Batu Wangkang, Panorama di Kalimantan Barat yang Sulit Dilupakan

Parsosbud

Pergi ke Kalimantan Barat memang sangat menyenangkan. Ada banyak tempat wisata baru yang satu per satu mulai bermunculan. Salah satunya adalah batu Wangkang. Daerah perbukitan yang mempunyai panorama nan mengesankan. Rasanya semua penat akan luruh dengan sendirinya.

Udaranya sangat segar, sangat berbeda sekali dengan udara di perkotaan. Banyak wisatawan yang mulai berkunjung ke tempat ini. Apalagi saat weekend, dimana banyak wisatawan dari berbagai kalangan datang ke sini. Datang ke tempat ini jangan sampai lupa bawa kamera tingkat tinggi ya. Karena banyak spot-spot instagramable yang membuat kamu terpukau.

Mengenal Bukit Wangkang

Sumber: misterpangalayo.com

Kawasan ini lebih mirip dengan sebuah gunung yang memiliki ketinggian 340 mdpl. Bagi para pemula, menuju ke tempat ini memang membutuhkan kekuatan yang besar. Walaupun, trek yang harus kamu lalui adalah tanjakan dan juga turunan. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan pepohonan yang menjulang tinggi.

Keindahan Bukit Wangkang

Sumber: Instagram @abdullsyaputra

Salah satu pesona yang ada di bukit ini, kamu bisa melihat kelenteng yang sampai saat ini masih digunakan sebagai sarana peribadatan lho. Jadi, jangan sampai kamu berisik bila banyak orang yang sedang beribadah ya.

Kalau kamu kesini, jangan lupa untuk bermalam disini ya. Karena, pemandangan pagi yang mengesankan sayang lho untuk dilewatkan. Hanya saja, jangan lupa untuk bawa semua peralatannya sendirinya ya. Mulai dari tenda, tempat untuk masak dan bed untuk tidur.

Sumber: amazingborneo.id

Bagi kamu yang tidak kuat dingin, jangan lupa bawa selimut tebal atau bawa jaket yang tebal. Bila kamu datang di hari libur, jangan heran bila banyak wisatawan yang sudah mendirikan tenda. Jadi, lebih baik kamu datang agak sore sekitar pukul 4, agar bisa kebagian tempat.

Nah, sebelum kamu camp, untuk menu makan malamnya, kamu bisa mencari ikan di aliran sungai yang tidak jauh dari kawasan camping. Ada ikan lele, serta beberapa udang kecil yang rasanya nikmat dijadikan sebagai salah satu menu makan malam.

Sumber: Youtube@Artmeyn De

Saat pagi menjelang, kamu biasanya akan mendengar burung-burung yang berkicau merdu. cobalah pergi menuju ke puncak, dimana tidak jauh dari tempat itu, kamu akan menemukan sebuah batu besar yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat pemandangan hijau yang mengesankan.

Pemandangan hijau ini adalah hutan hujan tropis yang benar-benar membuat kamu terdiam. Tidak hanya sampai disitu saja, pemandangan kota pontianak juga bisa kamu lihat disini lho. Ada juga perkebunan kelapa sawit yang menjulang menghadirkan kesejukan di mata.

Cara Menuju ke Bukit Wangkang

Sumber: Instagram @teguhmuhammadmunif

Batu wangkang terletak di kawasan Kubu Raya. Bagi kamu yang berada di luar pulau Kalimantan. Kamu bisa masuk terlebih dahulu ke Pontianak. Sudah banyak penerbangan menuju ke kawasan ini. kamu tinggal pilih saja,beberapa penerbangan dari jakarta.

Harganya mulai dari 500 ribuan saja, dengan waktu penerbangan mulai dari pagi hingga sore hari. kamu tinggal pilih saja, mana maskapai yang paling suka. Setelah tiba di bandara, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju ke Kubu raya.

Waktu tempuh dari bandara menuju ke Kubu raya sendiri kurang lebih 1 jam 15 menit. Jarak yang akan kamu tempuh kurang lebih 36,1 kilometer. Melalui Jl. Sultan Agung. Setelah tiba di Kubu Raya, kamu bisa bertanya kepada warga sekitar dimana letak gunung wangkang.

Jalanan yang harus dilalui memang sedikit berliku. Hanya saja, jalannya cukup halus dengan sedikit tanjakan. Pastikan benar kendaraan kamu dalam kondisi fit dan juga prima ya. Sesampainya disini, kamu hanya perlu membayar uang parkir saja sebesar 10 ribu rupiah untuk mobil, dan 5 ribu rupiah untuk motor.

Kesimpulan

Tempat ini menyajikan keindahan alami. Jadi, jangan sampai kamu mengotorinya dengan banyak sampah yang berserakan ya. Bawalah kembali sampah yang kamu bawa dan buang ke tempatnya. Karena, tempat ini akan sangat asri tanpa sampah sedikit pun.

Bukit Wangkang menjadi satu diantara kawasan wisata di Kalimantan yang bisa kamu kunjungi. tempatnya begitu menantang untuk ditaklukkan. Dengan semua pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. jadi, Kapan kamu kan pergi ke tempat ini?

The post Batu Wangkang, Panorama di Kalimantan Barat yang Sulit Dilupakan appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment