KPU JATIM EVALUASI SOSDIKLIH & REALISASI TARGET PARMAS PEMILIHAN SERENTAK 2020

Politik

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam Memberikan Sambutan

Kota Pasuruan, kpujatim.go.id- Usai tahapan pemungutan, penghitungan suara serta rekapitulasi hasil Pemilihan Serentak 2020 selesai diselenggarakan, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) bersama dengan 19 KPU Kabupaten/ Kota melaksanakan evaluasi sosialisasi pendidikan pemilih (sosdiklih) dan realisasi target partisipasi masyarakat (parmas). Evaluasi bertempat di aula kantor KPU Kota Pasuruan, jalan Panglima Sudirman Nomor 119A Kota Pasuruan.

Hadir dalam kegiatan ini Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM serta Sub Koordinator/ staf pada bagian Teknis dan Hupmas atau staf dari 19 KPU Kabupaten Kota.

Sementara itu, nampak hadir dari KPU Jatim yakni, Ketua, Choirul Anam, Divisi Sosdiklih dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro, Divisi Hukum dan Pengawasan, Muhammad Arbayanto. Serta dari KPU Kota Pasuruan hadir Ketua dan Anggotanya.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam mengungkapkan kegiatan Evaluasi Sosdiklih dan Realisasi Target Parmas ini merupakan kegiatan rakor pertama usai dilaksanakannya tahapan pemungutan, penghitungan suara serta rekapitulasi hasil Pemilihan Serentak 2020. “Alhamdulillah Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur berjalan lancar, aman dan kondusif,” tuturnya (17/12/2020).

Lebih lanjut, Ketua KPU Jatim ini menjelaskan bahwa usai tahapan pemungutan, penghitungan suara, serta rekapitulasi hasil pemilihan penting untuk melakukan evaluasi sosdiklih dan realisasi target parmas di masing-masing kabupaten/ kota. “Di Jawa Timur 18 Kabupaten/ Kota mengalami kenaikan parmas, dan menjadi PR bersama ketika ada 1 kota yang mengalami penurunan parmas pada Pemilihan Serentak 2020 ini,” ujar Anam.

Bicara terkait parmas, menurut Anam memang banyak faktor yang mempengaruhi dan tidak hanya bisa dinilai dari satu faktor saja. “Faktor yang mempengaruhi parmas ini misalnya, data pemilih, kontestasi, penyelenggaranya dalam hal ini KPU, minimnya anggaran, minimnya kegiatan sosialisasi dan sebagainya,” jelas Ketua KPU Jatim.

Selanjutnya mengakhiri sambutannya, Ketua KPU Jatim berharap usai tahapan Pemilihan Serentak 2020 selesai dilaksanakan, harapannya ada produk buku atau infografis hasil Pemilihan.

(AACS)

Related posts

Leave a Comment