Dukung Pemilukada Bersih dan Jujur, Kapolres Trenggalek Inisiasi Sayembara Berhadiah, Polsek Bendungan Masifkan Sosialisasinya

Ronda

Polres Trenggalek – Ada saja langkah brilian yang dicetuskan oleh Kapolres yang satu ini agar kondisi Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pemilukada di wilayahnya tetap kondusif.

Baru-baru ini Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria Sembiring, S.H.,S.I.K.,M.Si. mencetuskan sayembara berhadiah bagi masyarakat yang menemukan praktik money politic di tengah perhelatan Pemilukada Kabupaten Trenggalek.

Tak tanggung-tanggung, hadiah yang diberikan pun sebesar Rp 10 juta jika laporan masyarakat tersebut valid dengan disertai bukti-bukti pendukung.

Dikutip dari radartulungagung.jawapos.com, upaya tersebut tak lain untuk mendukung lahirnya pemimpin daerah yang bersih dan berintegritas.

“Satgas Anti Money Politic sudah kami bentuk. Ini sebagai langkah antisipasi kecurangan-kecurangan yang terjadi di Pilkada Kabupaten Trenggalek tahun 2020 ini,” ujar AKBP Doni.

Kapolres yang merupakan alumni Akpol 2000 ini sangat berharap agar para kontestan calon atau bakal calon bupati dan wakil bupati beserta tim suksesnya tidak menggunakan politik uang yang dapat merusak citra Pilkada yang bersih, jujur, dan adil.

Menguatkan data tersebut, Perwira Menengah yang pernah menjabat Kasubdittipikor Polda Sumut ini menegaskan, pihaknya sudah menerima informasi adanya dugaan pelanggaran Pilkada berupa pemberian Sembako kepada masyarakat termasuk meminta foto kopi KTP yang dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mengarahkan warga agar mendukung salah satu Paslon Bupati dan Wabup Trenggalek.

“Caranya melapor, masyarakat bisa menghubungi nomor telepon Kasatreskrim Polres Trenggalek yang juga tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Polres Trenggalek, AKP Tatar Hermawan, SP.d, M.H. di nomor 081231907979. Nomor tersebut aktif 24 jam, dan jangan khawatir, identitas pelapor tetap terjaga,” terangnya.

Lebih lanjut, AKBP Doni juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga protokol kesehatan dalam pencoblosan tanggal 9 Desember 2020 nanti. 

“Diharapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan bisa memberikan hak suaranya saat pelaksanaan tanggal 9 Desember nanti,” tambahnya.

Sementara itu, guna mendukung sayembara yang diinisasi oleh Kapolres Trenggalek tersebut, hari ini para Bhabinkamtibmas Polsek Bendungan tampak mensosialisasikan secara masif kepada masyarakat.

“Sasaran sosialisasi di pusat-pusat aktivitas masyarakat, warung, pasar, dan permukiman penduduk,” terang Brigadir Dedi Mahendra Sukma saat dikonfirmasi redaksi di sela-sela kegiatannya.

Di lokasi terpisah, Kapolsek Bendungan, AKP Puguh Wardoyo, S.H.,M.H. membenarkan hal tersebut.

“Pak Kapolres Trenggalek menggelar program atau semacam sayembara berhadiah guna mendukung Pemilukada di Trenggalek berjalan sebagaimana ketentuan perundang-undangan. Nah, para Bhabinkamtibmas termasuk anggota lainnya mulai hari ini kami perintahkan untuk mensosialisasikan secara masif informasi tersebut kepada seluruh lapisan masyarakat,” jelas AKP Puguh.

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

Leave a Comment