penyelenggaraan yang sekarang sedang berjalan dan untuk regulasi yang sudah ada sekarang. Berikutnya, untuk teman-teman yang baru saja dilantik, jangan sampai terlambat memahami regulasi yang ada sekarang, tidak ada lagi waktu untuk masih santai dan baru mau belajar, anda sudah harus langsung bergabung dengan anggota KPU yang sudah ada, segera pelajari, segera laksanakan kalau memang sedang melaksanakan pemilihan kepala daerah,” tegasnya.

Mengimbuhkan yang telah disampaikan, Arief menuturkan kepercayaan publik adalah salah satu hal penting dalam pemilu maupun pemilihan.

“Kalau kepercayaan publik itu runtuh terhadap penyelenggara pemilu, maka publik juga tidak akan percaya pada hasilnya. Kalau tidak percaya pada proses pemilu dan penyelenggara pemilunya, konflik akan berkembang dan bisa menjalar kemana-mana. Bapak/ Ibu yang baru dilantik dan untuk Kita semua, mari bekerja dengan  transparansi, integritas, bekerja secara profesional dan teamwork yang bagus karena penting bagi Kita untuk menciptakan pemilu dan pemilihan yang berkualitas, untuk demokrasi dan Indonesia yang lebih baik,” pungkas mantan Komisioner KPU Jatim ini.

Perlu diketahui nama-nama Anggota KPU terlantik yakni, Alfi Hendra sebagai Anggota KPU Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat periode 2018-2023, Maryam sebagai Anggota KPU Kabupaten Bungo Provinsi Jambi periode 2018-2023, Hensly Jooke Pelleng sebagai Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara periode 2018-2023, Joniadi sebagai Anggota KPU Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu periode 2018-2023, Muchammad Amin sebagai Anggota KPU Kabupaten Kutai Kertanegara Provinsi Kalimantan Timur Periode 2019-2024.

Pelantikan dimulai dari pukul 10.00- 11.00 WIB. Pada pelantikan virtual ini, Ketua KPU RI, Arief Budiman yang masih dalam suasana duka mengikuti dari aula kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya. Dengan didampingi Wakabiro SDM KPU RI, Wahyu Yudi Wijayanti beserta staf Biro SDM Setjen KPU RI. Hadir pula dari KPU Jatim antara lain, Ketua, Choirul Anam, Anggota, Muhammad Arbayanto, Insan Qoriawan, dan Rochani.

(AACS)

Related posts

Leave a Comment