Goa Lawang Kuari, Sejarah Indah di Kabupaten Sekadau

Parsosbud

Salah satu hal yang menarik saat pergi ke suatu tempat adalah berkunjung ke kawasan yang menjadi ikon. Bila kamu berkunjung ke kabupaten Sekadau, ada satu tempat yang harus kamu kunjungi. Bila belum kesana, rasanya kamu belum datang ke Kabupaten Sekadau. Tempat tersebut adalah Goa Lawang Kuari.

Tempat yang hits sejak tahun 2013 ini seakan tidak akan pernah sepi oleh wisatawan. Selalu saja ada yang datang untuk melihat pesonanya. Biasanya, setiap sabtu dan minggu, banyak wisatawan keluarga memadati kawasan ini. Mereka mengagumi segala keindahannya yang menjadi spot foto kece di Sekadau.

Mengenal Goa Lawang Kuari

Sumber Gambar: pontianak.tribunnews.com

Goa ini memang cukup unik, karena letaknya bereda di seberang sungai. Sehingga, kamu harus menyeberangnya melalui kapal. Nah, di Goa ini sendiri memiliki 3 lubang. Pertama, adalah milik suku dayak, kedua dimiliki oleh suku melayu. Serta yang terakhir adalah milik suku China.

Merupakan sejarah dari kerajaan Sekadau dan dijadikan sebagai salah satu tempat pertapaan raja-raja. Tidak heran bila tempat ini, menjadi kawasan yang cukup dikeramatkan oleh warga sekitar. Pangerang Agung yang pernah menjabat Raja Kerajaan Sekadau pernah melakukan pertapaan disini.

Kamu harus hati-hati bila berada di tempat ini. Suasana mistis sangat terasa, apalagi bila kamu masuk ke dalamnya. Jadi, disarankan untuk hati-hati, jaga diri dan juga norma kesopanan. Agar, berlibur di tempat ini semakin menyenangkan.

Cara Menuju Ke Goa Lawang Kuari

Sumber Gambar:i Instagram @aloysiuserpanus

Objek wisata ini terletak di Dusun Kelilit, Desa Seberang Kapuas, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Menuju ke objek wisata ini memang tidak mudah. Langkah pertama yang bisa kamu tempuh adalah menuju ke Bandara Supadio yang ada di Pontianak. Harga tiketnya mulai dari 500 ribuan saja.

Selanjutnya, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 7 jam lamanya untuk sampai di Seberang Kapuas. Selanjutnya, kamu bisa melanjutkannya dengan menyewa kapal menuju ke lokasi. Dari dermaga apung kamu sudah bisa melihat pintu gerbangnya.

Pesona Goa Lawang Kuari

Sumber Gambar: Instagram @merychristt

Pesona Goa Lawang Kuari memang tidak ada duanya. Cobalah kamu masuk ke dalamnya. hanya saja, dibutuhkan kekuatan dengan merangkak untuk bisa masuk ke dalamnya. Tidak hanya itu kamu juga harus berjalan jongkok.

Sumber Gambar: pontianak.tribunnews.com

Ibarat kata, masuk goa ini harus siap dengan latihan ala militer. Disini, suasanya sangat gelap. Jadi, jangan lupa bawa senter dengan kualitas terbaik. Disaranakan, untuk masuk ke dalam jangan sendiri. Ajak penduduk sekitar agar keamanan kamu tetap terjaga.

Tempat ini, sangat luas dan juga tinggi. Nah, kalau kamu berjalan ke tengah kamu bisa melihat sebuah danau yang juga cukup luas. Disini pula, kamu juga bisa melihat sebuah jalan yang bisa tembus di Kota Tayan yang terletak di Kabupaten Sekadau.

Sumber Gambar: firdausadityapsxiips1.blogspot.com

Nah, keindahan Goa ini juga dimanfaatkan beberapa wisatawan untuk mencari pesugihan dan hajat, Barang siapa yang bertapa disana, beberapa hajat akan terpenuhi. Tidak heran bila masyarakat sekitar menyebut ritual ini sebagai nama Mulang Hajat.

Cerita Mengenai Goa Lawang Kuari

Sumber Gambar: firdausadityapsxiips1.blogspot.com

Ada cerita yang menarik di tempat ini. Dimana didalamnya kamu bisa melihat istana dari Kerajaan Pangerang Agong. Menurut cerita warga sekitar, pangeran ini melarikan diri karena memperebutkan tahta antara Pangerang Kadar dan Pangeran Senarong.

Sayangnya, tidak ada yang bisa melihat istana yang dibangun di dalam Goa. Banyak yang melihat kawasan ini tertutup dengan sebuah kabut yang pekat. Sehingga, banyak wisatawan yang datang hanya bisa melihat sebuah goa yang menghadap ke Sungai Kapuas.

Kesimpulan

Satu hal yang amat disayangkan adalah kondisinya yang memang kurang terawat dengan baik. Kamu masih bisa melihat banyak vandalisme dan beberapa tempat yang kotor. Semoga dengan promosi yang tepat dan perawatan yang baik. Goa ini bisa lebih bersih dan ditambah dengan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Goa Lawang Kuari menjadi tempat yang paling menyenangkan untuk dikunjungi. Walaupun, diselimuti dengan banyak misteri dan mistis yang kuat. Namun, tempat ini menjadi salah satu lokasi wisata paling menarik. Tempatnya yang memiliki hampir banyak spot foto dan danau yang ada didalamnya menjadi daya tarik yang sulit dilewatkan. Jadi, sudah siap menuju penjelajahan yang menyenang di sini?

The post Goa Lawang Kuari, Sejarah Indah di Kabupaten Sekadau appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment