KETUA KPU JATIM HARAPKAN KABUPATEN/ KOTA SERIUS PERSIAPKAN PEMBENTUKAN KPPS

Politik

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim), Choirul Anam mengharapkan KPU Kabupaten/ Kota serius dalam mempersiapkan tahapan pembentukan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara). Demikian disampaikan pada pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Tahapan Pembentukan KPPS dalam Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 di 19 KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur, yang dilaksanakan di aula lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Ketua KPU Jatim menjelaskan bahwa keseriusan dalam mempersiapkan pembentukan KPPS sebagai salah satu badan Ad Hoc Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 ini sangat penting. “Pasalnya, KPPS ini salah satu garda terdepan penyelenggara, yang memfasilitasi pemilih untuk mendapatkan hak pilihnya,” jelas Anam (28/9/2020).

Di sisi lain, akan banyak dibutuhkan personil untuk menjadi KPPS dan Petugas Ketertiban TPS di Jawa Timur. Jika ada 48.600 TPS di Jawa Timur, dikalikan 9 orang (7 KPPS + 2 Petugas Ketertiban TPS), maka ada sekitar 437.400 orang petugas yang akan terlibat dalam agenda besar ini.

Sehingga, Anam menyampaikan kepada KPU Kabupaten/ Kota agar selesai Rakor ini untuk segera bergerak. “Kawan-kawan sesampai di wilayahnya masing-masing harus sudah bergerak. Membuat timeline, target dan sebagainya. Dengan adanya timeline dan target, akan bisa dilihat perkembangan persiapan pembentukan KPPS secara harian. Kalau ada yang bermasalah di lapang, KPU perlu turun, bahkan sampai ke RT atau RW,” papar Ketua KPU Jatim kepada peserta rakor.

Selanjutnya, untuk melihat seberapa jauh pemahaman anggota KPU yang membidangi dan Kasubbag Umlog, di awal rakor ini akan ada pre-test. “Dan untuk mengetahui tingkat pemahaman atas materi yang disampaikan dalam rakor, di akhir rakor nanti akan ada post-test,” katanya.

Rakor dilaksanakan selama dua hari, Senin-Selasa, tanggal 28-29 September 2020. Dengan melibatkan Divisi Sosdiklih; Parmas dan SDM serta Kasubbag Umum dan Logistik dari 19 KPU Kabupaten/ Kota. Dijadwalkan peserta akan mendapatkan beberapa materi, diantaranya mengenai tahapan Pembentukan KPPS, tahapan Pembentukan Petugas Ketertiban TPS.

(AACS)

Related posts

Leave a Comment