Bukit Berbatu Nan Indah di Pantai Tanjung Batu

Parsosbud

Tahukah kamu, saat kamu berada di pantai, maka kamu akan merasakan ketenangan dan kedamaian? Hal ini disebabkan karena desiran ombak di sebuah pantai mampu memperbaiki suasana hati. Warna pantai yang dominan dengan warna biru juga akan membuat kamu menjadi tenang. Seperti yang kita tahu bahwa warna biru merupakan warna yang mampu memberikan ketenangan dan kedamaian. Udara pantai yang sangat sejuk bisa kamu rasakan ketika kamu berkunjung ke pantai. Pantai merupakan salah satu wisata air yang cocok untuk kamu datangi untuk sekedar melepas penat.

Sumber Gambar: pantainesia.com

Salah satu pantai yang terdapat di Sambas, Kalimantan Barat ini bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata ketika kamu berada di daerah Sambas. Pantai ini memiliki keindahan yang mampu menarik minat banyak orang untuk berkunjung ke lokasi wisata ini. Mari kita bahas lebih lanjut beberapa hal menarik yang berkaitan dengan Pantai Tanjung Batu.

Ini Dia Keunggulan Pantai Tanjung Batu

Wisata Tanjung Batu adalah sebuah tempat wisata di tepi pantai yang berbentuk tanjung. Pantai Tanjung Batu terdiri dari bukit berbatu yang menjorok ke arah laut dan memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter. Pantai ini terletak di Kota Pemangkat yang merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas. Di kaki bukit terdapat banyak batu yang menghampar langsung ke laut, batu tersebut bisa di lihat apabila air dalam keadaan surut.

Sumber Gambar: triptrus.com

Lokasi wisata ini cukup terkenal di daerah Sambas dan menjadi salah satu wisata unggulan. Lokasinya yang dekat dengan jalan raya membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Tanjung Batu atau hanya sekedar singgah untuk melepas lelah. Mereka sering menikmati pemandangan pantai dari atas bukit. Hembusan angin yang sepoi-sepoi membuat setiap wisatawan betah berlama-lama di lokasi Pantai Tanjung Batu.

Sumber Gambar: triptrus.com

Di tempat ini kamu bisa melihat banyaknya batu yang terhampar, bebatuan ini terlihat seperti disusun dengan sengaja di tepian laut. Pantai ini dinamakan Pantai Tanjung Batu karena letak pantai ini berada di daerah Tanjung dan dikelilingi dengan bebatuan.

Lokasi Dari Pantai Tanjung Batu

Lokasi wisata ini berada di Pemangkat, Kab. Sambas, Kalimantan Barat. Untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini, kamu bisa menggunakan travel. Kamu bisa menaikinya dari arah Pontianak. Perjalanan yang akan kamu tempuh dari Pontianak menuju ke Pantai Tanjung Batu kurang lebih memakan waktu tiga jam perjalanan.

Namun jika kamu berangkat dari Kota Singkawang, maka waktu yang diperlukan kurang lebih sekitar satu jam. Lokasi dari pantai ini dekat dengan Pasar Pemangkat. Jadi jika kamu sudah tiba di Pasar Pemangkat, berarti kamu sudah hampir sampai ke Pantai Tanjung Batu.

Pantai Tanjung Batu Menyimpan Sejarah

Pantai tanjung Batu tidak hanya memiliki pemandangan alam yang sangat indah, namun pantai ini juga menyimpan banyak misteri. Di kaki Gunung Tanjung Batu yang tidak jauh dari lokasi pantai ternyata terdapat 2 meriam tembak yang memiliki usia hampir 2 abad dan hingga kini masih terdapat di kaki Gunung Tanjung Batu.

Sumber : Blog irwansahaja.blogspot.com
Sumber : Blog irwansahaja.blogspot.com

Tidak jauh dari situ ternyata terdapat Tugu Kekejaman Fasisme Jepang yang telah memakan korban sangat banyak. Tugu didirikan pada awal tahun 1974 dan dikelilingi oleh beberapa makam prajurit Belanda yang gugur dalam tugas.

Kamu bisa melihat sebuah tugu monumen yang memiliki bentuk bujur sangkar dengan puncak atas yang berbentuk limas dan terdapat tulisan 1850. Pada badan tugu juga dituliskan nama F. Jsorg, Luit Kol Inf 1850 dan V. Winsheim.

Sumber : website ingress-intel.com
Sumber : website ingress-intel.com

Sampai saat ini masih terdapat makam dari Jendral Belanda Van Den Bosch di atas Bukit Tanjung Batu Pemangkat. Masyarakat sekitar mengenalnya dengan nama Obos dan di makamnya terdapat tulisan 10/10 tahun 1850, namun sayangnya makam tersebut kurang terawat.

Jika kamu mencari sebuah wisata untuk berlibur, maka Pantai Tanjung Batu bisa menjadi salah satu pilihan wisata untuk dikunjungi karena pemandangan di pantai ini sangat luar biasa. Pantai yang menyimpan sejarah ini bisa menjadi pilihan kamu ya Guys. Jangan lupa nikmati keindahannya dan abadikan momennya.

The post Bukit Berbatu Nan Indah di Pantai Tanjung Batu appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment