KOORDINASI KESIAPAN PEMILIHAN SERENTAK 2020, KAPOLDA JATIM KUNJUNGI KPU JATIM

Politik

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam (Kiri) serta Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta (Kanan)

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta melakukan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) jam 2 sore hari ini (Jum’at, 4/12). Kunjungan dalam rangka mengkoordinasikan dan mengecek kesiapan Pemilihan Serentak Tahun 2020 pada 19 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

Kedatangan Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta bersama rombongan Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim mendapatkan sambutan baik dari Ketua dan Anggota KPU Jatim, Choirul Anam, Gogot Cahyo Baskoro, Insan Qoriawan, Miftahur Rozaq dan Nurul Amalia. Serta para kasubbag dan Pejabat Fungsional dari KPU Jatim.

Mengawali kunjungannya ke KPU Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengecek pengamanan oleh Kepolisian di kantor KPU Jatim. Selanjutnya rombongan melakukan koordinasi di ruang rapat lantai I kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Pada kesempatan ini Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menjelaskan maksud dan tujuannya ke KPU Jatim yakni, untuk melanjutkan silaturahim bersama KPU sebelumnya terkait dengan kesiapan Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“Kami berkoordinasi terkait beberapa hal, pertama, mengenai kepastian pengawasan oleh Polri maupun TNI kepada KPU supaya bisa bekerja dengan tepat waktu dan tujuan. Kedua, mengkoordinasikan bersama upaya meningkatkan partisipasi masyarakat pada hari h pemungutan suara. Kami akan bekerjasama dengan Pangdam dan KPU untuk melakukan woro-woro kepada masyarakat supaya nanti masyarakat memberikan haknya pada hari pemungutan suara 9 Desember. Sehingga harapan Kami tingkat partisipasi masyarakat bisa meningkat. Lalu yang ketiga, Kami bersama Pangdam siap membantu KPU apabila ada hal-hal yang membutuhkan back up Kami dengan tujuan Pemilihan nanti bisa berjalan dengan aman dan sukses,” papar Irjen Pol Nico Afinta (4/12/2020).

Menanggapi Irjen Pol Nico Afinta, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menyampaikan

terima kasih kepada Polda Jatim dan Pangdam V Brawijaya atas dukungan dan back up-nya untuk Pemilihan Serentak Tahun 2020. “Semoga Polri, TNI dan KPU terbangun kerjasama dan sinergi yang baik untuk menyukseskan Pemilihan Serentak 2020 di Jawa Timur ini,” kata Anam.

Anam menambahkan bahwa saat ini aktivitas logistik sedang padat-padatnya. Di 19 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur terkait logistik pemilihan maupun kelengkapan APD sudah clear dan tinggal pendistribusian.

“Prioritas logistik Kita salah satunya di daerah Kepulauan seperti Masalembu, Kangean dan sebagainya. Jika dalam kondisi terpaksa, Kami juga menyediakan helikopter untuk distribusi logistik di daerah Kepulauan. Berikutnya, untuk petugas Ad Hoc Kami pastikan sudah mengikuti rapid test, sehingga masyarakat tidak perlu takut datang ke TPS,” tuturnya.

Mengimbuhkan yang telah disampaikan Ketua KPU Jatim, Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menjelaskan bahwa pada rakor seminggu sebelumnya bersama dengan Kabupaten/ Kota, KPU Jatim telah meneguhkan target partisipasi masyarakat Pemilihan Serentak 2020 pada 19 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

“Di Jawa Timur kontestasi politik cukup tinggi, meskipun di 2 Kabupaten, yakni Kabupaten Ngawi dan Kediri ada Calon Tunggal. Namun, Kami tetap optimis partisipasi masyarakat bisa sesuai target karena dukungan Pemerintah Daerah di 2 Kabupaten tersebut cukup tinggi,” ungkap Gogot.

Lebih lanjut, Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq menerangkan jika Kepolisian telah terlibat penuh dalam pengamanan logistik, mulai dari proses pencetakan dan distribusi sekarang ini.”Lalu, untuk distribusi dari kabupaten ke kecamatan, rata-rata dijadwalkan pada tanggal 5,6 dan 7 Desember 2020,” terang Rozaq.

Kunjungan Kapolda Jatim ini berlangsung sekitar 1 jam, dari jam 2 sampai 3 sore.Ujung dari kunjungan ini, Polda Jatim bersama KPU Jatim, Pangdam, Bawaslu Jatim serta pihak terkait lainnya akan membuat whatsapp grup untuk mempermudah komunikasi dan koordinasi jelang hari pemungutan suara yang sudah dekat ini.

(AACS)

Related posts

Leave a Comment