JELANG PENDAFTARAN PASLON, KPU JATIM SOSIALISASI PENCALONAN

Politik

Komisioner KPU Jatim saat Pembukaan Sosialisasi Pencalonan Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 (Rabu, 5/8/2020)

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Menjelang tahapan pendaftaran Pasangan Calon tanggal 4 – 6 September 2020 nanti, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) mulai melakukan sosialisasi Pencalonan Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 kepada parpol dan stakeholder. Sosialisasi hari ini (Rabu, 5/8), diselenggarakan di aula kantor KPU Jatim, jalan raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan Menyampaikan Paparan

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam dalam sambutannya menyampaikan jika secara regulasi KPU Jatim tidak berkewajiban melaksanakan sosialisasi Pencalonan, tetapi KPU Kabupaten/ Kota yang berkewajiban melaksanakannya.

“Namun, karena tahapan Pencalonan ini tidak hanya melibatkan Kawan-kawan KPU Kabupaten/ Kota, tetapi juga melibatkan peran-peran koordinasi di level provinsi, maka KPU Jatim menyelenggarakan sosialisasi Pencalonan ini dengan melibatkan parpol dan stakeholder terkait, di level provinsi,” ungkapnya (5/8/2020).

Diimbuhkan oleh Ketua KPU Jatim, salah satu contoh yang masih melibatkan peran di level provinsi misalnya terkait SK Kepengurusan. Ada parpol yang SK Kepengurusannya ini dikeluarkan oleh parpol di tingkat provinsi. Tentu ini membutuhkan koordinasi KPU Provinsi dengan parpol di tingkat provinsi, agar proses di bawah tidak terganggu.

“Kami berharap di level bawah tidak akan muncul persoalan karena kurangnya koordinasi Kami di provinsi. Sehingga Kami merasa perlu melakukan sosialisasi tahapan Pencalonan ini dan mengundang Bapak Ibu stakeholder serta parpol di tingkat provinsi,” tutur Anam.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Pencalonan oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan serta sesi tanya jawab. Acara ini pun berlangsung dari pukul 10.00 sampai pukul 13.00 WIB.

(AACS)

Related posts

Leave a Comment