KUALITAS PENGUASAAN, PENGELOLAAN, & PELAYANAN INFORMASI PUBLIK HARUS SEMAKIN BAIK

Politik

 

Mojokerto, kpujatim.go.id- Kedepan kualitas penguasaan, pengelolaan, dan pelayanan informasi publik di lingkungan KPU harus semakin baik dan terus melakukan pembenahan. Tegas Komisioner KPU Republik Indonesia, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi pada Rakor Penguatan PPID KPU Provinsi bersama dengan 38 KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur.

Berkesempatan menjadi salah satu narasumber secara virtual pada rakor ini, Dewa mengungkapkan bahwa peran PPID di tengah situasi pandemi saat ini, khususnya dalam konteks penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 menjadi sangat penting dan strategis.

“Fasilitasi dokumen atau data informasi oleh e-PPID Pusat, e-PPID Provinsi dan e-PPID Kabupaten/ Kota sesuai peraturan perundangan menjadi sangat dibutuhkan,” katanya (27/11/2020).

Lebih lanjut, Anggota KPU RI ini mengingatkan dalam penyusunan data dan informasi publik yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan, setiap satker membutuhkan koordinasi antar Divisi dan antar subbagian sebagai Tim Penghubung.

“Tentu kapasitas sumber daya manusia menjadi penting dan Kita sama-sama mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia operator e-PPID,” papar Dewa.

Mengimbuhkan yang telah disampaikan, Dewa mengungkapkan pula bahwa dalam waktu seminggu ini KPU mendapat 2 (dua) penghargaan sekaligus. Pertama, penghargaan Badan Publik Informatif Terbaik I Kategori Lembaga Non Struktural, serta kedua, penghargaan Anggota JDIHN Terbaik I Tahun 2020 Kategori Lembaga Non Struktural.

“Semua ini tentu bukan hal yang serta merta diperoleh oleh KPU RI begitu saja. Tentu ini atas peran semua jajaran yang ada di KPU mulai dari ad hoc, selain itu juga optimalisasi berbagai media yang ada. Harapannya kedepan penguasaan, pengelolaan, dan pelayanan informasi di masing-masing daerah harus semakin baik dan terus melakukan upaya pembenahan,” ujarnya.

Selain Dewa, hadir dari KPU RI menjadi narasumber secara virtual dalam kegiatan ini yakni, Wakil Kepala Biro, Supriatna, yang menyampaikan materi terkait Panduan Penggunaan e-PPID sebagai bentuk Keterbukaan Informasi Publik KPU dan simulasi Penggunaan e-PPID oleh Tim PPID KPU RI, Didi Suhaidi dan Satrio Mahadi.

Rakor Penguatan PPID KPU Provinsi bersama dengan 38 KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur dilaksanakan di Ladang Anggrek, jalan Raden Patah Desa Lebaksono, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto dengan melibatkan peserta yang tediri dari Divisi Sosdiklih; Parmas dan SDM serta Kasubbag Teknis dan Hupmas/ operator e-PPID dari 38 KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur

(AACS)

Related posts

Leave a Comment