Bendungan Tirta Shinta, Pesona Menawan Dari Lampung Utara

Parsosbud

 

Hari MInggu adalah hari yang paling istimewa untuk semua keluarga di Indonesia. Hari libur ini biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul dan merekatkan hubungan antara satu sama lain. Banyak yang hanya berdiam diri di dalam rumah saja, ada pula yang berkunjung ke tempat wisata seperti di Bendungan Tirta Shinta.

Tempat ini bisa dikatakan sebagai kawasan yang pas. Dimana, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam panorama seperti, hamparan bendungan, pepohonan yang menjulang tinggi dan berbagai macam wahana dan fasilitas menarik yang bisa anda manfaatkan.

Mengenal Bendungan Tirta Shinta

Sumber Gambar: triptrus.com

Bila dilihat dari sejarahnya, bendungan ini sebenarnya sudah dibangun sejak lama lebih tepatnya pada 26 Juli 1970 dan diresmikan oleh Kepala Staf TNI. Tetapi, sempat terbengkalai dan tidak terawat dengan baik. Kemudian, saat bendungan di kawasan lain berubah warna menjadi pariwisata, tempat ini pun juga ikut berbenah.

Sumber Gambar: www.lampung.co

Luas kawasan bendungan ini kurang lebih 500 hektar dan berfungsi untuk mengairi sawah-sawah warga apalagi pada saat musim kering. Keberadaan bendungan ini akan sangat membantu Setelah dijadikan sebagai kawasan wisata. Bendungan ini ditambah berbagai macam fasilitas agar para pengunjung betah dan terus berkunjung kesini. Apalagi, kawasan ini mempunyai nuansa yang mampu membuat anda terbuai.

Sumber Gambar: hasbundoya.com

Tidak hanya bisa menikmati wisata air saja. Anda juga bisa menikmati wahana permainan seru berupa rumah pohon yang menghadirkan spot foto area dan juga wahana ATV yang siap memberikan keseruan mendalam.

Sumber gambar: hasbundoya.com

Di sekitar bendungan, anda bisa menikmati beberapa pondok-pondok yang bisa anda buat bersantai dan menikmati semilir angin sepoi-sepoi yang terkadang berhembus. Pondokan ini terbuat dari bambu dan menghadap langsung ke bendungan.

Terakhir, anda bisa menikmati area memancing yang sudah disediakan. Ada banyak ikan-ikan berkeliaran kesana kemari seperti gabus, Nila, belida, dan baung. Bila kamu bisa menangkapnya kamu bisa membawanya pulang ke rumah gratis.

Alamat dan Cara Pergi Ke Sana

Bendungan Tirta Shinta ini terletak di Desa Wonomerto, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara, Lampung. Menuju ke objek wisata ini anda bisa memulainya dari Kotabumi yang jaraknya menempuh 17 kilometer dengan estimasi waktu kurang lebih 20 menit hingga 40 menit. Melalui Jalan Prokimal. Bagi anda yang ingin menggunakan alat transportasi, anda bisa menggunakan kereta api atau juga bus. Turun di Kotabumi, selanjutnya gunakan ojek hingga ke arah prokimal. Harganya kurang lebih 40 hingga 50 rupiah.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket kawasan ini pun sangat murah. Karena, anda tidak perlu membayar uang masuk alias gratis. Tetapi, anda wajib membayar area parkir untuk mobil 5 ribu dan untuk motor 3 ribu rupiah. Tidak hanya bisa menikmati danau yang benar-benar menunjukkan keindahannya. Bendungan ini sudah mempunyai beberapa macam wahana seperti sepeda air, banana boat, dengan harga 5 ribu hingga 20 ribu rupiah sesuai dengan tingkat keseruannya.

Penginapan Sekitar

Berada di Bendungan ini memang membuat kita lupa waktu. Apalagi, kalau datang dikala sore hari panoramanya benar-benar menawan dan tidak ada bandingannya. Nah, bagi anda yang belum mendapat penginapan sewaktu berkunjung ke lampung utara. Disini, ada beberapa rekomendasi yang bisa anda pilih.

Sumber Gambar: brrrwisata.com

Hotel Srikandi yang berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 13, Kota Gapura, Kecamatan Kotabumi, kabupaten Lampung Utara ini bisa anda jadikan pilihan. Jaraknya dari titik lokasi kurang lebih 33 menit dengan jarak tempuh mencapai 19.6 kilometer. melalui jalan raya prokimal.

Fasilitas yang diberikan cukup membuat wisatawan nyaman. Memang kecil dan murah dengan harga per kamar per malam mencapai 200 ribuan. Sudah termasuk air conditioner, sarapan pagi, Free Wifi, dan restaurant yang memiliki beberapa menu khas.

Dari segi pelayanannya pun cukup ramah dan bersahaja. Sehingga, anda akan merasa tinggal di rumah saudara. Kamarnya cukup dengan bau harum yang hampir setiap menit harumnya menyerbak.

Bendungan Tirta Shinta memang tidak sebesar Bendungan Way Rarem. Tetapi, keindahan dan pesona yang coba ditawarkan tidak kalah menarik dan menawannya. Berkunjung ke tempat ini bisa jadi alternatif bila berkunjung ke Lampung Utara. jadi, kapan anda akan datang mengunjunginya?

The post Bendungan Tirta Shinta, Pesona Menawan Dari Lampung Utara appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment