Desa Arborek, Desa Wisata Paling Ramah Di Indonesia

Parsosbud

Desa di Papua memang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya karena, pesona wisatanya yang mengesankan. Tetapi, keramahannya yang membuat kamu merasa ada ikatan batin dan seperti pulang ke kampung halaman. Salah satu kawasan yang harus kamu kunjungi adalah Desa Arborek.

Sumber Gambar: getlostsafely.com

Konon katanya, tempat ini ditetapkan sebagai kampung wisata terbaik di Papua Barat. Daya pikat dari kawasan ini tidak hanya dengan predikatnya saja. Melainkan, panorama alamnya mulai dari lautan biru yang sangat jernih. Apalagi, dengan keindahan dunia bawah laut

Mengenal Tentang Desa Arborek

Penduduk Desa Arborek kebanyakan adalah nelayan yang sering mencari ikan di laut. Tidak heran bila banyak olahan ikan yang bakal mereka sajikan. Kalau boleh saran, cobalah satu atau dua hari kamu membaur ke penduduk desa. Ada pengalaman menarik yang akan kamu temukan disini.

Sumber Ganbar: indonesiakaya.com

Disini, kamu bisa menikmati bameti. Dimana, para nelayan akan berburu timun laut untuk bahan makanan untuk mereka olah. Dari sini, kamu bisa merasakan kerukunan anatar penduduk yang benar-benar erat.

Selain menjadi nelayan, penduduk sekitar juga ada yang menjadi pengrajin, Hasil kerajinan ini dijual kepada wisatawan dengan harga mual dari 20  ribu rupiah. Diantara semua barang tersebut, tas noken menjadi yang difavoritkan oleh wisatawan.

Cara Menuju ke Desa Arborek

Desa Arborek sendiri terletak di Meos Mansar, Kabupaten raja Ampat, Papua. Menuju ke tempat ini memang cukup mudah. Hanya saja, perjalanan yang memakan waktu yang cukup lama yang membuat tempat ini terasa sangat spesial bila sudah sampai di titik lokasi.

Bila memulai perjalanan dari Pulau Jawa, kamu bisa masuk terlebih dahulu ke Sorong. Harganya kurang lebih 3 jutaan. kalau mau naik kapal dengan waktu hampi 10 hari kamu bisa menuju ke Pelabuhan Sorong. Banyak kapal yang bisa melayani perjalananmu dengan harga mulai dari 500 ribuan saja.

Setelah sampai di pelabuhan kamu bisa langsung menuju ke wasai melalui pelabuhan perikanan sorong. Ada 2 kali kapal sehari yang bisa mengantarkanmu kesana. Dengan waktu tempuh 2 jam. Dari wasai, kamu bisa memilih homestay untuk penginapanmu selama di Desa Arborek. Dengan memilih homestay ini kamu akan diberikan fasilitas penjemputan dan pengantaran gratis.

Keindahan Desa Arborek

Sumber Gambar: villabalisale.com

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang mengesankan. Nah, setelah tiba di Arborek. Tidak ada salahnya untuk mencoba wisata andalannya yaitu Snorkeling dan Diving. Keduanya ini sudah bisa kamu pesan disini lho. Keindahan karang, coral, dan ikan-ikan kecilnya yang penuh warna menjadi sebuah daya tarik tersendiri.

Sumber Gambar: indonesiakaya.com

Selanjutnya, kamu akan ditawarkan dengan pesona tur keliling desa. Melihat bagaimana situasi penduduk Desa Arborek. Luasnya hanya 10 kali lapangan sepakbola. terdiri dari 40 keluarga yang tinggal. Menariknya, setiap kamu berjalan, akan ada satu sampai dua anak yang akan mengikuti kamu.

Sumber Gambar: hitput.com

Mereka bermaksud baik lho, mereka ingin akrab dengan kamu dan ingin menjadi tour leader yang baik. Biasanya, wisatawan akan memanfaatkan momen senja di Dermaga arborek yang konon menjadi tempat terbaik melihat senja. Pesona siluet menjadi daya tarik utama, apalagi kalau banyak kapal yang terlihat.

Penginapan di Desa Arborek

Sumber Gambar: tripadvisor.co.id

Kurang lebih ada 6 homestay yang bisa kamu manfaatkan yang sudah dikelola dengan baik oleh penduduk sekitar. Kondisinya sangat bersih, harum, dan nyaman yang membuat kamu merasa betah untuk tinggal berlama-lama disini.

Sumber Gambar: stayrajaampat.com

Hampir semua homestay mempunyai fasilitas yang sama. Ada kamar mandi, ruang makan, genset khusus malam hari. Ada juga makan 3 kali sehari, dengan menu yang selalu berbeda setiap harinya. Menunya pun beragam mulai dari olahan ikan, sayuran, ayam, daging dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang beragama muslim, mintalah kepada sang pemilik untuk mengolah makanan halal saja. bahkan, kamu juga bisa membuat menu sendiri dan mereka yang akan membuatnya. Untuk membeli kebutuhan yang lain, disini sudah disediakan 3 toko yang siap melayani kamu.

Kesimpulan

Desa Arborek adalah satu diantara banyak desa di Papua. Dimana, kamu bisa mengunjunginya dan merasakan sendiri bagaimana panorama kawasan ini. Dunia bawah lautnya memang juara disini. Olahan makanannya juga enak-enak. Jadi, kapan kamu akan mengunjungi desa ini?

The post Desa Arborek, Desa Wisata Paling Ramah Di Indonesia appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment