Covid-19 Hunter Trenggalek Kembali Lakukan Penertiban Prokes, Sejumlah Warga Diganjar Sanksi

Peristiwa Ronda

Polres Trenggalek – Petugas Kepolisian bersama dengan personel Kodim 0806 dan Satpol PP kembali menggelar penertiban protokol kesehatan disejumlah tempat diseputaran kota Trenggalek.

Petugas gabungan yang merupakan tim penindakan displin protokol kesehatan dan Covid-19 hunter ini mendatangi beberapa lokasi yang berpotensi menjadi saran berkumpul warga dan rentan penularan virus corona. Sabtu, (19/9).

Kegiatan diawali dengan apel gabungan dihalaman Mapolres yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H., M.H. didampingi pejabat utama dan seluruh personel gabungan yang terlibat.

“Mengingat malam ini adalah malam akhir pekan, dimungkinkan banyak warga yang berkumpul dan membuat kerumuman dan tidak mematuhi protokol kesehatan. Tugas utama kita adalah mengingatkan kembali tentang pentingnya protokol kesehatan dalam upaya mencegahpenyebaran Covid-19 d Kabupaten Trenggalek.” Ungkap Kompol Mujito.

Kompol Mujito menegaskan bahwa kegiatan penertiban yang dibarengi dengan operasi yustisi ini digelar serentak diseluruh wilayah Kabupaten Trenggalek. Khusus tingkat kecamatan dimotori oleh Polsek jajaran bersinergi bersama Koramil dan Satpol PP kecamatan.

Penertiban dan Operasi yustisi ini merupakan implementasi dari Inpres nomor 6 tahun 2020, Perda Jatim nomor 2 tahun 2020, Pergub Jatim nomor 53 tahun 2020 dan Perbup Trenggalek nomor 31 tahun 2020.

“Cara bertindak dilapangan mengutamakan langkah persuasif dan humanis. Tindak bagi yang melanggar dengan tetap ramah tanpa mengurangi ketegasan.” Imbuhnya.

Usai apel, puluhan personel dibagi menjadi dua tim dengan sasaran yang berbeda. Tim pertama menyasar lokasi seputaran Huko dan sepanjang jalan veteran dan area kuliner sumbergedong. Sedangkan tim kedua diarahkan sepanjang jalan Sukarno Hatta, Panglima Sudirman hingga ngetal.

Penertiban itu sendiri dilaksanakan dengan metode stationer dan hunting system, dimana saat menemukan pelanggaran, petugas akan menindak tegas dengan memberikan sanksi mulai dari teguran tertulis, sanksi sosial hingga sidang ditempat dan dikenakan denda. Demikian pula dengan kegiatan ditingkat kecamatan, sasaran menyesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat.

Dari kegiatan ini, petugas masih menemukan sejumlah warga baik yang sedang nongkrong atau berkendara dengan mengabaikan protokol kesehatan diantaranya tidak mengenakan masker maupun menjaga jarak aman atau physical distancing. Sedikitnya puluhan warga terpaksa dikenai sanksi dan mengikuti sidang ditempat yang digelar secara virtual.

“Kami tegaskan bahwa penertiban dan operasi yustisi ini akan terus digelar secara simultan. Kepada masyarakat Trenggalek kami imbau untuk selalu mentaati protokol kesehatan. Gunakan masker saat beraktifitas, cuci tangan dan physical distancing.” Pungkasnya

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

Leave a Comment