Geliat Jogoloyo Memberi Bukti, Bukan Janji

Ronda

Karang Taruna RW 03 Jogoloyo, Gunung Sari, Surabaya terus merambah kreativitas dan kemampuan yang masih terpendam.

Menurut Roy, Ketua Kartar RW 03, setelah mengamati kebiasaan warga yang masih belum disiplin membuang sampah maka generasi muda menjadi gelisah.

“Rencananya ini nanti akan diubah menjadi kebun. Ya bisa dibilang apotik hidup,” kata Rony, Sekretaris Kartar RW 03.

Ada peristiwa menarik ketika karang taruna ingin memperluas tempat kerja.
Keinginan itu, awalnya, terhambat dengan pohon yang ditanam oleh pihak DKRTH. Namun, atas dukungan dan bantuan tokoh masyarakat yang akrab dipanggil Pak Doyok dan kader PDI Perjuangan, Triono Adi, akhirnya disepakati pengalihan tempat. Pohon yang telah ditanam di rencana lokasi dapat digeser ke tepi sungai.

Bakal lokasi kebun atau apotik hidup Jogoloyo

Ditambahkan oleh Rony, bahwa semenjak bantaran sungai dijadikan lokasi pemberdayaan ekonomi, maka kegiatan yang kurang baik berkurang sendirinya.
“Mereka juga butuh pengakuan dan pemghargaan walau pun kecil. Tetapi diwongno itu memang sesuatu,” imbuh Rony.

Semangat dan daya juang mereka, Karang Taruna RW 03 Jogoloyo, tidak boleh dipandang sebelah mata. Mereka tampil di barisan depan ketika sejumlah alat semprot disinfektan dan bahan disediakan oleh PDI Perjuangan Dukuh Pakis. Anak-anak muda begitu antusias dalam semangat “bersama melawan corona.”

Banyak ucapan terima kasih dan ungkapan penuh rasa syukur yang terlontar dari warga.
“Masyarakat tidak boleh merasa sendiri. Untuk itulah kami, segenap pengurus anak cabang, ranting sampai anak ranting bahu membahu mengusir corona dari tanah yang kita cintai ini,” Triono Adi menambahkan.

Satu sumber menjelaskan bahwa bahan yang disemprotkan itu sepenuhnya sumbangsih dari Posko 100, sebutan bagi gardu jaga PDI Perjuangan yang berlokasi di wilayah Pakis, Sawahan, Surabaya.

Masih menurut sumber Wilwatikta, itu seperti menjadi bukti nyata bahwa partai ini telah melintasi ego sektoral. “Rasanya mereka benar-benar mampu mengesampingkan konsep wilayah. Ini sebuah kemajuan,” kata sumber yang menolak disebutkan namanya.

“Selanjutnya, pergerakan para pengurus di bawah naungan anak cabang masih merambah Gunung Sari, Pulosari, Kencanasari hingga Wonokitri,” tambahnya.

Semoga perjuangan dan kerja sama yang terjalin antara warga dan partai berlambang banteng ini dapat dijaga.

Untuk Indonesia Raya.

Related posts

Leave a Comment