Hutan Wisata Baning Sebagai Satu-satunya Wisata Hutan Tropis Menarik

Parsosbud

Hutan Wisata Baning terletak di antara dua wilayah kelurahan, yaitu Kelurahan Baning dan Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Karena terletak di Pusat Kota Sintang, akses untuk menuju ke hutan ini sangat mudah untuk dilalui. Bagi anda yang berminat untuk berkunjung, anda bisa menggunakan kendaraan roda empat, roda dua, bahkan angkutan umum juga bisa. Hutan ini telah dikenal oleh banyak kalangan karena menjadi salah satu tempat wisata unggulan yang ada di Kota Sintang.

Sebagai satu-satunya hutan tropis di tegah kota yang ada di Indonesia dan masih tergolong alami. Hutan ini menjadi salah satu jantung di Kabupaten Sintang. Dengan adanya hutan ini, dapat menyelamatkan daerah sekitar Kabupaten Sintang dari berbagai macam polusi udara yang ada. Jika biasanya daerah Kota selalu identik dengan udaranya yang pengap dan penuh dengan asap, polusi, serta debu. Maka berbeda dengan Kota Sintang ini, berkat adanya hutan tropis yang berada di tengah-tengah Kota menjadikan udara di Kota ini tetap terjaga. Terlindung dari dampak negatif polusi udara.

Sumber Gambar: wartawisata.id

Dengan luas kawasan sebesar 315 Hektar yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Daerah Tingkat II Sintang Nomor 07/A-II/1975. Serta berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor 405/KPTS-II/99 hutan ini telah ditetapkan sebagai kawasan hutan wisata pada tanggal 14 Juni 1999. Selain ditetapkan sebagai kawasan hutan wisata, hutan ini juga ditunjuk sebagai hutan lindung karena terdapat banyak keanekaragaman flora dan fauna yang ada di dalamnya. Karena terletak di pusat kota, kawasan Hutan Wisata Baning ini tergolong daerah datar dan tidak berbukit. Dengan ekosistemnya sebagai hutan rawa gambut, hutan ini juga memiliki berbagai macam jenis tumbuhan endemik.

Panorama Yang Disajikan Hutan Wisata Baning

Sumber Gambar: pontianak.tribunnews.com

Bagi anda yang sangat mengagumi keindahan alam dan menyukai kegiatan berpetualang, Hutan Wisata Baning akan sangat cocok bagi anda. Dengan keindahan yang masih alami meskipun sempat mengalami kebakaran hutan, namun hutan wisata ini cukup cepat memulihkan diri sehingga masih sangat cocok untuk dikunjungi. Jika anda sudah mulai memasuki kawasan hutan ini, anda akan merasakan suasana yang teduh dan sejuk berkat pohon-pohon yang ada di dalam hutan. Pohon-pohon tersebut akan menghasilkan udara yang sangat sejuk sehingga anda tidak akan sadar jika anda sedang berada di pusat kota.

Suara Hutan Yang Menyejukkan Hati

Sumber Gambar: travel.detik.com

Keindahan pohon yang ada di sekeliling hutan dan diiringi dengan kicauan bermacam-macam burung akan membuat suasana semakin tenang. Tempat ini juga cocok digunakan sebagai salah satu tempat tujuan wisata keluarga. Apalagi jika anda mengajak anak-anak untuk berlibur di hutan ini, selain mereka bisa menikmati keindahan alam yang ada, mereka juga akan belajar mengenai berbagai macam hal. Tempat ini sangat cocok digunakan sekaligus sebagai wisata edukasi bagi anak-anak untuk belajar berbagai macam jenis tumbuhan dan hewan yang ada. Karena berfungsi sebagai hutan lindung, maka hutan ini juga memiliki koleksi flora dan fauna yang sudah tergolong langka.

Sumber Gambar: pikniktoday.com

Di dalam hutan juga terdapat sebuah jembatan dari kayu dan batang pohon yang besar sebagai spot untuk berfoto yang paling favorit. Setelah lelah berkeliling menikmati keindahan hutan, anda bisa beristirahat sambil menikmati beberapa fasilitas yang disediakan. Anda bisa menikmati fasilitas seperti kantin, warung makan, dan pedagang kaki lima  yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman. Pastinya anda bisa mengisi perut dan melepas dahaga setelah lelah berkeliling. Bagi anda yang beragama muslim, terdapat masjid dan mushola yang ada di beberapa bagian di Hutan Wisata Baning. Sehingga tidak perlu khawatir untuk  takut meninggalkan kewajiban beribadah.

The post Hutan Wisata Baning Sebagai Satu-satunya Wisata Hutan Tropis Menarik appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment