Air Terjun Klawas Tempat Wisata Alam Alternatif Dan Aman

Parsosbud

Air Terjun Klawas menjadi salah satu tempat wisata alam dengan konsep natural da aman untuk anak – anak. Hal ini membuat destinasi wisata alam ini menjadi tempat wisata potensial dan rekomended bagi semua orang, termasuk anak – anak.

Dengan kondisi tempat wisata yang cukup aman bagi anak, membuat air terjun ini menjadi wisata alam keluarga yang paling recommend. Hal tersebut menjadi nila dan positif yang bahkan belum tentu dapat dijumpai di destinasi wisata alam lain, terutama untuk tempat wisata air terjun.

Sumber: eloratour.wordpress.com

Sehingga Air Terjun Klawas menjadi alternatif wisata alam utama yang diincar oleh orang tua. Jadi anak – anak pun dapat merasakan secara langsung pesona tempat wisata alam dengan minim resiko. Jadi wisata keluarga tidak melulu mengunjungi museum, tempat bersejarah, taman maupun waterpark.

Selain itu jalur tracking menuju ke area air terjun juga tidak begitu ekstream. Jadi orang tua tidak perlu mengkhawatirkan kondisi anak yang terlalu lelah dalam perjalanan. Begitu pula dengan para orang tua yang tidak akan merasa lelah saat tracking ataupun saat anak minta untuk digendong.

Lokasi Destinasi Wisata Keluarga Air Terjun Klawas

Letak dari Air Terjun Klawas berada di dsn Gunung Klawas, Pekurun, Abung Barat, Lampung Utara. Lokasinya tidak begitu terpencil dan jauh dari pusat kota Kotabumi dan juga Bandar Lampung. Jadi akses sangat mudah untuk dijangkau. Untuk rute lokasinya dapat ditemukan dengan mudah. Cara pertama yaitu dengan memanfaatkan akses Google map. Cara kedua dengan memanfaatkan petunjuk arah jalan yang ada.

Tempat wisata ini juga dikenal sebagai tempat wisata dengan jalur tracking yang tidak begitu ekstream. Panjangnya jalur tracking untuk destinasi wisata ini cukup panjang hingga mencapai ±1,5 km. Meskipun cukup panjang, pengunjung tidak akan merasa begitu lelah. Sebab jalur tracking datar.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Klawas

Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata murah di Lampung. Sebab pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak biaya saat mengunjungi destinasi wisata ini. Biaya yang harus dikeluarkan pun hanya sebatas biaya untuk kontribusi parkir.

Jadi Air Terjun Klawas ini tidak memiliki tarif kontribusi masuk. Namun bukan berarti termasuk ke dalam destinasi wisata gratis. Sebab harus membayar biaya kontribusi parkir. Itupun hanya berlaku bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi.

Sumber: trepelin.com

Besarnya tarif parkir motor yaitu 20.000 IDR. Bagi beberapa orang mungkin menganggap bahwa biaya tarif tersebut tergolong mahal, terutama bagi pengunjung yang berasal dari luar Lampung. Namun untuk wilayah Lampung sendiri, tarif tersebut merupakan tarif tang sangat umum. Tarif tersebut bukan hanya berlaku untuk destinasi wisata air terjun klawas. Tetapi berlaku bagi hampir semua wilayah yang ada Lampung, khususnya untuk tempat wisatanya.

Fasilitas Air Terjun Klawas

Sarana fasilitas yang tersedia di destinasi wisata alam ini sangat minim. Satu – satunya fasilitas yang tersedia hanya berupa pesona Air Terjun Klawas itu sendiri. Kondisi dari air terjun memang tidak begitu tinggi, namun sangat istimewa dan menyimpan berbagai hal positif.

Tinggi air terjun hanya ±20 meter. Namun pesona dari air terjun cukup eksotis. Dengan air yang jernih dan arus yang tidak begitu deras, membuat pesona air terjun layaknya tirai yang menutupi tebing yang mempunyai warna hitam.

Sumber: eloratour.wordpress.com

Air Terjun Klawas dipenuhi dengan bebatuan. Bebatuan yang besar juga menjadi sarana fasilitas yang cukup nyaman sebagai tempat duduk.

Selain pesona dari air terjun, satu – satunya fasilitas yang terlihat yaitu sebuah gazebo. Kondisi gazebo tersebut sangat otentik dan natural. Gazebo dibuat hanya dengan material kayu membuat kesan bangunan tersebut cukup kokoh. Pengunjung pun dapat beristirahat ataupun berteduh. Namun harus bersedia berbagai gazebo dengan pengunjung lain. Sebab jumlah gazebo terbatas.

Sumber: kelilinglampung.net

Lalu di tempat wisata air terjun klawas ini tidak ditemukan penjual maupun area food court. Sehingga pengunjung harus membawa perbekalan sendiri, baik itu dari rumah ataupun membeli saat perjalanan. Perbekalan menjadi hal penting yang harus dibawa. Khususnya bagi yang mengajak anak – anak. Aktivitas yang cukup menyenangkan akan membuat anak mudah lapar.

Daya Tarik Air Terjun Klawas

Air Terjun Klawas memiliki beberapa daya tarik yang mungkin belum tentu dapat dijumpai di destinasi wisata alam lainnya. Daya tarik tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Air Terjun Klawas mempunyai jalur tracking aman

Salah satu daya tarik yang mempunyai nilai posisif yang utama yakni jalur tracking itu sendiri. Jalur tracking menuju ke destinasi wisata ini cukup jauh sepanjang ±1,5 km. Namun kondisi dari jalur tracking cukup datar dan tidak memiliki banyak tikungan curam serta jalur perbukitan.

Sumber: Instagram @huda_syechbu

Sehingga tracking menuju destinasi tidak akan menguras tenaga lebih. Sebab jika berjalan di jalur yang cukup ekstream dan mempunyai tekstur tanah pegunungan, akan menyita tenaga meskipun jalur hanya sepanjang ±500 meter. Dan sebaliknya jika berjalan di suatu jalur datar, tubuh tidak akan merasa mudah lelah walaupun panjang jalur mencapai hampir 2 km.

Tetapi ada sebuah beberapa bagian jalur yang cukup menyebalkan, jalur di area persawahan. Yang mana kondisi jalur tersebut cukup becek dan akan dipenuhi dengan lumpur saat musim hujan.

2. Arus sangat tenang

Daya tarik ini dipengaruhi oleh kondisi curug yang hanya setinggi ±20 meter. Sehingga arus tidak terlalu deras. Jadi sangat aman untuk siapapun juga. Termasuk anak – anak yang minim resiko terhanyut ke dalam arus air terjun klawas.

Kondisi arus dapat dirasakan sendiri saat memasukkan tangan ke dalam aliran sungai. Atau dapat melihat pula dari arus sungai yang terlihat sangat tenang, tanpa menghantam bebatuan dengan keras. Serta dengan berjalan di tebing curug / sungai dengan melawan arus maupun sesuai dengan arus.

3. Kondisi kolam yang sangat dangkal

Daya tarik yang mempunyai nilai posisif selanjutnya terletak pada kedalaman kolam itu sendiri. Kolam yang berada tepat di bawah air terjun sangat dangkal. Hal tersebut membuat anak – anak pun dapat memasuki kolam itu dengan aman dan minim resiko kecelakaan. Bahkan tidak perlu melengkapi anak dengan safety swimming yang lengkap.

Kedalaman kolam di air terjun klawas ini hanya sebesar puluhan meter dan tidak mencapai 50 cm. Tepatnya berukuran di bawah lutut orang dewasa. Dengan demikian, bagi yang mengajak anak – anak tidak perlu khawatir akan tenggelam.

Disamping kondisi kolam yang sangat aman, tetapi harus disertai dengan pengawasan orang tua. Karena di sepanjang tepi dipenuhi dengan bebatuan.

4. Menjadi destinasi wisata alam yang recommend bagi semua umur

Sumber: Facebook @CURUP INDAH Klawas Ulu

Dari semua detail dari kondisi air terjun klawas, membuat destinasi wisata alam ini masuk ke dalam daftar wisata alam yang recommend bagi semua usia. Mulai dari anak – anak hingga dewasa. Meskipun sangat aman, tetapi Air Terjun Klawas ini sangat tidak rekomended bagi bayi dan balita yang berumur di bawah 3 tahun. Apalagi bagi yang baru saja belajar berjalan.

The post Air Terjun Klawas Tempat Wisata Alam Alternatif Dan Aman appeared first on Destinasi Travel Indonesia.

Sumber : Wisato

Related posts

Leave a Comment