Gunung Lanang, Indahnya Sebuah Perbukitan

Jawa Tengah Parsosbud

Jawa Tengah mempunyai banyak objek wisata, baik yang sudah dikenal maupun yang belum dikenal. Salah satunya adalah Gunung Lanang yang menyajikan panorama nan elok. Walaupun, nama kawasan ini belum terlalu terkenal. Namun, cobalah kesana dijamin kamu pasti tidak akan bisa berkedip.

Berada di Wonosobo, membuat pamornya sedikit tersingkirkan oleh pegunungan Dieng. Tetapi, apa yang disajikannya tidaklah berubah dari waktu ke waktu tetap menyajikan keindahan yang tiada duanya.

Mengenal Gunung Lanang

Sumber Gambar: mahdaen.tv

Kawasan ini sendiri mempunyai tinggi kurang lebih 1.105 mdpl. Menuju ke puncaknya kamu bisa menempuh waktu kurang lebih 45 menit sampai 60 menit. Gunung ini menjadi formasi peniron yang menindih. Dengan panoramanya meliputi beberapa flora dan juga fauna yang bisa kamu nikmati. Tidak hanya untuk spot foto saja, tetapi untuk belajar pula keanekaragaman yang ada di tempat ini.

Keindahan Gunung Lanang

Keindahan Gunung Lanang memang tidak tertahankan, walaupun kamu harus menyiapkan fisikmu. Namun, semua keringat yang akan kamu keluarkan akan terbayar lunas. Pemandangan menawan Kota Purworejo, Wonosobo, dan Kebumen menjadi suguhan yang tidak akan pernah bisa kamu lewatkan. Kamu juga bisa menyaksikan keindahan Waduk W

Sumber Gambar: idntrip.com

adaslintang dari atas ketinggian. Perlu diakui bahwa waduk ini mempunyai panorama yang tak biasa bila kamu lihat dari atas. Ada banyak spot foto yang bisa kamu nikmati. Jadi, jangan sampai lupa bawa kamera jahat mu. Agar setiap momennya bisa kamu bagikan ke media sosial yang kamu punya. Agar banyak orang yang berkunjung ke tempat ini ya.

Sumber Gambar: sikidang.com

Salah satu yang menarik di tempat ini adalah hadirnya gardu pandang yang cukup mengesankan. Suasananya bisa dikatakan juara lho, dengan angin yang berhembus sepoi-sepoi. Jangan lupa untuk menikmati sunset dan juga sunrise yang disuguhkan di tempat ini. Keduanya sangat elok, apalagi kawasan senjanya yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Setelah sampai di tempat ini, jangan lupakan untuk menikmati berbagai macam menu makanan kuliner yang nikmatnya tidak pernah bisa membuatmu berhenti untuk makan. Ada banyak menu kuliner seperti, soto bathok, cimplung, tulak, dan, tiwul yang bikin kamu ingin menikmatinya lagi dan lagi.

Mitos yang Berkembang

Terbentuknya Gunung Lanang ini akibat dari sebuah cerita rakyat yang sampai saat ini sangat diyakini. Dimana, dahulu kala ada seorang anak manusia yang tetap mempertahankan cintanya kepada seorang wanita. Hingga akhirnya, dikutuk dan menjadi Gunung Lanang. Ada juga Gunung Tampomas yang konon katanya menjadi yang perempuan. Kalau dilihat dari kejauhan, kamu bisa melihat dua gunung ini berbentuk seperti Lingga dan Yoni. Sebuah patung penjaga yang biasanya kamu lihat di berbagai situs candi.

Cara Menuju Ke Gunung Lanang

Sumber Gambar: alodiatour.com

Menuju ke objek wisata yang terletak di Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang,  Wonosobo, dan Desa Gumelar, Kecamatan Wadaslintang. Untuk bisa pergi ke Desa Mergolangu kamu bisa memulainya dari terminal Wonosobo yang menjadi titik awal memasuki kota ini. Kemudian, naik kendaraan pribadi menuju ke titik lokasi. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1,5 jam dengan jarak 36 menit saja.

Kamu bisa menempuh jarak dari Jln. Mayjen Bambang Sugeng. Selain naik kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan ojek online dengan harga Rp 80 ribu saja. Menuju ke atas puncak kamu tidak akan menemukan kesulitan lantaran tempat ini susah dibangun dengan beton. Sehingga, memudahkan setiap wisatawan yang ingin pergi ke puncaknya.

Harga tiket yang harus kamu bayar untuk bisa menikmati berbagai macam panorama ini adalah Rp5 ribu. Ditambah dengan uang parkir khusus untuk kendaraan bermotor Rp5 ribu, untuk mobil Rp10 ribu. Harga yang cukup murah bukan? Untuk kawasan wisata yang menakjubkan ini.

Kesimpulan

Perlu diperhatikan bila musim hujan datang. Disarankan untuk tidak mendaki kawasan ini. Karena, kondisi jalannya sangat licin dan membahayakan kamu. Gunung Lanang adalah salah satu bukti bahwa Indonesia masih menyembunyikan tempat-tempat wisata yang elok dan menarik. Dimana, kamu bisa mencarinya dan cobalah untuk mengunggahnya. Jadi, kapan kamu menjadi pelopor Gunung Lanang menjadi viral?

The post Gunung Lanang, Indahnya Sebuah Perbukitan appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment