Golkar Rahasiakan Pendamping Machfud Arifin di Pemilihan Wali Kota Surabaya

Politik

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partainya sudah memberikan surat tugas kepada mantan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal (purnawirawan) Machfud Arifin untuk maju sebagai calon Wali Kota Surabaya di Pilkada 2020.

“Sudah ada arahan ya, sudah ada penugasan,” kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat, 31 Juli 2020. Namun Airlangga enggan merinci lebih jauh kandidat Wakil Wali Kota yang akan mendampingi Machfud.

Hingga saat ini, Machfud Arifin mengantongi mayoritas dukungan dari partai-partai untuk maju sebagai calon Wali Kota Surabaya. Lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1986 ini didukung oleh Partai Gerindra, Partai NasDem, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, hingga Partai Persatuan Pembangunan.

“Kalau itu kawan lama, wajar kami dukung,” kata Sekretaris Jenderal NasDem Johnny G. Plate di kawasan Jakarta Selatan pada Selasa, 21 Juli lalu. NasDem juga menyorongkan anak pengusaha Dahlan Iskan, Azrul Ananda untuk mendampingi Machfud. Azrul juga merupakan Presiden Persatuan Sepakbola Surabaya (Persebaya). Belakangan Azrul menyatakan tak akan maju dalam Pilkada Surabaya.

Ketua DPD Gerindra Jawa Timur, Soepriyatno juga memastikan partainya bakal merekomendasikan Machfud. Menurut dia, surat rekomendasi saat ini tengah berproses di DPP Gerindra. “Hanya soal teknis,” kata Soepriyatno di Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 21 Januari 2020.

Hanya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Persatuan Indonesia yang hingga kini belum menentukan dukungan untuk pasangan calon di Pilkada Surabaya 2020.

Related posts

Leave a Comment