Bukit Masbait, Wisata Toleransi Beragama yang Wajib Kamu Kunjungi

Parsosbud

Perbedaan memang menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan. Karena, sebenarnya keberagaman itu indah. Hanya saja, beberapa orang sering menyalah artikan keberagaman tersebut dengan sesuatu yang salah. Nah, untuk melihat betapa indahnya keberagaman itu, kamu bisa berkunjung ke Bukit Masbait.

Kawasan wisata di kepulauan Kei ini memang tampak menyenangkan. Dimana, semua agama bisa mengunjungi tempat ini. Pemandangannya sangat indah dan menawan,  rasanya sayang kalau mau segera pergi. Suasananya sangat damai, nyaman, dan begitu sejuk.

Mengenal Bukit Masbait

Sumber Gambar: industry.co.id

Sebelum dijadikan sebagai kawasan objek wisata, Bukit Masbait ini menjadi salah satu kawasan religi yang hampir semua umat datang kesini untuk berdoa. Kawasan ini memang sudah ada sejak tahun 1980 an. Waktu itu, penduduk dari Kepulauan Kei percaya, kalau Tuhan itu kedudukannya berada di atas.

Jadi, kalau mau berdoa ya harus diatas. Agar doa kita bisa didengarkan dan sampai ke Tuhan. Tidak heran bila kamu harus mendaki diatas ketinggian 300 mdpl untuk bisa mencapi kawasan utamanya. Walaupun, pada dasarnya bukit ini dikhususkan bagi mereka yang beragama Katolik.

Sumber Gambar: otakbuntu.com

Disini, kamu bisa melihat ritual salib yang sering dilakukan oleh umat Katolik. Tidak heran bila kawasan ini sering disebut dengan nama Bukit Galgota. Tempat dimana Yesus disalib dan memanggul semua dosa-dosa umat manusia selama di dunia. seperti, yang diceritakan di dalam Kitab Injil.

Cara Menuju ke Bukit Mas Bait

Symber Gambar: Instagram @astrdewi

Objek wisata ini terletak di sebuah desa yang bernama Ohoi Kelanit yang masuk dalam Kepulauan Kei. Sementara, menuju ke kepulauan ini sendiri. Kamu bisa masuk melalui Bandara Ambon terlebih dahulu, kemudian naik kapal menuju ke Ohoi Kelanit. Kapal yang ada satu minggu hanya berjalan dua kali saja.

Atau kamu bisa menruskan perjalanan menuju ke Bandara Dumatubun. Dari sini menuju ke objek wisata hanya 30 menit saja. Untuk biaya perjalanan kamu bisa mencapai 2 jutaan. Karena, penerbangan menuju ke sini masih jarang. Jadi, kamu tinggal pilih transportasi mana yang nyaman kamu gunakan.

Pesona Bukit Masbait

Sumber Gambar: medium.com

Warga di Ohoi Kelanit mayoritas beragam Katolik, menjadi menarik adalah desa disekitarnya memiliki agama yang berbeda-beda. Ada yang muslin, kristen dan mereka bersatu tanpa ada konflik sedikit pun. Untuk bisa menikmati keindahannya, kamu harus naik ke puncak.

Dimana, kamu bisa melihat tugu bangunan patung yesus memberkati. Perjalanan keatas hanya butuh waktu 10 menit sampai 15 menit saja. Tugu ini memang sangat berarti dan bisa dikatakan bersejarah bagi kawasan ini. Karena, merupakan pemberian dari Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2000.

Sumber Gambar: akurat.co

Menariknya lagi, patung yang bisa kamu lihat ini sebelumnya menghuni di salah satu bagian di Basilika Roma. Betapa agung sekali bukan patung pemberian yang selalu dirawat dan dijaga oleh penduduk sekitar.

Simbol toleransi yang lain yang bisa kamu nikmati adalah tempat ini yang dijaga bukan orang Katolik sendiri. Melainkan mereka yang beragama Muslim dan Kristen. Uniknya, saat peribadatan mereka, warga disini akan menggantikan posisi mereka sebentar. Hal inilah yang bisa kamu lihat bila berkunjung ke tempat ini.

Sumber Gambar: ohoijang.blogspot.com

Pemandangan dari atas bukit ini juga sangat menarik. Karena, kamu bisa melihat laut lepas yang kadang ada banyak kapal yang melintas. Semilir angin dan kesucian tempat ini benar-benar sangat terasa.

Menyusuri bukit ini, kamu akan disuguhkan dengan pepohonan yang tinggi menjulang. Perhatikan langkah kamu kamu sedikit licin. Nah, diatas kamu bisa menyaksikan beberapa patung yang menggambarkan bagaiamana Yesus harus menanggung dosa umatnya, dengan cara disalib.

Kesimpulan

Symber Gambar: Instagram @queencyntha

Keberagaman antar umat beragama menjadi sebuah simbol kekuatan yang dimiliki Indonesia. Semangat gotong royong yang selalu digallakan pemerintah sejak zaman Soekarno hingga sekarang menjadi modal yang sangat berarti dan bukti bahwa sebenarnya bangsa kita ini adalah bangsa yang besar.

Terlepas dari ajaran masing-masing agama yang mungkin caranya yang berbeda, tetapi hasil maksud dan tujuannya sebenarnya sama. Inila keindahan dari Bukit Masbait semangat keberagaman dan gotong royong. Jadi, kapan kamu mau mengunjungi tempat ini?

The post Bukit Masbait, Wisata Toleransi Beragama yang Wajib Kamu Kunjungi appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment